Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian PT Vein Surya Dine di Kota Tangerang

Authors

  • Firda Silvina Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Dede Solihin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v4i2.40793

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian PT Vein Surya Dine di Kota Tangerang baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah metode asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel 122 responden Dimana data tersebut diolah menggunakan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian ini adalah Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian pada PT Vein Surya Dine hal tersebut dapat dibuktikan dari Persamaan regresi linier sederhana Y=10,212+1,117X1. Nilai korelasi variabel harga sebesar 0,742 yang artinya tingkat hubungan kuat. Nilai koefisien determinasi sebesar 55%. Uji Hipotesis dinilai thitung 12,199 > ttabel 1,657. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada PT Vein Surya Dine hal tersebut dapat dibuktikan dari persamaan regresi linier sederhana Y=5,150+1,031X2. Nilai korelasi variabel kualitas pelayanan sebesar 0,835 yang artinya Tingkat hubungan kuat. Nilai koefisien determinasi sebesar 69,6%. Uji Hipotesis dinilai thitung16,594 > ttabel 1,657. Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada PT Vein Surya Dine hal tersebut dapat dibuktikan dari persamaan regresi linier berganda Y=1,594+0,452X1+0,767X2, Nilai korelasi variabel kualitas pelayanan sebesar 0,861 yang artinya sangat kuat. Nilai koefisien determinasi sebesar 74,1%. Serta Uji Hipotesis diperoleh nilai Fhitung 170,166 > Ftabel 3,92.

References

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Alma, B. (2018) .Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta

Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif.

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Erbianti, E. & Juardi, M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Penawaran Harga Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa pada Epson Service Center Mangga Dua Jakarta. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 1(1), 188–197.

Erinawati, F., & Syafarudin, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi Terhadap Keputusan. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 130–146.

Fauziah, U. U., Eldine, A., & Sume, S. A. (2019). Sales Promotion Dan Harga Terhadap Volume Penjualan. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 145.

Gaspersz, V. (2017). Production Planning And Inventory Control. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Gronroos, C. (2016). Service Management and Marketing: A Customer Relationship Management Approach. Chishester: Jhon Wiley and Sond, Ltd.

Hasibuan, M. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Herry. (2019). Manajemen Pemasaran. PT.Gramedia: Jakarta.

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip marketing.Edisi ke 7. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2018). Marketing Management, 15 Edition. Essex, England: Person Education.

Malau, Harman. (2018). Manajemen Pemasaran “Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisionla sampai Era Modernisasi Global”. Bandung: Alfabeta.

Mulyapradana, A., & Lazulfa, A. (2018). Tata Kelola AdministrasiUntuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Di PT.BAM Kabupaten Tegal. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Meda (Juripol). Vol.1(1). 14-23

Novandri, R. A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. i, 16–45.

Priansa, D. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer, Bandung: Alfabeta.

Ricky W Griffin (2018). Manajemen. Erlangga, Jakarta. PT Gramedia

Rohmah, N. & Zaenal, F. (2017). Pengantar Manajemen Pendidikan. Malang: Madani.

Schiffman, L.G., & Wisenblit, J. (2017). Consumer Behavior. Harlow: Pearson Education.

Silalahi N.B. (2018). Dasar-dasar manajemen, Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) YKPN.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Swastha, B. & Irawan. (2018). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakrta

Terry, G., & Rue, L. W. (2016). Dasar-dasar Manajemen Edisi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Tjiptono, F. & Diana, A. (2017). Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2017). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima (Cet. Ke-3). Yogyakarta: ANDI

Tjiptono, F.., & Gregorius C. (2017). Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta: Andi offset.

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Silvina, F., & Solihin, D. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian PT Vein Surya Dine di Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 4(2), 266–276. https://doi.org/10.32493/jism.v4i2.40793