Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Ducting pada Duct Air Cool di Kota Depok
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v5i1.42695Keywords:
Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada perusahaan Duct Air Cool dikota Depok baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah metode asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel 40 pelanggan Dimana data tersebut diolah menggunakan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian ini adalah Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada perusahaan Duct Air Cool hal tersebut dapat dibuktikan dari Persamaan regresi linier sederhana Y = 5,371 - 0,083X1. Nilai korelasi variabel harga sebesar 0,140 yang artinya tingkat hubungan sangat rendah. Nilai koefisien determinasi sebesar 2%. Uji Hipotesis nilai thitung sebesar 0,870 < ttabel 1,685. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada perusahaan Duct Air Cool hal tersebut dapat dibuktikan dari persamaan regresi linier sederhana Y = 8,180 - 0,205X2. Nilai korelasi variabel kualitas pelayanan sebesar 0,437 yang artinya tingkat hubungan sedang (cukup kuat). Nilai koefisien determinasi sebesar 19,1%. Uji Hipotesis nilai thitung 2,996 > ttabel 1,685. Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada perusahaan Duct Air Cool hal tersebut dapat dibuktikan dari persamaan regresi linier berganda Y = 10,079 - 0,030X1 + 0,450X2, Nilai korelasi variabel keputusan pembelian sebesar 0,438 yang artinya sedang (cukup kuat). Nilai koefisien determinasi sebesar 19,2%. Serta Uji Hipotesis diperoleh nilai Fhitung 4,390 < Ftabel 3,252.
References
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Alifia, H. N., Lutfie, H. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kaos Kaki Pada PT. Soka Cipta Niaga. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(2), 388-395.
Alma, B. (2018) .Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta
Anggraini, N., Barkah, Q., & Hartini, T. (2020). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Produk Rabbani Di Palembang. Jurnal Neraca, 4(1), 26- 40.
Arbania, Vina. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Customer Experience terhadap Kepuasan Pelanggan di Bioskop CGV Teras Kota. Jurnal Ilmiah PERKUSI. 4. 75-88. 10.32493/j.perkusi.v4i1.39155.
Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif.
Artana, I. N., Suardhika, I. N., & Hendrawan, I. G. (2021). Penerapan E– commerce, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Dalam Menentukan Customer Retention Di Pizza Hut Delivery Pada Kawasan Kota Denpasar. Jurnal EMAS, 2(2). 119-134.
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Cennatal, A., Purba, T. (2020). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT SAF Mitra Abadi. MOTIVASI Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5(1), 766-775.
Dwinanda, G., Nur, Y. (2020). Bauran Pemasaran 7P Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Industri Retail Giant Ekspres Makassar. Jurnal Mirai Management, 6 (1), 120-136.
Erbianti, E. & Juardi, M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Penawaran Harga Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa pada Epson Service Center Mangga Dua Jakarta. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 1(1), 188– 197.
Erinawati, F., & Syafarudin, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi Terhadap Keputusan. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 130–146.
Fauziah, U. U., Eldine, A., & Sume, S. A. (2019). Sales Promotion Dan Harga Terhadap Volume Penjualan. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 145.
Gaspersz, V. (2017). Production Planning And Inventory Control. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.
Gronroos, C. (2016). Service Management and Marketing: A Customer Relationship Management Approach. Chishester: Jhon Wiley and Sond, Ltd.
Hasibuan, M. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Herry. (2019). Manajemen Pemasaran. PT.Gramedia: Jakarta.
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kotler, P. & Amstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip marketing.Edisi ke 7. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Kotler, P. & Keller, K. L. (2018). Marketing Management, 15 Edition. Essex, England: Person Education.
Malau, Harman. (2018). Manajemen Pemasaran “Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisionla sampai Era Modernisasi Global”. Bandung: Alfabeta.
Mulyapradana, A., & Lazulfa, A. (2018). Tata Kelola AdministrasiUntuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Di PT.BAM Kabupaten Tegal. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Meda (Juripol). Vol.1(1). 14- 23
Novandri, R. A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. i, 16–45.
Priansa, D. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer, Bandung: Alfabeta.
Ricky W Griffin (2018). Manajemen. Erlangga, Jakarta. PT Gramedia.
Rohmah, N. & Zaenal, F. (2017). Pengantar Manajemen Pendidikan. Malang: Madani.
Schiffman, L.G., & Wisenblit, J. (2017). Consumer Behavior. Harlow: Pearson Education.
Silalahi N.B. (2018). Dasar-dasar manajemen, Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) YKPN.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Swastha, B. & Irawan. (2018). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakrta.
Tanato, Jesiya & Vincent, William & Weny, Weny. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Spring Bed Modis Medan. INVESTASI : Inovasi Jurnal Ekonomi dan Akuntansi. 2. 90-97. 10.59696/investasi.v2i2.36.
Terry, G., & Rue, L. W. (2016). Dasar-dasar Manajemen Edisi 17. Jakarta: Bumi Aksara.
Tjiptono, F. & Diana, A. (2017). Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2017). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima (Cet. Ke3). Yogyakarta: ANDI.
Tjiptono, F.., & Gregorius C. (2017). Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta: Andi offset
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dedi Aprialdi, Suworo Suworo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0)
yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).