Analisis SCP (Strukture, Conduct, Performance) Di Industri Transportasi Online Di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32493/jitmi.v5i1.y2022.p27-36Keywords:
Analisis SCP, Ekonomi Industri, Trasportasi OnlineAbstract
Di era perkembangan teknologi saat ini, pertumbuhan transportasi online meningkat tinggi dengan mendorong berbagai kreativitas inovasi baru yang pada akhirnya akan menggeser teknologi tahun sebelumnya. Di Indonesia sendiri terdapat banyak industri transportasi seperti Grab, Gojek, Maxim dan Uber. Dengan peningkatan pertumbuhan transportasi online perlunya analisis SCP (Strukture, Conduct, dan Performance) di Industri Transportasi Online Di Indonesia, guna menganalisis bagaimana kondisi perusahaan dan cara menghadapinya diperkembangan pasar yang tinggi ini. Dengan menggunakan penelitian deskriptif dan wawancara Dalam struktur pasar Industri transportasi online consentrasi ratio pasar berada di posisis 98% menunjukan keketatan yang tinggi masuk kedalam pasar oligopoly ketat, ada kendala yang ada pada industri transportasi seperti ini yaitu modal yang digunakan harus besar dan adanya diferensiasi produk yang membuat pengguna merasa semua kebutuhannya terpenuhi, seperti di Gojek sendiri sudah ada go food , gocar, go clean dan lain-lain inovasi. Kemudian dalam perilaku, kebijakan harga menjadi salah satu hal yang penting. Semakin murah harganya, semakin banyak peminatnya. Banyaknya fiitur-fitur tambahan yang menjadi daya tarik bagi konsumen untuk mempermudah segala aktivitasnya. Kinerja industry transportasi online menunjukan kepada profitabilitas yang dihasilkan oleh perushaan, dengan menerapkan segala tujuan structure dan prilaku maka akan menghasilkan keuntungan yang tinggi bagi perusahaan. Dari adanya persaingan antara perusahaan industri start up transportasi online memiliki pertumbuhan yang sanagt berkembang dengan berbagai macam inovasi produk dan pemanfaatan kemajuan teknologi serta kebutuhan masyarakat yang dinilai efisien.
References
A, A., Popon, R., & Popon, R. (2018). Analisis Industri Perkembangan Transportasi Online Di Era Inovasi Disruptif (Studi Kasus PT, Gojek Indonesia). Cakrawala, 149-156.
Aziah, A., & Rabia Adawia, P. (2018). Analisis Perkembangan Industri Transportasi Online di Era Inovasi. Humaniora Bina Sarana Informatika, 18(2), 149-156.
Azizah, A., & Rabia Adawia, P. (2017). Analisis Structure Conduct Performance Pada. Informatika, XV(1), 17-20.
Faris, W. (2018). Dinamika Kebijakan Transportasi Online. Of Urban Sociologi, 1(2), 55-68.
Firdaus Abadi, M., & I, B. (2019). ANALISIS STRUKTUR, PERILAKU, DAN KINERJA TRANPORTASI UDARA KOMERSIAL MELALUI PENDEKATAN SCP (STRUCTURE-CONDUCT-PERFORMANCE). Teknologi, 90.
Haqiqi, H., & Wijayanti, H. (2019). Revolusi Industri 4.0 Di Tengah Socienty 5.0 : Sebuah Terobosan Teknologi, Integrasi Ruang, dan Transformasi Kehidupan Di Era Disruptif. Yogyakarta: Quadrant.
Mojang, K., & Arifin. (2019). Dampak Keberadaan Transportasi Online Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Transportasi Konvensional Di Kota Kediri. JIMEK (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(2), 168-181.
Muhkamaat Abdillah, A. (2019). Penerapan Metode Haversine Pada Aplikasi Layanan Perbaikan Kendaraan Berbasis Location Based Servis. JUITA : Jurnal Informatika, 7(2), 81-91.
Yuniastusi, E. (2020). Pola Kerja Kemitraan Di Era Digital. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Adiningsing, Sri. (2019). Transformasi Ekonomi Berbasis Digital di Indonesia:Lahirnya Tren Baru Teknologi, Bisnis, Ekonomi, dan Kebijakan di Indonesia. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Karnadi, Alif. (2022). Persaingan Ketat Pangsa Pasar Ojek Online Di Indonesia. Data Indonesia.
Fuad, D.W. (2018). Analisis SCP di Industri Transportasi Antar Kota Sulawesi Selatan. Jurnal Teknik, 18(4), 167-189.
Lee, Casey. (2007). SCP, NEIO, and Beyound. Working Paper Series 5(2).150-16.5
Hadya Jayani, Dwi. (2019). Potensi Pendapatan Transportasi Online Dari Masa Ke Masa. Databoks.
Rubrikalar. (2020). Popularitas Maxim Semakin Naik Sepanjang Tahun. Id Taximaxim.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JITMI : Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, JITMI : Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.