Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Holland Bakery Ciputat
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v5i1.47829Keywords:
Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Kepuasan KonsumenAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Holand Bakery Ciputat. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan populasi 20.550 dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai koefisien determinasi sebesar 42,7% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,554 > 1,984). Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai koefisien determinasi sebesar 39% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (7,912 > 1,984). Citra merek dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan persamaan regresi Y = 5,805 + 0,445X1 + 0,401X2. Nilai koefisien determinasi sebesar 55,8% sedangkan sisanya sebesar 44,2% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (61,296 > 2,700).
References
Abdullah, Thamrin, & Prancis Tantri. (2022). Manajemen Pemasaran. PT. Rajawali Pers: Depok, Jawa Barat .
Alma, Buchori (2019) Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa, Bandung: CV. Alfabetha.
Arikunto, Suharsimi (2019) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri. Sofyan (2020) Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan kedelapan, Jakarta: Raja Grafindo.
Gunardi, C. G., & Erdiansyah, R. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Mangkok Ku. Prologia, 3(2), 456-463.
Handayani. Ririn (2020) Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia. Grafika.
Hurriyati. Ratih (2020) Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung. Penerbit Alfabeta.
Isyana, L. R. F. (2024). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Rocket Chicken Kabupaten Cirebon, Ssskripsi 2024 (Doctoral dissertation, S1-Ekonomi Islam IAIN Shekh Nurjati).
Jelanu, Y. E., & Ayu, S. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Velvet Hotel Gunawangsa Merr. Jurnal AKTUAL, 21(1).
Kharis, Ismu Fadli (2020) Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Online. Semarang: Skripsi Universitas Diponegoro
Kotler (2019) Manajemen Pemasaran”. Edisi Keempat belas, Jakarta: PT. Indeks.
Kotler dan Armstrong (2019) Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belas”. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller (2019) Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Macaman Jaya Cemerlang.
Kristina, Naning, & Widyaningrum, W. (2019). MANSKILL Managerial Skill. PONOROGO: UNMUH PONOROGO PRESS.
Kusumawardani, B. H., & Achsa, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Mie Gacoan Magelang. TRANSEKONOMIKA: AKUNTANSI, BISNIS DAN KEUANGAN, 3(1), 148-161.
Nisa, Z. K., Bahar, A., Astuti, N., & Widagdo, A. K. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan di Toko Kopi Bersaudara. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 2(3), 215-230.
Sanjaya, T., & Hastoko, Y. P. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan pada restoran Pizza Hut Komsen Jatiasih Bekasi. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(5), 317-330. ISSN:2829-7466(Print)ISSN:2829-632X(Electronic)
Sogen, P. M. M., Bunga, M., Dhae, Y. K., & Fanggidae, R. P. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Aroma Kota Kupang. GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 4(3), 681-693.
Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 30- 36. ISSN N0. (PRINT) 2598-0823, (ONLINE) 2598- 2893
Sugiyono (2020) Metode Penelitian Administrasi: dilengkapi dengan Metode R & D, Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy (2019) KualitasManagement Mewujudkan Layanan. Yogyakarta: Andi.
Umi Narimawati (2020) Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif, Teori. Dan Aplikasi. Bandung: Agung Media
Wenas, R. M. F., Ellyawati, N., & Rahayu, V. P. (2023, December). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN COFFEE SHOP JANJI JIWA JILID 490. In Educational Studies: Conference Series (Vol. 3, No. 2, pp. 19-31).
Widyaningrum, M. E., & Siswati, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue August).
Yazid (2019) Pemasaran Jasa, Konsep dan Implementasi, Edisi Kedua, Yogyakarta: PT. Ekonisia.
Zalsabilah, T. A., Akramiah, N., & Erwantiningsih, E. (2023, November). Pengaruh media sosial dan citra merek terhadap keputusan pembelian makanan ringan di Toko Liersnack di Pasuruan Raya. In Seminar Nasional dan Call For Paper 2023 dengan tema" Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045" PSGESI LPPM UWP (Vol. 10, No. 1, pp. 467-483).
Zikmund, W. G., Carr, J. C., Griffi, M., & Fuller-jacobsen, B. (2010). Business Research Methods. South-Western, Cengage Learning, 8(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Claudia Wardhanie, Gojali Supiandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0)
yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).