Analisi Kualitas Bahan Baku Nata De Coco untuk Mengurangi Produk Cacat pada Koko Drink dengan Metode Quality Control Circle (QCC) di PT. Triteguh Manunggal Sejati, Tangerang

Authors

  • Wanto Sarwoko Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jitmi.v3i2.y2020.p160-167

Keywords:

Kualitas, Quality Control Circle, Cacat Produk

Abstract

Penelitian ini untuk menganalisa Kualitas Bahan Baku Nata De Coco Untuk Mengurangi Produk Cacat Pada Koko Drink Dengan Metode Quality Control Circle (QCC) Di PT. Triteguh Manunggalsejati, tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi produk cacat pada coco drink, beberapa tahapan dalam menurunkan cacat produk pada koko drink di PT. Triteguh Manunggalsejati dengan menggunakan metode Quality  Control Circle (QCC), diawali dengan melakukan tahapan pengelompokan cacat berdasarkan jenis cacatnya, kemudian menetapkan jenis cacat dominan, mencari tahu penyebab masalah dengan bantuan diagram sebab akibat (fishbone), merencanakan perbaikan dengan menerapkan prinsip 5W1H (What, When, Where, Why, dan Who) agar perbaikan berjalan efektif dan efisien, dilanjut dengan melaksanakan proses perbaikan, kemudian masuk ketahapan pemeriksaan hasil perbaikan dimana didapat jumlah cacat nata tidak standar sebanyak 5.496 pcs dari total cacat produksi sebanyak 33.408 pcs atau sebesar 16.45% dari total cacat produk sehingga usaha perbaikan yang dilakukan berhasil memenuhi target dikarenakan dapat menurunkan cacat sebesar (100% - (16,45% : 71,96% x 100%)) = (100% - 22,86%) = 77,14%, Untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas nata de coco yang terdapat didalam produk koko drink maka perlu dilakukan standarisasi terhadap Work Instraction (WI).

References

Aditya Hermawan, 2012, Analisis Defect Pada Proses Produksi Dengan MetodeQCC (Quality Control Circle) Dan Seven Tools Di PT Hillon Surabaya.Jawa Timur : Universitas Pembangunan Nasional (Veteran)

Andre Ong, 2015, Implementasi Metode Quality Control Circle Untuk Menurunkan Tingkat Cacat Pada Produk Alloy Wheel. Surabaya: Universitas Wijaya Putra

Andriantna David, 2015, Pengendalian Kualitas untuk mengurangi Jumlah Cacat Produk Dengan Metode Quality Control Circleb (QCC) Pada PT. Restomart Cipta Usaha (PT. Nayati Group) Semarang. Semarang: Universitas Dian Nusawatoro

Ariani, D.W., “Manajemen Kualitasâ€. Edisi Pertama, Penerbit Universitas Atma Jaya Yogya-karta, Cetakan Pertama, 2012

Azwar, Saifuddin, 2013, Metode Penelitian, Pustaka Pelajar, Jakarta

Ertati Suarni, 2012, Gerakan Quality Control Circle (QCC) Sebagai Manajemen Partisipatif Perbaikan Mutu Berkelanjutan Pada Tingkat Fakultas Di Universitas Muhammadiyah Palembang. Palembang: Universitas Muhammadiyah Palembang

Gasperz, V, 2001, Total Quality Control. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Gasperz, V. 2002. Pedoman Implementasi Program QCC. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Goetsch, D.L., Davis, S. 1995, Implementing Total Quality, New Jersey: Prentice

Dahniar, T. (2018). ANALISA MOVEMENT FUEL MENGGUNAKAN QUALITY CONTROL CIRCLE (QCC) UNTUK MENGURANGI NG NO CONECTION DI PT. INS. Teknologi: Jurnal Ilmiah dan Teknologi, 1(1), 27-34.

Dahniar, T. (2017). Rancang Ulang Pengendalian Mutu Produk pada Industri Komponen Sepeda Motor Menuju Zero Defect untuk Mencapai Optimalisasi Manufaktur. Jurnal Tambora, 2(3).

Budi, T. S., Supriyadi, E., & Zulziar, M. (2018). Analisis Konfigurasi Proses Produksi Cokelat Stick Coverture Menggunakan Metode Design Of Experiments (Doe) Di Pt. Gandum Mas Kencana. JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri), 1(1), 87-96.

IIM ARIS, S. E. T. I. A. W. A. N., & Desi, K. (2020). ANALISIS POSTUR KERJA JURU ANGKUT SAMPAH MENGGUNAKAN METODE QUICK EXPOSURE CHECKLIST (Doctoral dissertation, Universitas Bina Darma).

Downloads

Published

2020-10-21

Issue

Section

Articles