Pengaruh Life Style dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Star Accessories Pusat Grosir Asemka di Jakarta Barat
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v5i3.52959Keywords:
Life Style, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan simultan. Pengaruh life style dan service quality terhadap keputusan pembelian pada Toko Star Accessories Asemka di Jakarta Barat. Metode penelitian ini yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu observasi dan kuesioner. Penelitian ini dilaksanakan di Toko Star Accecories Grosir Asemka Jakarta Barat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2,395. Dengan sampel 100 orang responden, dengan menggunakan rumus slovin. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Analisis regresi linier sederhana, regresi linier berganda, determinasi, uji hipotesis meliputi uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji f). Pengelolaan data dibantu dengan SPSS versi 26 dan tingkat kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil nilai F hitung (9,558) lebih besar dari F tabel (2,70), dan ρ value (0,000) lebih kecil dari Sig. (0,05). Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan dari variabel independen terhadap variabel dependen. Karena kondisi di atas terpenuhi, hipotesis nol (Ho3) ditolak dan hipotesis alternativ (Ha3) diterima. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan dalam uji F, dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Artinya, gaya hidup (life style) (X1) dan kualitas pelayanan (service quality) (X2) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y).
References
Buku:
Firmansyah, Anang M., & Mahardika, Bidi W. (2018). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, P dan Amstrong, G (2017). Principles Of Marketing, Global Edition, 14 Edition. Pearson Education.
Kotler, & Keller. (2020). “Manajemen Pemasaran.” Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, & Keller. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran (A. Pramesta (ed.)). Penerbit Andi.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2023). Principles of Marketing (19th ed.). Pearson.
Kountur, R. (2018). Metode penelitian untuk penulisan skripsi dan tesis. PPM.
Mudrajad, K. S.(2018). Manajemen Perbankan, Teori dan Aplikasi. Cetakan kedua. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Moenir, A.S (2019). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara Pusat.
Santoso, Singgih. (2015). Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA
Simamora, H. (2016), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi ketiga, STIE YKPN, Yogyakarta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet
Sholikah, Ahmad, dkk. (2021). Manajemen Pemasaran Saat Ini. Cirebon: Insania
Siswanto, (2021). Pengantar Manajemen. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Sugiyono, (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF dan R&D (M.Dr. Ir. Sutopo, S.Pd (ed); ke2 ed).
Sadikin, Ali et al. (2020). Pengantar Manajemen Dan Bisnis. Yogyakarta. K-Media Yogyakarta.
Tjiptono Fandy., (2018). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1., Yogyakarta: CV. Andi.
Tjiptono Fandy. (2020). Strategi Pemasaran, Edisi Ke-4. CV. Andi, Yogyakarta.
Zikmund, W. G. (2017). Costumer Relationship Management and Marketing Public Relation. Bandung: Alfabeta.
JURNAL:
Abdul Gofur., (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal. Fakultas Ilmu Administrasi Institut Ilmu Sosial Dan Manajemen Stiami, Jakarta.
Arianto, N., & Octavia, B. D. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(2), 98-107.
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2022). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction, 3(1), 27-35.
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.
Ardhianti, M. P., et al. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pengiriman JNE Express Cabang Bekasi Tahun 2021. Jurnal Transportasi, Logistik dan Aviasi. 1(2), 157-163.
Djafar Novita, dkk. (2023). “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di CV. Mufidah Kota Gorontalo”. Journal of Economic and Business Education. Vol. 1. Issue. 2. Hal. 76-82.
Djamaris, Aurino., Asmi, Ade. (2023). Proyek Tepat Waktu Menyingkap Faktor Keterlambatan dan Solusi Proyek Konstruksi di Indonesia. Universitas Bakrie Press.
Gusti, I., dkk. (2022). Keputusan Pembelian Produk. PT Inovasi Pratama. UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon.
Hartono, Y., & Maddiansyah, A. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pada Gerai Tommy Hilfiger Pondok Indah Mall Jakarta. 4(3), 2776-1568.
Karundeng, M, E., et.al. (2021). Pengaruh Bauran Promosi, Harga, Display Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian pada Apotek Anugerah Farma di Kota Gorontalo. Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 3(1), 75–91. https://doi.org/10.24090.mabsya.v3i1.4746
Maharani, A. D., et al. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian di Warung Kopi Sadayana. 2(2), 2830-5353.
Malayu S.P. Hasibuan, (Mary Parker Follet, G.R.Terry). Pengertian Manajemen. Calonmanejer.com.(2020). R&D (M.Dr. Ir. Sutopo, S.Pd (ed); ke2 ed).
Novitasari, Dewiana, dkk. (2020). “Stress Kerja dan Turnover Intention di Era Revolusi Industri 4.0: Adakah Harapan Pada Kepemimpinan Transformasional?” dalam: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 443-455.
Nadhifah, N. (2021). “Analisis pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada pt citra kreasi makmur kediri”. Vol. 2, No. 4. Hal. 267 – 278.
Patmala, H. S. and D. C. Fatihah (2021). "Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di UKM Mart Kartika Widya Utama." Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) 5(3): 1154-1170.
Prawitasari, T., & Antika, E.R.(2022). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Resiliensi Akademik Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 7(2).
Rofifah, N., & Salami, M. M. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Jemblem Store di Sawangan Depok Jawa Barat. 1(4), 3046-8884.
Suhardi. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Kompetensi, Lingkungan Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Asuransi Jiwa di Kota Batam Dengan Organizational Citizenship Behavior Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Benefita, 4(2), 296-315.
Septiadi, F., & Azhari, A. Y. (2018). Hubungan Panjang Tungkai, Kelentukan Pinggang, Dan Kelentukan Pergelangan Kaki Terhadap Kecepatan Tendangan Dollyo Chagi Atlet Taekwondo Klub Btsc Kabupaten Bogor. Seminar Nasional Pendidikan Jasmani.
Timpaulu, R. J., Tampi, J. R., & Mukuan, D. D. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian di Glori-A House Kawangkoan. Productivity, 4(2), 164-178.
Wahyudi, S. (2017), “Pengaruh Price Discount terhadap Impulse Buying”, Jurnal Valuta, 3(2).
Wijaya, Darma. (2017). Pengaruh Motivasi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Perspektif 15(2): 79-88.
Yuliana, D., & Ayem, S. (2019). Pengaruh Independensi Auditor, Kualitas Audit, Manajemen Laba dan Komisaris Independen Terhadap Integritas Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI Periode 2014-2017). Jurnal Akuntansi & Manajemen Akmenika. Vol. 16. No. 1, 198, 200-205.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Nuraeni, Muhammad Musyfiq Salami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0)
yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).

