Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada PT Laukita Bersama Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v4i1.38277Keywords:
Kualitas Produk; Harga; Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada PT Laukita Bersama Indonesia baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel berjumlah 98 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah kualitas produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Abd. Rohman. 2017. Malang. Dasar Dasar Manajemen. Inteligensia Media.
Afandi. (2018). Yogyakarta: Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Konsep Indikator. Zanafa Publishing.
Alma H. Buchari, (2018), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Amirullah. (2016). Jakarta Manajemen Strategi, Teori, Konsep-kinerja.: Rajawali Pers
Anisa, N., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Dimsum Teh Susi Cabang Desa Cibentang Ciseeng Bogor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA). 3(2).
Arthur A. Thompson, M. A. (2016:57). New York: Crafting and executing strategy: the quest for competitive advantage, concepts and readings. McGraw-Hill Education.
Bastian, I., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Clotiva di Jakarta Utara. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(4), 754-767. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i4.33830
Burhanudin Gesi, Rahmat Laan, Fauziah Lamaya (2019), “Manajemen dan Eksekutif”, Jurnal Manajemen, Vol. 3. No . 2
Daniel I Nyoman Renatha Cardia dkk. 2019. “Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan” E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No.11 Hal. 6762-678.
Deliyanti Oentoro, 2012 Yogyakarta: Manajemen Pemasaran Modern. LaksBang PRESSindo.
Fandy Tjiptono, Ph.D. 2017. Strategi Pemasaran. Edisi 4. CV Andi. Yogyakarta. Gatot Wijayanto. 2015. The Effect of Service Marketing Mix in Choosing The Decisions to Consumer Services, International Journal of Management, Volume 6. No 5.
Firmansyah, M.A. & Mahardhika, B.W. (2018). Yogyakarta Pengantar Manajemen.: Deepublish.
Hasibuan, Malayu S.P., 2017, Jakarta. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara,
Ida Sukmawat dkk. 2015. “Pengaruh Hargadimediasi kepuasan pelanggan dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Air Manado” Jurnal EMBA Vol.3 No.3 Hal.729-742.
Kotler Philip, Amstrong Gary. 2017.Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi ke 12. Penerbit Erlangga.
Kotler, P and Gary A. 2017, Prinsip-prinsip Pemasaran, (Terjemahan Ancella Anitawati Hermawan), Jilid I Edisi 13, Prehallindo, Jakarta.
Kotler, P. 2018, Jakarta. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan dan Pengendalian, (Terjemahan Ancella Anitawati Hermawan), Jilid II, Edisi 13, Prehallindo,
Kotler, P., dan Armstrong, G. 2017. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga Kotler, P. dan Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2017): Marketing Management, 15 Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kukuh Familiar, Ida Maftukhah. 2015. “Pengaruh kualitas produk dan Hargaterhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan” management analysis journal, vol.4 No.4, Halaman 2252-6552.
Marpaung, F. K., Hutagalung, I. N., Mariana, M., Siahaan, N. J., & Siregar, L. H. (2021). kepuasan pelanggan PT. Dwi Karya Sartika. 16(1), 81–96.
Maulana, B. S. (2020). Pegaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Impulsif Serta Dampaknya Pada Minat Beli Ulang (Studi Empiris Pada Pengguna Shopee. co. id di Kota Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Melysa Elisabeth Pongoh. 2018. “Kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan kartu as telkomsel di kota manado” jurnal emba, vol.1 No.4, Halaman 86-94.
Napitupulu, D. H. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(1), 233–240. https://doi.org/10.35137/jmbk.v7i1.248.
Normansya, R., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Konsumen dalam Menggunakan Jasa Pengiriman pada J&T Express Cabang Taman Tekno Tangerang Selatan. JIMAWA (Jurnal Ilmiah Mahasiswa). 3(1).
Normasari, S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan Survei Padatamu Pelanggan Yang Menginap di Hotel Pelangi Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2).
Putro, S.W. (2016). Pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen restoran happy garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1) 1-9.
Rahmawaty, F, & Solihin, D. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Faw Coffee Victor Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Swara Manajemen, 3(1), pp. 69-80, doi:10.32493/jism.v3i1.28926.
Ratih Hurriyati. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung.
Resty Avita Haryanto 2017 “Strategi promosi, kualitas produk, kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada restoran mcdonald’s manado” Jurnal EMBA Vol.1 No.4 Hal. 1465-1473
Rezha Pahlawan Muhammad dkk. 2019. “Pengaruh kualitas produk dan Hargaterhadap peningkatan kepuasan dan loyalitas pelanggan perusahaan daerah air minum (pdam) kota makassar” Journal of Business Administration, Vol.3, No. 2, Halaman, 228-244
Robbins, Stephen P and Timothy A. Judge (2018). Organizational Behavior. Pearson. United State America. Edisi 16.
Rosa Lesmana dkk. 2019. “Pengaruh kualitas produk dan Hargaterhadap kepuasan konsumen PT Radekatama piranti nusa” Jurnal pemasaran Vol. 2 No.2
Sarinah & Mardalena. (2017). AFANDIfirfPengantar Manajemen. Jakarta: Deepublish.
Sedarmayanti. (2018). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV. Mandar Maju.
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38-51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99
Solihin, D., & Ahyani, A. (2022). The Role of Brand Image in Mediating The Effect of Electronic Word of Mouth (E-Wom) and Social Media on Purchase Intention. Majalah Ilmiah Bijak. 19(2). 193-205.
Solihin, D., & Ahyani. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Implikasinya pada Loyalitas Pelanggan. Jurnal Disrupsi Bisnis 6 (4), 431-445.
Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 3(3). 30-36
Solihin, D., & Yunisa, F. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Md Frozen Food di Pasar Ciputat Tangerang Selatan. Jurnal Arastirma, 3(1), 206-216. doi:http://dx.doi.org/10.32493/arastirma.v3i1.32160
Solihin, D., & Yunisa, F.F. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Md Frozen Food di Pasar Ciputat Tangerang Selatan. Jurnal Arastirma. 3(1).
Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262–270. https://doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847
Solihin, D., Maddinsyah, A., & Kusjono, G. (2024). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Dealer Tunas Toyota Cinere Depok. Jurnal M-Progress. 4(1).
Sugiyono, (2017), Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D Bandung: Alfabeta.
Terry, George Rdan LeslieS W. Rue. 2018. Dasar-Dasar Manajemen, penerjemah G.A Ticoalu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Jasa Prinsip. Penerapan dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Trianah Lilik dkk. 2017. “Pengaruh kualitas produk dan Hargaterhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan (studi kasus pada pelanggan d’besto mangun jaya 2 tambun selatan)” Jurnal STEI Ekonomi, Vol.26, No. 01, Halaman 105-122.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).