Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen pada Klinik Leny Skincare Citra Raya di Kabupaten Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v5i1.47833Keywords:
Brand Image, Kualitas Pelayanan, Loyalitas KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada klinik Leny skincare baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampling yang digunakan probability sampling dengan rumus Slovin, Sedangkan untuk mendapatkan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 96 responden. Hasil penelitian Brand Image berpengaruh signifikan loyalitas konsumen secara parsial, dibuktikan dengan persamaan regresi Y= 22,659 + 0,663X1 koefisien korelasi sebesar 0,653 artinya kedua variabel mempunyai tingkat hubungan yang kuat. Nilai determinasi sebesar 0,653 atau 65,3%. Uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel atau (8,365 > 1,985) dan diperkuat oleh nilai signifikasi (0,000 < 0,05). Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen secara parsial dibuktikan dengan hasil persamaan regresi Y= 26,632 + 0,516 X2 koefisien korelasi sebesar 0,654 artinya 0,654 atau 65,4%. Uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel atau (8,383 > 1,985) dan diperkuat oleh nilai signifikasi (0,000 < 0,05). Hasil penelitian Brand image dan Kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dibuktikan dengan hasil persamaan regresi Y = 19,794 + 0,395X1 + 0,309X2. Nilai koefisien korelasi antara variabel bebas dengan variabel terikat diperoleh sebesar 0,715 artinya memiliki hubungan yang kuat. Nilai koefisien determinasi secara simultan sebesar 71,5%. Uji hipotesis secara simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau (48,507 > 2,700) dan diperkuat oleh nilai signifikansi (0,000 < 0,05) dengan demikian H0 ditolak H3 diterima. Artinya dapat berpengaruh yang signifikan secara simultan antara Brand Image dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen.
References
Al Munir, Sipon. (2023). "Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pemilihan Layanan E-Commerce." Jurnal Ilmiah M-Progress, Vol. 13, No. 1, Januari 2023.
Arsyam, M. (2020). Manajemen: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Mitra Utama.
Budiman, Alvin Yonatan. (2023). "Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen Produk IndiHome." Gema Wiralodra, Vol. 14, No. 1, April 2023.
Erpurin, R. (2019). Manajemen Kualitas Pelayanan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Gaffar, S. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Gusti Rani Sipahutar, Anathasya Wira, Enda Yunita Surbakti, dan Annalisa Sonaria Hasibuan. 2023. "Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Somethinc." Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) Vol. 5, No. 1, hal. 1-10.
Hair, J. F., & Badrudin, S. (2018). Manajemen Pemasaran: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Empat.
Jatmika, Rahmat Taufiq Dwi, Aditiya Denny, Dwiwarman, Nurjaya Heri, & Abdurohman, Dede. (2022). "Pengaruh Display Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Alfamart Cabang Bintaro Tangerang Selatan." Jurnal Ekonomi Efektif, Vol. 4, No. 3.
Khasanah, N. (2021). Strategi Membangun Citra Merek yang Kuat. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Khunaini, Alfadilla. (2023). "Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan." Jurnal Mahasiswa Kreatif, Vol. 1, No. 4, Juli 2023, hal. 128-137.
Kloter, J., & Kaller, R. (2018). Manajemen Pemasaran: Teori dan Praktik. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Kusumawati. (2022). Manajemen dalam Perspektif Modern. Yogyakarta: Andi.
Nurmin, M., & Difa, A. (2020). Manajemen Kualitas Pelayanan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Nurwati, Mega Indri, Hatoli Waruwu, dan Siti Maesaroh. (2023). "Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan 'LNY Skincare'." JOCE IP Vol. 17 No. 2, September 2023 ISSN : 1978-6875.
Panjaitan, R. (2018). Strategi Pemasaran dan Kepuasan Konsumen. Jakarta: Salemba Empat.
Pradnyana, I. B. P., & Suryanata. (2020). Brand Image dan Persepsi Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.
Pramesti, Ellyne Annida. (2022). "Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Pepsodent di Kota Bandung." SEIKO: Journal of Management & Business, Vol. 4, No. 3, 2022. ISSN 2598-831X (Print); ISSN 2598-8301.
Priyatno, J. S. (2018). Statistika Terapan untuk Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Purnamayanti, Putu Diah, & Indiani, Ni Luh Putu. (2024). "Pengaruh Kepercayaan Merek, Promosi, dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen pada Bisnis Ritel Kosmetik." Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), Vol. 8, No. 1, Juni 2024, hal. 26-37. p-ISSN: 2516-1227; e-ISSN: 2655-187X.
Puspita Sari, Andi Heri. (2022). "Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Skincare Scarlet." Journal of Art, Humanity and Social Studies, Vol. 2, No. 6, ISSN 2747-2671 (online).
Putry, A. (2022). "Pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Scarlett Whitening". Jurnal Aplikasi Bisnis. Vol:8, No:2 desember 2022. E-ISSN: 2407-5523 - ISSN:2407-3741.
Rachmawati, A. (2020). Manajemen Citra Merek dan Perilaku Konsumen. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Rina, Mohd. Heikal, dan Maryudi, M. Subhan. (2023). "Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Gaya Hidup Mahasiswa Terhadap Minat Beli Produk Skincare Pada E-Commerce." Jurnal Visioner & Strategis 12(2): 47-56. ISSN: 2338-2864.
Salam, A. (2020). Manajemen Organisasi: Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.
Sari, R. (2020). Manfaat Citra Merek dalam Strategi Pemasaran. Surabaya: Penerbit Media Nusantara.
Sttar, A. (2018). Manajemen Pemasaran: Strategi dan Implementasi. Jakarta: Gramedia.
Suari, I. (2019). Manajemen Pemasaran: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulaiman. (2019). Manajemen dan Fungsinya dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia.
Suparyanto, & Rosad. (2018). Manajemen: Teori dan Aplikasi dalam Organisasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Thomas, H. (2020). Manajemen Pemasaran: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyudi, Anjas. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurul Salbilah Juniar, Dede Abdurohman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0)
yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).