Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Pada Raffasya Laundry di Wilayah Poris Plawad Utara, Tangerang

Authors

  • Alim Dwi Kurniawan Universitas Pamulang
  • Dede Solihin Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v5i1.45013

Keywords:

Harga, Lokasi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Raffasya Laundry di Wilayah Poris Plawad Utara Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini adalah Harga (X1) dan Lokasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan persamaan regresi Y = 10,473 + 0,437 X1 + 0,571 X2. Koefisien korelasi 0,832 artinya berkorelasi Sangat Kuat. Koefisien determinasi sebesar 69,3% dan sisanya sebesar 30,7% di pengaruhi oleh faktor lain. Uji t variabel Harga diperoleh nilai thitung>ttabel atau (19,935 > 1,968) dan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Harga terhadap Keputusan Pembelian. Lokasi diperoleh nilai thitung>ttabel atau (22,097 > 1,968) dan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H2 diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Lokasi terhadap Keputusan Pembelian. Uji F diperoleh nilai Fhitung>Ftabel atau (312,034 > 3.028) dan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima, artinya Harga (X1) dan Lokasi (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).

References

Arfah, Yenni. (2022). Keputusan Pembelian Produk, Cetakan Pertama, Padang Sidempuan : PT Inovasi Pratama Internasional.

Hamid, Rahmad Solling., Dkk. (2023). Manajemen Pemasaran Modern Strategi dan Taktik untuk Kesuksesan Bisnis. Jambi : PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya : Unitomo Press.

Kotler And Amstrong. (2019). Principles of Marketing. Prentice Hall: Person Education, Inc.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). United Kingdom : Pearson Education.

Mardani, Andriano Dwi, Ahmad Yani, Siti Napisah. “Pengaruh Lokasi, Harga dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Subsidi Kota Pangkalpinang”. JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen 06, no. 1 (2020) : 96-104.

Pristiawan, Hendra Eka., Mariah, Shandra Bahasoan. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bakso Granat Malang Indah”. Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia, Vol. 3, No. 1. (2022) : 52-63.

Rumajar, M.D., Altje L Tumbel., Woran Djemly. “Pengaruh Lokasi dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian pada Warkop Kemang Manado”. Jurnal EMBA, Vol. 10, No. 3. (2022) : 266-275.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R&D, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Susanto, Hari. “Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Murah Di Sampit”. Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan 08, no, 1 (2023) : 1-10.

Yunefa, A., & Sabardini, Sri Ekanti. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Emina di Yogyakarta. Antimicrobial Agents and Chemotheraphy, 58 (12).

Downloads

Published

2025-03-03

How to Cite

Kurniawan, A. D., & Solihin, D. (2025). Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Pada Raffasya Laundry di Wilayah Poris Plawad Utara, Tangerang. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 5(1), 50–60. https://doi.org/10.32493/jism.v5i1.45013