Peranan Promosi dan Marketplace Dalam Meningkatkan Penjualan di PT Barditto Putra Indonesia Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v5i1.42774Keywords:
Promosi, Marketplace, Penjualan, Analisis SWOT, Strategi AgresifAbstract
Penelitian ini menganalisis peranan promosi dan penggunaan marketplace dalam meningkatkan penjualan di PT Barditto Putra Indonesia selama periode 2021 hingga 2023. Metode yang digunakan adalah wawancara mendalam dengan manajemen perusahaan dan Forum Group Discussion (FGD). Analisis SWOT mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi seperti diskon, gratis ongkir, dan program loyalitas pelanggan efektif dalam menarik dan mempertahankan pelanggan. Penggunaan platform marketplace juga terbukti memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. PT Barditto Putra Indonesia memiliki kekuatan berupa kualitas produk yang tinggi dan pelayanan yang baik, serta peluang dari peningkatan permintaan pasar dan pertumbuhan e-commerce. Perusahaan berada di Kuadran I matriks IE, merekomendasikan strategi agresif untuk pertumbuhan, seperti ekspansi produk dan pasar, optimalisasi platform digital, kemitraan strategis, peningkatan investasi teknologi, dan diversifikasi produk. Keterbatasan penelitian meliputi cakupan waktu yang terbatas dan ketergantungan pada data internal. Kesimpulan menegaskan pentingnya inovasi dalam strategi promosi dan pemanfaatan marketplace untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. Saran meliputi optimalisasi strategi promosi, penguatan kehadiran di marketplace, diversifikasi produk dan pasar, investasi pada teknologi dan sumber daya manusia, serta penelitian lanjutan yang lebih komprehensif
References
Dodi, L. (2015). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Emzir. (2016). Metodologi Penelitian Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hikmawati, F. (2017). Metodologi Penelitian. Depok: Raja Grafindo Persada.
Indrawan, R., & Yuniawati, P. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan dan Pendidikan (pp. 172-190). Bandung: Refika Aditama.
Irawan, M. R. N. (2020). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap minat beli konsumen pada PT Satria Nusantara Jaya. Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 141-156.
Kertamukti, R. (2015). Strategi Kreatif Dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Leonardo, B. R., Wenas, R. S., & Poulan, J. G. (2021). Pengaruh kualitas produk, promosi, dan harga terhadap kepuasan pelanggan di marketplace Shopee pada saat pandemi Covid-19 (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat). Universitas Sam Ratulangi, 9(3), 1721-1730.
Martini, T. (2015). Analisis pengaruh harga, kualitas produk, dan desain terhadap keputusan pembelian kendaraan bermotor merek Honda jenis skutermatic. Jurnal Penelitian, 9(1), 113-132.
Maujud, F. (2018). Implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam lembaga pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 31-50.
Miftah. (2023). Strategi komunikasi pemasaran Unuma Cafe pada masa pandemi dan pasca pandemi. Skripsi. Universitas Pamulang, 3.
Njoto, D. P., & Sienatra, K. B. (2018). Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian konsumen Wenak Tok. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 3(5), 612-618.
Satori, D. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Setyarko, Y. (2016). Analisis persepsi harga, promosi, kualitas layanan, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian produk secara online. Universitas Budi Luhur Jakarta, 5(2), 128-147.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sulistiyawati, E. S., & Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee sebagai media promosi penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133-142.
Sutrisno, J. (2015). Strategi pengembangan teknologi e-commerce dengan metode SWOT. Jurnal Telematika MKOM, 3(2), 44-50.
Syamsuddin. (2017). Penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Idaarah, 1, 60-73.
Wahyudi, A. D., Surahman, A., & Sivi, N. A. (2021). Penerapan media promosi produk e-marketplace menggunakan pendekatan AIDA model dan 3D objek. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 6(1), 35-40.
Widodo. (2017). Metodologi Penelitian Populer dan Praktis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuli Ardiansyah, Ali Maddinsyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0)
yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).