Pengaruh Dividend Payout Ratio, Firm Size, dan Corporate Social Responsibility terhadap Price Book Value Pada Perusahaan Subsektor Food And Beverage yang Terdaftar di BEI Periode 2018-2023
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v4i4.45192Keywords:
Dividend Payout Ratio, Firm Size, Corporate Social Responsibility, Price Book ValueAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Dividend Payout Ratio, Firm Size, dan Corporate Social Responsibility terhadap price book value pada perusahaan subsektor food and beverage yang terdaftar di BEI periode 2018-2023. Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 11 perusahaan sebagai sampel penelitian. Penelitian ini dilakukan pada periode 2018-2023 sehingga diperoleh data observasi sebanyak 66 data observasi. Metode anlisis yang digunakan yaitu uji regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dividend Payout Ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Price Book Value dengan nilai t-hitung sebesar -0,857088 < 1,99897 dengan nilai signifikansi 0,3953 > 0,05. Firm Size secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Price Book Value dengan nilai t-hitung sebesar -3,587656 > 1,99897 dengan nilai signifikansi 0,0007 > 0,05. Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap Price Book Value dengan nilai t-hitung sebesar -1,195581 < 1,99897 dengan nilai signifikansi 0,2373 > 0,05. Berdasarkan pengujian secara simultan Dividend Payout Ratio, Firm Size , dan Corporate Social Responsibility secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Price Book Value dengan nilai F-hitung sebesar 23,60896 > 2,75 dan tingkat signifikansi sebesar 0.00000 < 0,05.
References
Afara Ross Prawidya, Irwanto Prasetyo. (2023).Hubungan antara Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan dalam Mengoptimalisasikan Nilai Perusahaan (Penelitian pada Perusahaan Sub Sektor Food and Beverage di BEI, 2018-2022). Journal of Advances in Accounting, Economics, and Management, Volume: 1, Nomor 2, 2023, Hal: 1-14.
Agnes Sawir. 2015. Analisis Kinerja dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.
Akbar, F., & Fahmi, I. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Vol. 5, No. 1, 2020 Februari: 62-81.
Alex Sandra, & Purwanto, E. (2015). Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah di Jakarta. Business Management,11(1),pp.97-124.
Angelina, Elvira, Amanah, Lailatul. (2023). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi : Volume 10, Nomor 7, Juli 2021.
Anisa, Nur, Hermuningsih, and Alfiatul Maulida. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kebijakan Dividen, Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, vol. 4, no. 3, 2022.
Anita Nurul Firdaus, Egi Krisnanto, dan Serly Kharlina. (2021). Pengaruh Growth Opportunity, Kebijakan Dividen dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan. Humanities,Management and Science Proceedings.Vol. 1 No. 2 Juni 2021.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Asmirantho, Edhi dan Elif Yuliawati.(2015). Pengaruh Dividen Per Share, Dividen Payout Ratio, Price To Book Value, Debt To Equity Ratio, Net Profit Margin Dan Return On Asset Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Dalam Kemasan Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi. Vol. 1 No.2 : 95-117.
Aziz, Musdalifah. Mintarti, Sri. Nadir, Maryam. 2015. Manajemen Investasi Fundamental, Teknikal, Perilaku Investor, dan Return Saham. Yogyakarta : Deepublish
Azka Yahdiyani dan Bambang Suryono (2017), Pengaruh Corporate Social Responsibility,Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Volume 6, Nomor 7, Juli 2017.
Basuki, A. T. dan Imamuddin Yuliadi. (2015). Ekonometrika Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Mitra Pustaka Nurani.
Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2014). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Fundamentals of Financial Management 15 Edition. Cengage Learning.
Chernisty Hanindia, Sekar Mayangsari. (2022). Pengaruh Kebijakan Dividen, Profitabilitas, Dan Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi Trisakti, Vol. 2 No. 2 Oktober 2022.
