Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan Aston Pluit Hotel Jakarta

Authors

  • Reza Novianto Universitas Pamulang
  • Gojali Supiandi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v5i2.48943

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan secara parsial terhadap Kepuasan pelanggan, Untuk mengetahui pengaruh Fasilitas secara parsial terhadap Kepuasan pelanggan, Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas secara simultan terhadap Kepuasan pelanggan pada Aston Pluit Hotel Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode deskripsi kuantitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Populasinya adalah 5.362 pelanggan, pengambilan sampel dapat menggunakan rumus slovin, maka sampel adalah seluruh karyawan yang berjumlah 98 pelanggan. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis koefisien korelasi ganda, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis, Berdasarkan hasil pengujian pada uji t variabel Kualitas Pelayanan (X1) dengan thitung sebesar 4,613 dan signifikansi sebesar 0.000. Karena thitung lebih besar ttabel (4,613 > 1.984) dan signifikansi lebih kecil dari 5% maka Ha diterima dan H0 ditolak, dapat dinyatakan bahwa Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Berdasarkan hasil pengujian pada uji t variabel Fasilitas (X2) dengan thitung sebesar 7,495 dan signifikansi sebesar 0.000. Karena thitung lebih besar ttabel (7,495 > 1.984) dan signifikansi lebih kecil dari 5% (0.000) maka Ha diterima dan H0 ditolak, dapat dinyatakan bahwa Fasilitas (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Berdasarkan hasil hasil perhitungan variabel Kualitas Pelayanan (X1) dan Fasilitas (X2) diperoleh nilai Fhitung sebesar 75.274 sedangkan Ftabel  (0,05) untuk n = 96 sebesar 2.70. Jadi Fhitung > dari Ftabel (0,05) atau 75.274 > 2.70, dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 karena 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa Kualitas Pelayanan (X1), Fasilitas (X2) dan secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan (Y).

References

Abdul Manap. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran (Edisi Pertama). Mitra Wacana Media.

Ahmed, Z. (2014). Effect of Brand trust and Customer Satisfaction on Brand loyalty in Bahawalpur. Journal of Sociological Research.

Anoraga, P. (2016). Psikologi Kerja. Rineka Cipta.

Armaniah, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang.

Armstrong, G., & Kotler, P. (2014). Dasar-Dasar Pemasaran (Jilid 1, Alih Bahasa Alexander Sindoro & Benyamin Molan). Penerbit Prenhalindo.

Basu, S. (2019). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Buchari Alma. (2016). Manajemen Pemasaran. Alfabeta.

Butarbutar, M. (2021). Pengaruh Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kedai Kopi Baravi Pematangsiantar.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2016. Penerbit Gava Media.

Effendi, S., & Manning, C. (2017). Prinsip-prinsip Analisa Data. In Ma. Singarimbun & S. Effendi (Eds.), Metode Penelitian Survai (pp. 263–298). LP3ES Indonesia.

Erkan, I., & Evans, C. (2016). Social Media or Shopping website? The Influence of eWOM on Consumers' Online Purchase Intentions. Journal of Marketing Communications.

Fiani, P. O. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pusat Kesehatan Masyarakat Rengas Ciputat Timur Tangerang Selatan.

Goyette, et al. (2017). E-WOM: Word of Mouth Measurement Scale for E-Service Context. Journal of Administrative Sciences, 27, 5-23.

Hermann, et al. (2017). The social influence of brand community: Evidence from European car clubs. Journal of Marketing, 69, 19-34.

Hidayat, M. E. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Usaha Kuliner Di Palangka Raya.

Hidayat, M. F., & Widyawati, N. (2022). Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Kereta Api Pasundan di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya (Studi Kasus Penumpang Kereta Api Pasundan).

Jalilvand, M. R., & Samiei, N. (2015). The Effect of Electronic Word of Mouth on Brand Image and Purchase Intention: An empirical study in the automobile industry in Iran. Marketing Intelligence & Planning, 30(4).

Kabalmay, A. (2021). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Vega Hotel Kota Sorong.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education, Inc.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional Ke Digital. PT Gramedia Pustaka Utama.

Lenggana, F. M. (2017). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen Z’dulur Coffee & Pool Kab. Tasikmalaya).

Lupiyoadi, & Hamdani. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi kedua). Penerbit Salemba Empat.

Nazlia, I. (2017). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Saudara Syariah Medan.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2011). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Buku 2, Edisi 9, Alih Bahasa Damos Sihombing). Erlangga.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta.

Rachmawati. (2011). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.

Saputri, L. D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Kereta Commuter Line.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2018). Perilaku Konsumen (Edisi Ketujuh). Indeks.

Selang, C. A. D. (2016). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Freshmart Bahu Manado. Jurnal EMBA, 1(3), 71-80.

Sunyoto, D. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus) (Cetakan ke-1). CAPS.

Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran (Edisi 2). Andi Offset.

Yamit, Z. (2017). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ekonisia.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Novianto, R., & Supiandi , G. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan Aston Pluit Hotel Jakarta. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 5(2), 266–276. https://doi.org/10.32493/jism.v5i2.48943