Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Fazzio pada PT Plaza Bintang Makmur Jakarta Utara
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v5i2.48942Keywords:
Daya Tarik Iklan, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Daya Tarik Iklan (X1) dan Kualitas Produk (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t untuk mengetahui pengaruh masing- masing variabel independen terhadap variabel dependen serta analisis ANOVA untuk menguji pengaruh kedua variabel secara simultan. Hasil perhitungan uji t untuk Daya Tarik Iklan (X1) menunjukkan nilai thitung sebesar 4,779 dengan nilai signifikansi 0,000, yang berarti bahwa Daya Tarik Iklan (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), karena thitung lebih besar dari ttabel (4,779 > 1,988) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Selain itu, perhitungan uji t untuk Kualitas Produk (X2) menunjukkan thitung sebesar 6,634 dan nilai signifikansi 0,000, yang juga mengindikasikan bahwa Kualitas Produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), karena thitung lebih besar dari ttabel (6,634 > 1,988) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Analisis ANOVA menghasilkan Fhitung sebesar 60,984 dengan nilai Ftabel sebesar 2,71 pada tingkat signifikansi 0,000, yang berarti bahwa secara simultan, Daya Tarik Iklan (X1) dan Kualitas Produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa baik Daya Tarik Iklan maupun Kualitas Produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian.
References
Alma, B. (2018). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Alfabeta.
Assauri, S. (2018). Manajemen pemasaran. Rajawali Pers.
Davis, K. (1985). Human behavior at work: Organizational behavior. McGraw-Hill.
Edy Sutrisno. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Kencana.
Ferdinatus. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep dan Praktik. Penerbit ANDI.
Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.
Hasibuan, M. S. P. (2021). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.
Junita, A. S. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal XYZ, 5(1), 33–41.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip-prinsip pemasaran (ed. Bahasa Indonesia). Erlangga.
Manopo, R. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Disiplin Kerja Karyawan. Jurnal XYZ, 3(2), 44–52.
Mangkunegara, A. P. (2019). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Remaja Rosdakarya.
Rini, K. S. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal ABC, 2(3), 50–60.
Septrizola. (2019). Manajemen pemasaran jasa. CV. Andalas Press.
Setyowirasti, T., & Mudiantono. (2016). Strategi Periklanan Efektif. Universitas Diponegoro Press.
Singodimedjo, M. (dalam Edy Sutrisno, 2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana.
Sufa, A. (2016). Periklanan dan Komunikasi Pemasaran. CV. Media Edukasi.
Tjiptono, F. (2017). Strategi pemasaran (4th ed.). Andi.
Winardi, J. (2016). Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Rajawali Pers.
Yusuf, M. (2021). Perilaku konsumen dan keputusan pembelian. Penerbit Salemba Empat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Farel Dedy Pratama, Siti Aprilliani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0)
yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).

