Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Nmax di Dealer Yamaha Jayamandiri Gemasejati Bojong Gede Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v4i2.40884Keywords:
Kualitas Produk, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Nmax Di Dealer Yamaha Jayamandiri Gemasejati Bojong Gede Kabupaten Bogor secara parsial dan simultan. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan pendekatan assositaif. Sumber data populasi pada penelitian ini sebanyak 230, teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan margin error 5%. Jumlah sampel yang diperoleh berjumlah 146 orang dan pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan mengacu pada skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji kuantitatif dan uji hipotesis dengan SPSS 27. Uji hipotesis parsial kualitas produk diperoleh nilai Thitung ≥ Ttabel (thitung 12,175 ≥ ttabel 1,656) atau nilai Sig (0,000 ≤ 0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji hipotesis parsial promosi diperoleh nilai Thitung ≥ Ttabel (thitung 9,065 ≥ ttabel 1,656) atau nilai Sig (0,000 ≤ 0,05) maka H0 ditolak dan H2 diterima, yang artinya variabel promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas Produk (X1) dan Promosi (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) yang dibuktikan dari hasil persamaan regresi linier berganda Y= 30,957 + 0,227 (X1) + 0,031 (X2) + ie dan nilai Fhitung ≥ Ftabel (Fhitung 129,337 > Ftabiel 1,656) atau nilai sig (0,000b < 0,05) maka H0 ditiolak dan H3 ditierima, nilai koefisien determinasi sebesar 64,4% sedangkan sisanya 35,6% dipengaruhi oleh faktor lain.
References
Algifari. (2015). Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.
Alma, Buchari. 2015. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Andi Supangat. (2015). Statistik Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrik. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Arief Rahman Kurniawan. 2015. Total Marketing, Kobis, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :Rineka Cipta.
Assauri, Sofjan. 2018. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali-Gramedia Pustaka Utama.
Basu Swastha,D.2015. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua. Liberty :Yogyakarta.
Daryanto. (2015). Pengelolaan Budaya Dan Iklim Sekolah. Gava Media: Yogjakarta.
Djaslim Saladin, 2015, Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, cetakan keempat, Linda Karya, Bandung.
Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc
Gerung, C. J., Sepang, J., & Loindong, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada Pt. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2).
Hardiawan, Anandia Cahya. “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian secara Online”. Jurnal Teknologi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang, 2014
Lokas, Trifena., Altje L. Tumbel., Merlyn M. Karuntu. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Vixion (Studi Kasus Pada PT. Hasjrat Abadi Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 16 No. 04. Universitas Sam Ratulangi : Monado.
Pradana, Adhitya. 2010. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Desain Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota (Studi Pada Pembeli-Pengguna Mobil Toyota Avanza Di Semarang). Universitas Diponegoro.
Rosim. 2013. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Perusahaan, Promosi Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha (Studi Kasus Pada Produk Motor Yamaha Mio Soul Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah : Jakarta.
Soetanto, J. P., Septina, F., & Febry, T. Pengaruh Kualitas Produk Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Amondeu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).