Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Kedai Kokoho Bintaro Sektor 7 Tangerang Selatan

Authors

  • Ines Fitriyana Sukandar Universitas Pamulang
  • Arman Syah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v4i4.45196

Keywords:

Promosi, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian pada Kedai Kokoho di Bintaro Sektor 7 Tangerang Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner atau angket. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan jenis pengambilan sampel incidental sampling sebagai teknik penentuan sampelnya, non probability sampling adalah teknik pengambilan sampling yang tidak memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Cara menghitung ukuran sampel menggunakan rumus slovin dengan populasi berjumlah 33.939 orang, dari hasil perhitungan diperoleh sebanyak 100 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji analisis deskriptif, uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, serta uji t dan uji f dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Promosi (X1) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Kedai Kokoho di Bintaro Sektor 7 Tangerang Selatan, hal ini dilihat dari hasil uji t dengan nilai thitung 21.920 > ttabel 1,984 atau nilai Sig 0,000 < 0,1 maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima, kemudian Harga (X2) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Kedai Kokoho di Bintaro Sektor 7 Tangerang Selatan, hal ini dilihat dari hasil uji t dengan nilai thitung 18.781 > ttabel 1,984 atau nilai Sig 0,000 < 0,1 maka Ho2 ditolak dan Ha2 diterima, serta yang ketiga Promosi (X1) dan Harga (X2) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Kedai Kokoho di Bintaro Sektor 7 Tangerang Selatan, hal ini dilihat dari hasil uji f dengan nilai Fhitung 288.039 > Ftabel 3,94 atau nilai Sig 0,000 < 0,1 maka Ho3 ditolak dan Ha3 diterima.

References

Aditama, R. A. (2019). Pengantar Manajemen Teori Dan Aplikasi. Kapanjen: AE Publishing.

Alma, B. (2020). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Boone, L. E., Kurtz, D.L., & Berston, S. (2019). Contemporary Business. John Wiley & Sons.

Dharmesta, B. S. (2019). Manajemen Pemasaran (Edisi Pert). Universitas Terbuka.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, Nembah, F. H. (2023). Manajemen Pemasaran. Bandung: Yrama Widya.

Gunawan. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. Padang: Inovasi Pratama Internasional.

Hardani, dkk. (2021). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Istijanto, M. (2018). Aplikasi Praksisi Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kasmir. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori Dan Praktek). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2019). Manajemen Pemasaran Edisi Ke Tigabelas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2019). Social Marketing: Behavior Change For Social Good. Saingapur: SAGA Publications

Laksana, M.F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.

Malholtra, N.K. (2020). ‘Marketing Research: An Applied Orientation – Naresh K. Malholtra’, p. 882.

Napitupula, S., Nirwana, T., & Tobink. (2021). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis dengan Teori-Teori Para Ahli. Jakarta: Atalya Rileni Sudeco.

Sadikin, Ali., dkk. (2020). Pengantar Manajemen Dan Bisnis. Yogyakarta: K-Media.

Santoso, Singgih. (2019). Mahir Statistika Parametrik. Jakarta: Penerbit PT Gramedia.

Sudjana, Nana. (2019). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supangat, A. (2018). Statistik Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan, Nonparametrik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Swastha, B., & Irawan, T. (2018). Marketing Management Consumer Behavior Analysis 4th Edition. Yogyakarta: BPFE

Tjiptono, F., & Chandra. (2020). Pemasaran Strategik Domain, Determinan, Dinamika. Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy. (2019). Pemasaran Jasa Edisi Terbaru. Yogyakarta: Penerbit Andi

Warnadi, & Triyono, A (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Yulianti, dkk. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Sukandar, I. F., & Syah, A. (2024). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Kedai Kokoho Bintaro Sektor 7 Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 4(4), 839–851. https://doi.org/10.32493/jism.v4i4.45196