Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian PT Vein Surya Dine di Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v4i2.40793Keywords:
Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian PT Vein Surya Dine di Kota Tangerang baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah metode asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel 122 responden Dimana data tersebut diolah menggunakan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian ini adalah Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian pada PT Vein Surya Dine hal tersebut dapat dibuktikan dari Persamaan regresi linier sederhana Y=10,212+1,117X1. Nilai korelasi variabel harga sebesar 0,742 yang artinya tingkat hubungan kuat. Nilai koefisien determinasi sebesar 55%. Uji Hipotesis dinilai thitung 12,199 > ttabel 1,657. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada PT Vein Surya Dine hal tersebut dapat dibuktikan dari persamaan regresi linier sederhana Y=5,150+1,031X2. Nilai korelasi variabel kualitas pelayanan sebesar 0,835 yang artinya Tingkat hubungan kuat. Nilai koefisien determinasi sebesar 69,6%. Uji Hipotesis dinilai thitung16,594 > ttabel 1,657. Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada PT Vein Surya Dine hal tersebut dapat dibuktikan dari persamaan regresi linier berganda Y=1,594+0,452X1+0,767X2, Nilai korelasi variabel kualitas pelayanan sebesar 0,861 yang artinya sangat kuat. Nilai koefisien determinasi sebesar 74,1%. Serta Uji Hipotesis diperoleh nilai Fhitung 170,166 > Ftabel 3,92.
References
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Alma, B. (2018) .Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta
Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif.
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Erbianti, E. & Juardi, M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Penawaran Harga Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa pada Epson Service Center Mangga Dua Jakarta. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 1(1), 188–197.
Erinawati, F., & Syafarudin, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi Terhadap Keputusan. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 130–146.
Fauziah, U. U., Eldine, A., & Sume, S. A. (2019). Sales Promotion Dan Harga Terhadap Volume Penjualan. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 145.
Gaspersz, V. (2017). Production Planning And Inventory Control. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.
Gronroos, C. (2016). Service Management and Marketing: A Customer Relationship Management Approach. Chishester: Jhon Wiley and Sond, Ltd.
Hasibuan, M. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Herry. (2019). Manajemen Pemasaran. PT.Gramedia: Jakarta.
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kotler, P. & Amstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip marketing.Edisi ke 7. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Kotler, P. & Keller, K. L. (2018). Marketing Management, 15 Edition. Essex, England: Person Education.
Malau, Harman. (2018). Manajemen Pemasaran “Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisionla sampai Era Modernisasi Global”. Bandung: Alfabeta.
Mulyapradana, A., & Lazulfa, A. (2018). Tata Kelola AdministrasiUntuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Di PT.BAM Kabupaten Tegal. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Meda (Juripol). Vol.1(1). 14-23
Novandri, R. A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. i, 16–45.
Priansa, D. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer, Bandung: Alfabeta.
Ricky W Griffin (2018). Manajemen. Erlangga, Jakarta. PT Gramedia
Rohmah, N. & Zaenal, F. (2017). Pengantar Manajemen Pendidikan. Malang: Madani.
Schiffman, L.G., & Wisenblit, J. (2017). Consumer Behavior. Harlow: Pearson Education.
Silalahi N.B. (2018). Dasar-dasar manajemen, Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) YKPN.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Swastha, B. & Irawan. (2018). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakrta
Terry, G., & Rue, L. W. (2016). Dasar-dasar Manajemen Edisi 17. Jakarta: Bumi Aksara.
Tjiptono, F. & Diana, A. (2017). Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2017). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima (Cet. Ke-3). Yogyakarta: ANDI
Tjiptono, F.., & Gregorius C. (2017). Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta: Andi offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Firda Silvina, Dede Solihin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).