Simulasi Perbaikan Alur Pelayanan Pasien Rawat Jalan dengan Pendekatan Lean Hospital pada Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.32493/jitmi.v1i1.y2018.p%25pAbstract
ABSTRAK
Dalam kehidupan manusia aspek kesehatan merupakan salah satu faktor yang paling utama yang harus diperhatikan. Salah satu fasilitas kesehatan untuk melayani kesehatan masyarakat adalah Rumah Sakit Umum (RSU). Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang merupakan rumah sakit yang menjadi salah satu rumah sakit rujukan untuk pasien wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi. Hasil simulasi model pada kondisi eksisting menunjukkan waktu rata-rata pasien berada di dalam sistem aktivitas rawat jalan di Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang yaitu selama 4942,342 detik. Rancangan perbaikan yang dibuat terhadap sistem eksisting terdiri dari skenario 1, skenario 2, skenario 3 dan skenario 4 yang menggabungkan skenario 1, skenario 2 dan skenario 3. Dari keempat skenario tersebut terpilih skenario terbaik yaitu pada skenario 4 yang menggabungkan skenario 1, skenario 2, dan skenario 3, sehingga menghasilkan rata-rata pasien berada di dalam sistem aktivitas rawat jalan di Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang yaitu selama 4391,742 detik. Berdasarkan hasil perhitungan persentase Process Cycle Efficiency (PCE), maka diketahui bahwa efisiensi waktu aktivitas rawat jalan Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang mengalami peningkatan sebesar 1,614% dari sistem eksisting.
Kata Kunci : Waste, Lean Hospital, VSM (Value Stream Mapping), PAM (Process Activity Mapping).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JITMI : Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, JITMI : Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.