Dewi, K. R. C., & Sanica, I. G. (2017). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnalundiknas.Ac.Id. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi/index
Dita Rahmadini, Rini Indriani, Nucke Febriana. (2024) "Pengaruh Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Terhadap Alokasi Belanja Modal" Artikel Research July 2024Vol. 8 No. 3 Owner, 2024
Dr. Wastam Wahyu Hidayat, S. (2018). Dasar - Dasar Analisa Laporan Keuangan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Dwi Damayanti. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014). Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 4, No. 1, 2019.
Dwi Yuniarti, Abubakar, Sylvia Christina Daat, dan Mariolin A. Sanggenafa. (2020), Pengaruh Tangibility, Profitabilitas, Growth, Risiko Bisnis Dan Likuiditas Terhadap Kebijakan Hutang (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017). Jurnal Akuntansi & Keuangan Daerah Volume 15, Nomor 1, Mei 2020: 113–128.
Endyka Luqman Ilhamsyah, Hendri Soekotjo. (2017). Pengaruh Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 2, Febuari 2017.
Eri Septika, Rina Mudjiyanti, Eko Hariyanto, Hardiyanto Wibowo. Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Hutang, Likuiditas, Dan Kepemilikan.( 2021). Review of Applied Accounting Research (RAAR) Volume 1 No. 2 Oktober 2021.
Erlina Sasanti, E., Animah, & Fikri, M. A. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Tata Sejuta, 9(1).
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Gustian, D. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Keputusan Investasi, Dan Keputusan Pendanaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2010-2014).
Hafiyyan, M., Qohar, N., & Irianto, G. (2024). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Good Corporate Governance (GCG) dan Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan. In Jurnal Multidisiplin West Science (Vol. 03, Issue 02).
Harmono. (2017). Manajemen Kaungan Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartono, Jogiyanto. 2015. Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi Kesepuluh. Yogyakarta: BPFE
Hernisty Hanindia, Sekar Mayangsari. (2022). The Effect of Dividend Policy, Profitability, and Corporate Social Responsibility (CSR) on Firm Value, Jurnal Ekonomi Trisakti jet Vol. 2 No. 2 Oktober 2022 : hal : 481-492.
Hery, 2016, Analisis Laporan Keuangan, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Hery. 2014. Controllership: Manajemen Strategis, Pengendalian Internal, Analisis Keuangan. Cetakan Pertama. PT Grasindo. Jakarta.
Hidayat, Wastam Wahyu. 2018. Dasar-dasar Analisa Laporan Keuangan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
I Mada Sudana. 2015. Manajemen Keuangan Perusahaan : Teori dan Praktik Penerbit : Erlangga, Surabaya
I Made & Ika. 2019. Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian . Yogyakarta : Budi Utama.
Ismail Nurdin, dan Hartati, Sri. (2019). Metodologi Penelitian sosial. Surabaya : Media Sahabat Cendikia.
Ita Deitiana, Steven Yap, Ersania. (2020). Dividend Payout Ratio dan Faktor yang Mempengaruhi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia. Jurnaltsm Vol. 12, No. 2, September 2020, hlm. 119-126.
Kariyoto. (2018). Manajemen Keuangan Konsep dan Implementasi. UB Press.
Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Kezia Abigail Tarmadi Putri dan Liongicasia Mardenia. (2019.0 Pengaruh GCG, CSR, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. : Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi,
Kosmaryati, Chandra Arinda Handayani, Refinanda Nur Isfahani, dan Edy Widodo. 2019. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kriminalitas di Indonesia Tahun 2011-2016 dengan Regresi Data Panel. Indonesian Journal of Applied Statistics , Volume 2 No. 1 May 2019.
Luh Putu Diah Pradnyani Utari, Putu Diah Kumalasari, dan I Dewa Made Endiana. (2024). Pengaruh Profitabilitas, Dividend Payout Ratio, Ukuran Perusahaan, Net Profit Margin, Resiko Keuangan Terhadap Praktik Perataan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2020-2022. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA) Vol. 6, No. 1 Februari 2024.
Lukman, Syamsuddin (2016). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Luqman Ilhamsyah, Fendyka, Soekotjo, Hendri. (2023). Pengaruh Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 2, Febuari 2017.
Marjohan ,Masno.2022. Manajemen keuangan : mengatur keuangan bidang industri, kepemimpinan dan kewirausahaan.Surabaya : Jakad Media.
