Peranan Promosi dan Marketplace Dalam Meningkatkan Penjualan di PT Barditto Putra Indonesia Tangerang Selatan

Authors

  • Yuli Ardiansyah Universitas Pamulang
  • Ali Maddinsyah Universitas Wanita Internasional

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v5i1.42774

Keywords:

Promosi, Marketplace, Penjualan, Analisis SWOT, Strategi Agresif

Abstract

Penelitian ini menganalisis peranan promosi dan penggunaan marketplace dalam meningkatkan penjualan di PT Barditto Putra Indonesia selama periode 2021 hingga 2023. Metode yang digunakan adalah wawancara mendalam dengan manajemen perusahaan dan Forum Group Discussion (FGD). Analisis SWOT mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi seperti diskon, gratis ongkir, dan program loyalitas pelanggan efektif dalam menarik dan mempertahankan pelanggan. Penggunaan platform marketplace juga terbukti memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. PT Barditto Putra Indonesia memiliki kekuatan berupa kualitas produk yang tinggi dan pelayanan yang baik, serta peluang dari peningkatan permintaan pasar dan pertumbuhan e-commerce. Perusahaan berada di Kuadran I matriks IE, merekomendasikan strategi agresif untuk pertumbuhan, seperti ekspansi produk dan pasar, optimalisasi platform digital, kemitraan strategis, peningkatan investasi teknologi, dan diversifikasi produk. Keterbatasan penelitian meliputi cakupan waktu yang terbatas dan ketergantungan pada data internal. Kesimpulan menegaskan pentingnya inovasi dalam strategi promosi dan pemanfaatan marketplace untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. Saran meliputi optimalisasi strategi promosi, penguatan kehadiran di marketplace, diversifikasi produk dan pasar, investasi pada teknologi dan sumber daya manusia, serta penelitian lanjutan yang lebih komprehensif

References

Dodi, L. (2015). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Emzir. (2016). Metodologi Penelitian Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hikmawati, F. (2017). Metodologi Penelitian. Depok: Raja Grafindo Persada.

Indrawan, R., & Yuniawati, P. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan dan Pendidikan (pp. 172-190). Bandung: Refika Aditama.

Irawan, M. R. N. (2020). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap minat beli konsumen pada PT Satria Nusantara Jaya. Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 141-156.

Kertamukti, R. (2015). Strategi Kreatif Dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Leonardo, B. R., Wenas, R. S., & Poulan, J. G. (2021). Pengaruh kualitas produk, promosi, dan harga terhadap kepuasan pelanggan di marketplace Shopee pada saat pandemi Covid-19 (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat). Universitas Sam Ratulangi, 9(3), 1721-1730.

Martini, T. (2015). Analisis pengaruh harga, kualitas produk, dan desain terhadap keputusan pembelian kendaraan bermotor merek Honda jenis skutermatic. Jurnal Penelitian, 9(1), 113-132.

Maujud, F. (2018). Implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam lembaga pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 31-50.

Miftah. (2023). Strategi komunikasi pemasaran Unuma Cafe pada masa pandemi dan pasca pandemi. Skripsi. Universitas Pamulang, 3.

Njoto, D. P., & Sienatra, K. B. (2018). Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian konsumen Wenak Tok. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 3(5), 612-618.

Satori, D. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Setyarko, Y. (2016). Analisis persepsi harga, promosi, kualitas layanan, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian produk secara online. Universitas Budi Luhur Jakarta, 5(2), 128-147.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyawati, E. S., & Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee sebagai media promosi penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133-142.

Sutrisno, J. (2015). Strategi pengembangan teknologi e-commerce dengan metode SWOT. Jurnal Telematika MKOM, 3(2), 44-50.

Syamsuddin. (2017). Penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Idaarah, 1, 60-73.

Wahyudi, A. D., Surahman, A., & Sivi, N. A. (2021). Penerapan media promosi produk e-marketplace menggunakan pendekatan AIDA model dan 3D objek. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 6(1), 35-40.

Widodo. (2017). Metodologi Penelitian Populer dan Praktis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2025-03-03

How to Cite

Ardiansyah, Y., & Maddinsyah, A. (2025). Peranan Promosi dan Marketplace Dalam Meningkatkan Penjualan di PT Barditto Putra Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 5(1), 238–255. https://doi.org/10.32493/jism.v5i1.42774