Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Holland Bakery Ciputat

Authors

  • Claudia Wardhanie Universitas Pamulang
  • Gojali Supiandi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v5i1.47829

Keywords:

Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Holand Bakery Ciputat. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan populasi 20.550 dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai koefisien determinasi sebesar 42,7% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,554 > 1,984). Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai koefisien determinasi sebesar 39% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (7,912 > 1,984). Citra merek dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan persamaan regresi Y = 5,805 + 0,445X1 + 0,401X2. Nilai koefisien determinasi sebesar 55,8% sedangkan sisanya sebesar 44,2% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (61,296 > 2,700).

References

Abdullah, Thamrin, & Prancis Tantri. (2022). Manajemen Pemasaran. PT. Rajawali Pers: Depok, Jawa Barat .

Alma, Buchori (2019) Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa, Bandung: CV. Alfabetha.

Arikunto, Suharsimi (2019) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri. Sofyan (2020) Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan kedelapan, Jakarta: Raja Grafindo.

Gunardi, C. G., & Erdiansyah, R. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Mangkok Ku. Prologia, 3(2), 456-463.

Handayani. Ririn (2020) Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia. Grafika.

Hurriyati. Ratih (2020) Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung. Penerbit Alfabeta.

Isyana, L. R. F. (2024). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Rocket Chicken Kabupaten Cirebon, Ssskripsi 2024 (Doctoral dissertation, S1-Ekonomi Islam IAIN Shekh Nurjati).

Jelanu, Y. E., & Ayu, S. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Velvet Hotel Gunawangsa Merr. Jurnal AKTUAL, 21(1).

Kharis, Ismu Fadli (2020) Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Online. Semarang: Skripsi Universitas Diponegoro

Kotler (2019) Manajemen Pemasaran”. Edisi Keempat belas, Jakarta: PT. Indeks.

Kotler dan Armstrong (2019) Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belas”. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller (2019) Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Macaman Jaya Cemerlang.

Kristina, Naning, & Widyaningrum, W. (2019). MANSKILL Managerial Skill. PONOROGO: UNMUH PONOROGO PRESS.

Kusumawardani, B. H., & Achsa, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Mie Gacoan Magelang. TRANSEKONOMIKA: AKUNTANSI, BISNIS DAN KEUANGAN, 3(1), 148-161.

Nisa, Z. K., Bahar, A., Astuti, N., & Widagdo, A. K. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan di Toko Kopi Bersaudara. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 2(3), 215-230.

Sanjaya, T., & Hastoko, Y. P. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan pada restoran Pizza Hut Komsen Jatiasih Bekasi. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(5), 317-330. ISSN:2829-7466(Print)ISSN:2829-632X(Electronic)

Sogen, P. M. M., Bunga, M., Dhae, Y. K., & Fanggidae, R. P. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Aroma Kota Kupang. GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 4(3), 681-693.

Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 30- 36. ISSN N0. (PRINT) 2598-0823, (ONLINE) 2598- 2893

Sugiyono (2020) Metode Penelitian Administrasi: dilengkapi dengan Metode R & D, Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy (2019) KualitasManagement Mewujudkan Layanan. Yogyakarta: Andi.

Umi Narimawati (2020) Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif, Teori. Dan Aplikasi. Bandung: Agung Media

Wenas, R. M. F., Ellyawati, N., & Rahayu, V. P. (2023, December). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN COFFEE SHOP JANJI JIWA JILID 490. In Educational Studies: Conference Series (Vol. 3, No. 2, pp. 19-31).

Widyaningrum, M. E., & Siswati, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue August).

Yazid (2019) Pemasaran Jasa, Konsep dan Implementasi, Edisi Kedua, Yogyakarta: PT. Ekonisia.

Zalsabilah, T. A., Akramiah, N., & Erwantiningsih, E. (2023, November). Pengaruh media sosial dan citra merek terhadap keputusan pembelian makanan ringan di Toko Liersnack di Pasuruan Raya. In Seminar Nasional dan Call For Paper 2023 dengan tema" Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045" PSGESI LPPM UWP (Vol. 10, No. 1, pp. 467-483).

Zikmund, W. G., Carr, J. C., Griffi, M., & Fuller-jacobsen, B. (2010). Business Research Methods. South-Western, Cengage Learning, 8(1).

Downloads

Published

2025-03-03

How to Cite

Wardhanie, C., & Supiandi, G. (2025). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Holland Bakery Ciputat . Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 5(1), 61–74. https://doi.org/10.32493/jism.v5i1.47829