Marselina H. Umbung, Wehelmina M. Ndoen,Paulina Yuritha Amtiran.(2021). Pengaruh Kebijakan Dividen Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Akuntansi,.Jurnal Akuntansi 10(2):211-225.
Mayangsari, R. (2018). Pengaruh Struktur Modal, Keputusan Investasi, Kepemilikan Manajerial, Dan Komite Audit Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Aneka Industri Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(4), 477–485.
Meliana Herwanti, Sri. Hermuningsih & Alfiatul Maulida (2022). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Perusahaan Manufaktur Sektor Food And Baverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 10-15.
Musthafa. 2017. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Nova Elisa, Akhmad Riduwan. (2021). Pengaruh Kebijakan Dividen, Likuiditas, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi : Volume 10, Nomor 4, April 2021.
Novari, Putu Mikhy,Putu Vivi Lestari. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverge, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Properti dan Real Estate. Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5 No. 9: 5671-5694.
Nugroho, A., Indriyatni, L., & Widodo, U. (2022). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan (Studi kasus pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020). Fokus EMBA, 1(2).
Nurmaya Sari, A., & Widyawati, D. (2021). Pengaruh profitabilitas, leverage, kebijakan dividen dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan (PBV). Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 10(3).
Prabulana, R. D., Saiful, S., & Suranta, E. (2021). Penentu Kebijakan Dividen Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Fairness, 7(1).
Priambudi, I. B., & Wijayati, F. L. (2023). Pengaruh profitabilitas, struktur modal, ukuran perusahaan, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Journal of Economics and Business Review, 2(1),
Reti Yulfitri, Agus Sutarjo, Sri Yuli Ayu Putri S. (2021). Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Earning Per Share (EPS) dan Return On Asset (ROA) terhadap Nilai Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Pareso Jurnal, Vol. 3, No. 4 Desember 2021, hal. 891-902.
Ridha Hidayat, Azhari Yahya, Yul Ernis.(2020) . Analisis Yuridis Tanggung Jawab Sosial dan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan Terhadap Masyarakat Sekitar", Jurnal Penelitian Hukum De Jure, Volume 20,Nomor 4,Desember 2020.
Rodoni, A. & Ali, H. (2014). Manajemen keuangan modern. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Rusmana, Agus. et al. (2019). The Future of Organizational Communication In The Industrial Era 4.0: Book Chapter Komunikasi Organisasi. Bandung: Media Akselerasi.
Ryan Ali Artofkh, Beti Nurbaiti, & Pratiwi Nila Sari (2023). Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Sektor Food And Beverage yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 892-905
Sartono, Agus. 2015. Manajemen Keungan Teori dan Aplikasi. Edidi keempat. Jogyakarta : BPFF.
Setiawati, Loh Wenny dan Melliana Lim. 2018. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Pengungkapan Sosial terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011—2015. JURNAL AKUNTANSI, 12 (1), 29-57.
Simanungkalit, R. W. B., & Silalahi, E. R. R. (2018). Pengaruh ukuran perusahaan, return on equity, debt to equity ratio dan current ratio terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 4(2).
Sugiyono (2019), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Edisi ke-2 Bandung: Alfabeta.
Supratiknya, A. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif & kualitatif dalam psikologi. universitas Sanata Dharma.
Sutrisno. 2017. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Ekonesia. Yogyakarta.
Triatmaja F, Faisal M, dan Husnah Husnah . (2015). Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei). Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, Vol. 1, No. 2, Mei 2015, 195-206.
Widiastari, P. A. dan Yasa, G. W. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Free Cash Flow, dan Ukuran Perusahaan pada Nilai Perusahaan. E-jurnal Akuntansi, 23(2), 957-981.
Yolanda Sesilia, A. Zubaidi Indra, Chara Pratami Tidespania Tubarad.(2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Financial Leverage, Dividend Payout Ratio, Dan Nilai Perusahaan Terhadap Perataan Laba, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol 26 No 1 (2021): JAK Volume 26 No 1, Januari 2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Faza Maulia Evitrah, Hasanudin Hasanudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).