Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di Adrian Refleksi dan Bekam Depok

Authors

  • Rizki Januarsyah Universitas Pamulang
  • Suharni Rahayu Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v5i2.48970

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan di Adrian Reflksi dan Bekam Depok. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode asosiatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas data, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil yang didapat pada penelitian berdasarkan uji t pada variabel kualitas pelayanan kerja thitung 0,930 < ttabel 1,66365 dengan tingkat signifikan 0,355 > 0,05 artinya bahwa Kualitas Pelayanan (X1) secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) dan variabel Harga (X2) thitung sebesar 6,634 > ttabel 1,66365 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 artinya bahwa Harga (X2) secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Sementara berdasarkan hasil uji F didapatkan bahwa nilai Fhitung 30,884 > Ftabel 3,11 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan (X1) dan Harga (X2) secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) pada Adrian Refleksi dan Bekam Depok. Dengan nilai koefisien determinasi 43,3% sedangkan sisanya (100 – 43,3%) = 56,7% dipengaruhi faktor lain.

References

Afridola, S., & Desrianto. (2020). Pengaruh lokasi dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Coffee Town Bakery di Kota Batam. Jurnal Emba, 8(1), 2020–2033.

Andriyani, M., & Ardianto, R. E. (2020). Pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah bank. Ekomabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(2), 133–140.

Arianto, N. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung dalam menggunakan jasa hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 123–134.

I Wayan Meryawan. (2024). Dampak kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen Anahata Villas and Spa Resort Ubud. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama dan Budaya, 9(2), 135–147.

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing (16th ed.). England: Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi 12 Jilid 1 & 2). Jakarta: PT Indeks.

Lidya, W. A., D., M. J. D., & Hendra, T. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas makanan, dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada rumah makan ikan bakar Kinamang. Emba, 9(3), 1277–1285.

Putri, D. V., & Munandar, A. (2023, Desember). Pengaruh persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan jasa Viviie Salon Kabupaten Kebumen. In Prosiding Seminar Sosial Politik, Bisnis, Akuntansi dan Teknik (Vol. 5, pp. 286–291).

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (edisi terbaru). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

William, & Tiurniari, P. (2020). Kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada bengkel Mazda di Kota Batam. Jurnal Emba, 8(1), 1987–1996.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Januarsyah, R., & Rahayu, S. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di Adrian Refleksi dan Bekam Depok. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 5(2), 422–432. https://doi.org/10.32493/jism.v5i2.48970