Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Galaxy di Erafone Jombang Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v4i4.45195Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung Galaxy di Erafone Jombang Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel sebanyak 86 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi sebesar 46,4% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,536 > 1,989). Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi sebesar 23,3% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (-5,054 > 1,989). Kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y = 21.976 + 0,572X1 + -0,149X2. Nilai koefisien determinasi sebesar 59,3% sedangkan sisanya sebesar 40,7% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (60,453 > 2,710).
References
Alamsyah, R., Wijaya, H., & Hidayat, R. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Kelurahan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin. Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(04). https://doi.org/10.34308/eqien.v11i04.1244
Alma, B. (2019). Manajemen Pemasaran & Manajemen Pemasaran Jasa. In penerbit Alfabeta (Vol. 1, Issue 1).
Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan. 6 (1) 660-669.
Amstrong, & Kotler. (2022). Pengertian kualitas produk. Jackson R.S. Weenas - Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta.
Andiko, B., & Sari, L. I. (2021). Manajemen Sanggar Seni Saweuna Kecamatan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar. Musica: Journal of Music, 1(1). https://doi.org/10.26887/musica.v1i1.1718
Asri Kunda, Sudha, N. L. K. A., Sucandrawati, Fadilah, N. R., Rusydi Fauzan, Widiati, E., Choerudin, A., Bilgies, A. F., Nurchayati, Sudirjo, F., Depari, G. S., Lestari, S. P., Jaya, A., & Yuliani. (2023). Pengantar Bisnis Manajemen, Pembiayaan, Pemasaran dan Operasional. In Diandra Kreatif.
Assauri, S. (2020). Manajemen pemasaran : dasar, konsep & strategi / Prof. DR. Sofjan Assauri, M.B.A. Edisi Pertama Penerbit. PT. Raja Grafindo Persada.
Athoillah, A. (2019). Dasar-dasar manajemen. Bandung: Pustaka Setia.
Auliya, A. (2021). Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Wordwall Untuk Mata Pelajaran Ipa Smp Kelas Vii. IAIN Bengkulu.
B2041141022, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Nilai Emosional Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Tupperware Di Kota Pontianak). Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME), 7(4). https://doi.org/10.26418/ejme.v7i4.34571
Buchari, H. A., & Saladin, D. (2021). Manajemen Pemasaran : Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi dan Tanya Jawab. In CV. Linda Karya.
Bunga, A., & H.M., Hermansyur. (2018). Pengaruh Atribut Produk, Kualitas Produk dan Promosi, Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 19 (1) 64-72.
Daroini, A., Rokana, E., & Sarbini, R. N. (2019). Diversifikasi Olahan Susu Kambing Menjadi Krupuk Susu Di Kelompok Wanita Ternak Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek. Jurnal Dedikasi, 16(1). https://doi.org/10.22219/dedikasi.v16i1.11973
Doni, M., & Muhammad Rayfael, S,P. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Semen Padang Pada PT. Sumber Niaga Interindo (Distributor). Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 2, (2),108-122.
Erlangga, H, Nurjaya, Sunarsi, D., Mas’adi, M, & Jasmani. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda di PT. Panca Sakti Perkasa di Bintaro. Jurnal PERKUSI, 1 (4) 464-472.
Fauzi, A., Fikri, A. W. N., Nitami, A. D., Firmansyah, A., Lestari, F. A., Widyananta, R. Y., Rahmah, T. S. N., & Pradana, T. W. (2022). Peran Komunikasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dalam Organisasi di Pt. Multi Daya Bangun Mandiri (Literature Review Msdm). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(6).
Ghozali, & 2011:95). (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Keputusan Nasbah Memilih Bank Syariah Pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal Sains Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1).
Ghozali, I., & Ratmono, A. (2017). Analisis Multivariat dan Ekonometrika Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan EViews 10. In Badan Penerbit Undip.
Hamid, R. S., Ariasih, M. P., Suarniki, N. N., Purwoko, Nurchayati, Tarmizi, A., Efdison, Z., Pasaribu, A. W., Fitriya, S., Solihin, A., Budaya, I., & Vitaloka, D. (2020). Manajemen Pemasaran Modern (Strategi dan Taktik Untuk Kesuksesan Bisnis). In PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Ilmiah Manajemen, J., Lodia Putri, D., Sunarsi, D., & Arianto, N. (2022). Factors That Influence on Online Purchase Decisions (Student Case Study at the Faculty of Economics, Lancang Kuning University). Kontigensi: Scientific Journal of Management, 10(2).
Kesy, N, & DonI, M. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse Pada Toko Babee.Shopp Padang. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2 (1) 2-15.
Kotler, P., & Hermawan, K. (2022). Marketing Management in Indonesian: Analysis, Planning, Implementation and Control (Manajemen Pemasaran Di Indonesia : Analisis, Perencanaan Implementasi Dan Pengendalian). In Penerbit Salemba Empat.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Manajemen pemasaran Jilid 1. In Jakarta.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Manajemen Pemasaran, Jilid 13, Jakarta. In ERLANGGA.
Kotler, P., & Kevin Lane, K. (2021). Manajemen Pemasaran. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Marcelinawati, V. O., & Indrasari, A. (2022). Peningkatan Kualitas Produk Booth Display Menggunakan Metode Quality Function Deployment (Qfd) Dan Perancangan Tool Desain Produk Menggunakan Morphological Chart. Jurnal Aplikasi Ilmu Teknik Industri (JAPTI), 2(2). https://doi.org/10.32585/japti.v2i2.2170
Marissa, Grace, H. (2020). Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Berlian Multitama di Jakarta. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis. 21 (1) 1-9.
Menanamnya, C., Pemilu, S. I., Tepercaya, A., Pohon, M., Musang, D., & Kaki, K. (2022). Indikator Keputusa Pembelian Menurut Kotler dan Armstrong. Kompas.Com/Skola.
Nurmin, A., Lia, & Feri. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Studi pada Pengguna Mas Cleaner. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5 (2), 85-94.
Riyadi, N., & Mujanah, S. (2021). Strategi Pemasaran Dan Pendampingan Manajemen Usaha Kelompok Usaha Kecil Kerupuk Di Kenjeran Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Abdi Mas TPB Unram, 3(1). https://doi.org/10.29303/amtpb.v3i1.56
Rohman, L. L., & Andadari, R. K. (2021). Dampak Pandemi COVID-19 pada Usaha Rumah Tangga dan Strategi Bertahan (Studi pada Usaha Produksi Olahan Makanan di Salatiga). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(1).
Sendy, R,F. (2018). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee.Co.Id. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 7(3) 2-15.
Solihin, D., Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3) 30-36.
Sugiyono. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Asia Teknik Kreasindo. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kulaitatif, dan R&D, dan Penelitian Pendidikan). In Alfabeta.
Sujana, & Alvin, W,A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Pembelian Produk Dettol Hand Sanitizer saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan. 11 (2) 279-290.
Wardani, I. K., Ismanto, B., & Sulasmono, B. S. (2021). Pengembangan Website Penilaian Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1). https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.10329
Wisniewski, M., & Waters, C. D. J. (2020). A Practical Introduction to Management Science. The Journal of the Operational Research Society, 41(11). https://doi.org/10.2307/2582907
Yulia, F., Lamsah, & Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran. In Deepublish (CV. BUDI UTAMA).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ines Almaida, Arman Syah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).