Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan Aston Pluit Hotel Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v5i2.48943Keywords:
Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan secara parsial terhadap Kepuasan pelanggan, Untuk mengetahui pengaruh Fasilitas secara parsial terhadap Kepuasan pelanggan, Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas secara simultan terhadap Kepuasan pelanggan pada Aston Pluit Hotel Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode deskripsi kuantitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Populasinya adalah 5.362 pelanggan, pengambilan sampel dapat menggunakan rumus slovin, maka sampel adalah seluruh karyawan yang berjumlah 98 pelanggan. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis koefisien korelasi ganda, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis, Berdasarkan hasil pengujian pada uji t variabel Kualitas Pelayanan (X1) dengan thitung sebesar 4,613 dan signifikansi sebesar 0.000. Karena thitung lebih besar ttabel (4,613 > 1.984) dan signifikansi lebih kecil dari 5% maka Ha diterima dan H0 ditolak, dapat dinyatakan bahwa Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Berdasarkan hasil pengujian pada uji t variabel Fasilitas (X2) dengan thitung sebesar 7,495 dan signifikansi sebesar 0.000. Karena thitung lebih besar ttabel (7,495 > 1.984) dan signifikansi lebih kecil dari 5% (0.000) maka Ha diterima dan H0 ditolak, dapat dinyatakan bahwa Fasilitas (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Berdasarkan hasil hasil perhitungan variabel Kualitas Pelayanan (X1) dan Fasilitas (X2) diperoleh nilai Fhitung sebesar 75.274 sedangkan Ftabel (0,05) untuk n = 96 sebesar 2.70. Jadi Fhitung > dari Ftabel (0,05) atau 75.274 > 2.70, dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 karena 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa Kualitas Pelayanan (X1), Fasilitas (X2) dan secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan (Y).
References
Abdul Manap. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran (Edisi Pertama). Mitra Wacana Media.
Ahmed, Z. (2014). Effect of Brand trust and Customer Satisfaction on Brand loyalty in Bahawalpur. Journal of Sociological Research.
Anoraga, P. (2016). Psikologi Kerja. Rineka Cipta.
Armaniah, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang.
Armstrong, G., & Kotler, P. (2014). Dasar-Dasar Pemasaran (Jilid 1, Alih Bahasa Alexander Sindoro & Benyamin Molan). Penerbit Prenhalindo.
Basu, S. (2019). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Buchari Alma. (2016). Manajemen Pemasaran. Alfabeta.
Butarbutar, M. (2021). Pengaruh Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kedai Kopi Baravi Pematangsiantar.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2016. Penerbit Gava Media.
Effendi, S., & Manning, C. (2017). Prinsip-prinsip Analisa Data. In Ma. Singarimbun & S. Effendi (Eds.), Metode Penelitian Survai (pp. 263–298). LP3ES Indonesia.
Erkan, I., & Evans, C. (2016). Social Media or Shopping website? The Influence of eWOM on Consumers' Online Purchase Intentions. Journal of Marketing Communications.
Fiani, P. O. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pusat Kesehatan Masyarakat Rengas Ciputat Timur Tangerang Selatan.
Goyette, et al. (2017). E-WOM: Word of Mouth Measurement Scale for E-Service Context. Journal of Administrative Sciences, 27, 5-23.
Hermann, et al. (2017). The social influence of brand community: Evidence from European car clubs. Journal of Marketing, 69, 19-34.
Hidayat, M. E. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Usaha Kuliner Di Palangka Raya.
Hidayat, M. F., & Widyawati, N. (2022). Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Kereta Api Pasundan di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya (Studi Kasus Penumpang Kereta Api Pasundan).
Jalilvand, M. R., & Samiei, N. (2015). The Effect of Electronic Word of Mouth on Brand Image and Purchase Intention: An empirical study in the automobile industry in Iran. Marketing Intelligence & Planning, 30(4).
Kabalmay, A. (2021). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Vega Hotel Kota Sorong.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education, Inc.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional Ke Digital. PT Gramedia Pustaka Utama.
Lenggana, F. M. (2017). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen Z’dulur Coffee & Pool Kab. Tasikmalaya).
Lupiyoadi, & Hamdani. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi kedua). Penerbit Salemba Empat.
Nazlia, I. (2017). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Saudara Syariah Medan.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2011). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Buku 2, Edisi 9, Alih Bahasa Damos Sihombing). Erlangga.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta.
Rachmawati. (2011). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.
Saputri, L. D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Kereta Commuter Line.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2018). Perilaku Konsumen (Edisi Ketujuh). Indeks.
Selang, C. A. D. (2016). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Freshmart Bahu Manado. Jurnal EMBA, 1(3), 71-80.
Sunyoto, D. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus) (Cetakan ke-1). CAPS.
Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran (Edisi 2). Andi Offset.
Yamit, Z. (2017). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ekonisia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Reza Novianto, Gojali Supiandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0)
yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).

