Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di Adrian Refleksi dan Bekam Depok
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v5i2.48970Keywords:
Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan di Adrian Reflksi dan Bekam Depok. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode asosiatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas data, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil yang didapat pada penelitian berdasarkan uji t pada variabel kualitas pelayanan kerja thitung 0,930 < ttabel 1,66365 dengan tingkat signifikan 0,355 > 0,05 artinya bahwa Kualitas Pelayanan (X1) secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) dan variabel Harga (X2) thitung sebesar 6,634 > ttabel 1,66365 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 artinya bahwa Harga (X2) secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Sementara berdasarkan hasil uji F didapatkan bahwa nilai Fhitung 30,884 > Ftabel 3,11 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan (X1) dan Harga (X2) secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) pada Adrian Refleksi dan Bekam Depok. Dengan nilai koefisien determinasi 43,3% sedangkan sisanya (100 – 43,3%) = 56,7% dipengaruhi faktor lain.
References
Afridola, S., & Desrianto. (2020). Pengaruh lokasi dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Coffee Town Bakery di Kota Batam. Jurnal Emba, 8(1), 2020–2033.
Andriyani, M., & Ardianto, R. E. (2020). Pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah bank. Ekomabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(2), 133–140.
Arianto, N. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung dalam menggunakan jasa hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 123–134.
I Wayan Meryawan. (2024). Dampak kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen Anahata Villas and Spa Resort Ubud. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama dan Budaya, 9(2), 135–147.
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing (16th ed.). England: Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi 12 Jilid 1 & 2). Jakarta: PT Indeks.
Lidya, W. A., D., M. J. D., & Hendra, T. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas makanan, dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada rumah makan ikan bakar Kinamang. Emba, 9(3), 1277–1285.
Putri, D. V., & Munandar, A. (2023, Desember). Pengaruh persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan jasa Viviie Salon Kabupaten Kebumen. In Prosiding Seminar Sosial Politik, Bisnis, Akuntansi dan Teknik (Vol. 5, pp. 286–291).
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (edisi terbaru). Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
William, & Tiurniari, P. (2020). Kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada bengkel Mazda di Kota Batam. Jurnal Emba, 8(1), 1987–1996.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizki Januarsyah, Suharni Rahayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0)
yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).

