Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Fazzio pada PT Plaza Bintang Makmur Jakarta Utara

Authors

  • Farel Dedy Pratama Universitas Pamulang
  • Siti Aprilliani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v5i2.48942

Keywords:

Daya Tarik Iklan, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Daya Tarik Iklan (X1) dan Kualitas Produk (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t untuk mengetahui pengaruh masing- masing variabel independen terhadap variabel dependen serta analisis ANOVA untuk menguji pengaruh kedua variabel secara simultan. Hasil perhitungan uji t untuk Daya Tarik Iklan (X1) menunjukkan nilai thitung sebesar 4,779 dengan nilai signifikansi 0,000, yang berarti bahwa Daya Tarik Iklan (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), karena thitung lebih besar dari ttabel (4,779 > 1,988) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Selain itu, perhitungan uji t untuk Kualitas Produk (X2) menunjukkan thitung sebesar 6,634 dan nilai signifikansi 0,000, yang juga mengindikasikan bahwa Kualitas Produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), karena thitung lebih besar dari ttabel (6,634 > 1,988) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Analisis ANOVA menghasilkan Fhitung sebesar 60,984 dengan nilai Ftabel sebesar 2,71 pada tingkat signifikansi 0,000, yang berarti bahwa secara simultan, Daya Tarik Iklan (X1) dan Kualitas Produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa baik Daya Tarik Iklan maupun Kualitas Produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian.

References

Alma, B. (2018). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Alfabeta.

Assauri, S. (2018). Manajemen pemasaran. Rajawali Pers.

Davis, K. (1985). Human behavior at work: Organizational behavior. McGraw-Hill.

Edy Sutrisno. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Kencana.

Ferdinatus. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep dan Praktik. Penerbit ANDI.

Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S. P. (2021). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.

Junita, A. S. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal XYZ, 5(1), 33–41.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip-prinsip pemasaran (ed. Bahasa Indonesia). Erlangga.

Manopo, R. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Disiplin Kerja Karyawan. Jurnal XYZ, 3(2), 44–52.

Mangkunegara, A. P. (2019). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Remaja Rosdakarya.

Rini, K. S. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal ABC, 2(3), 50–60.

Septrizola. (2019). Manajemen pemasaran jasa. CV. Andalas Press.

Setyowirasti, T., & Mudiantono. (2016). Strategi Periklanan Efektif. Universitas Diponegoro Press.

Singodimedjo, M. (dalam Edy Sutrisno, 2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana.

Sufa, A. (2016). Periklanan dan Komunikasi Pemasaran. CV. Media Edukasi.

Tjiptono, F. (2017). Strategi pemasaran (4th ed.). Andi.

Winardi, J. (2016). Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Rajawali Pers.

Yusuf, M. (2021). Perilaku konsumen dan keputusan pembelian. Penerbit Salemba Empat.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Pratama, F. D., & Aprilliani , S. (2025). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Fazzio pada PT Plaza Bintang Makmur Jakarta Utara. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 5(2), 256–265. https://doi.org/10.32493/jism.v5i2.48942