Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Pada Raffasya Laundry di Wilayah Poris Plawad Utara, Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v5i1.45013Keywords:
Harga, Lokasi, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Raffasya Laundry di Wilayah Poris Plawad Utara Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini adalah Harga (X1) dan Lokasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan persamaan regresi Y = 10,473 + 0,437 X1 + 0,571 X2. Koefisien korelasi 0,832 artinya berkorelasi Sangat Kuat. Koefisien determinasi sebesar 69,3% dan sisanya sebesar 30,7% di pengaruhi oleh faktor lain. Uji t variabel Harga diperoleh nilai thitung>ttabel atau (19,935 > 1,968) dan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Harga terhadap Keputusan Pembelian. Lokasi diperoleh nilai thitung>ttabel atau (22,097 > 1,968) dan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H2 diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Lokasi terhadap Keputusan Pembelian. Uji F diperoleh nilai Fhitung>Ftabel atau (312,034 > 3.028) dan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima, artinya Harga (X1) dan Lokasi (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).
References
Arfah, Yenni. (2022). Keputusan Pembelian Produk, Cetakan Pertama, Padang Sidempuan : PT Inovasi Pratama Internasional.
Hamid, Rahmad Solling., Dkk. (2023). Manajemen Pemasaran Modern Strategi dan Taktik untuk Kesuksesan Bisnis. Jambi : PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya : Unitomo Press.
Kotler And Amstrong. (2019). Principles of Marketing. Prentice Hall: Person Education, Inc.
Kotler, P. & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). United Kingdom : Pearson Education.
Mardani, Andriano Dwi, Ahmad Yani, Siti Napisah. “Pengaruh Lokasi, Harga dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Subsidi Kota Pangkalpinang”. JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen 06, no. 1 (2020) : 96-104.
Pristiawan, Hendra Eka., Mariah, Shandra Bahasoan. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bakso Granat Malang Indah”. Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia, Vol. 3, No. 1. (2022) : 52-63.
Rumajar, M.D., Altje L Tumbel., Woran Djemly. “Pengaruh Lokasi dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian pada Warkop Kemang Manado”. Jurnal EMBA, Vol. 10, No. 3. (2022) : 266-275.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R&D, Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Susanto, Hari. “Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Murah Di Sampit”. Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan 08, no, 1 (2023) : 1-10.
Yunefa, A., & Sabardini, Sri Ekanti. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Emina di Yogyakarta. Antimicrobial Agents and Chemotheraphy, 58 (12).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alim Dwi Kurniawan, Dede Solihin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0)
yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).