Strategi Penguatan Daya Saing UMKM Sebagai Upaya Pemulihan Pasca Pandemi Covid-19 di Kabupaten Gresik

Authors

  • Narto Narto Program Studi Teknik Industri Universitas Qomaruddin
  • Gatot Basuki Hari Mukti Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32493/jitmi.v6i2.y2023.p94-100

Keywords:

Pandemi Covid-19, UMKM, Industri Kreatif, Daya Saing

Abstract

Perekonomian dunia tumbuh melambat karena adanya pandemi Covid-19. Usaha Mikro kecil menengah (UMKM) sebagai sub sektor industri kreatif juga mengalami dampak yang sangat signifikan. Berbagai kesulitan dan kendala yang dihadapi mulai dari turunnya tingkat penjualan, modal usaha, harga bahan baku yang tinggi, serta sumber daya manusia yang rendah menjadi faktor yang memicu penurunan omset pelaku UMKM di Kabupaten Gresik. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan analisis faktor-faktor internal dan eksternal yang dimiliki UMKM, hal ini untuk mengetahui kondisi dan posisi UMKM Kabupaten Gresik saat ini pasca Pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah menyusun strategi alternatif untuk peningkatan daya saing sebagai bentuk pemulihan kondisi UMKM pasca pandemi Covid-19. Hasil analisis diperoleh bahwa strategi alternatif yang disusun yaitu peran penting pelaku usaha untuk melakukan kerjsama dengan pemerintah daerah sebagai fasilitator dan pendamping serta regulator kebijakan daerah untuk memberikan kemudahan pengurusan Nomor Induk berusaha (NIB), pemanfaatan digtialisasi untuk memperluas jangkauan pemasaran produk. Peningkatan kerjasama pola kemitraan dengan BUMN sebagai industri yang mengelola hilirisasi sumber daya yang unggul. Inovasi produk sangat penting dilakukan karena semakin tinggi tingkat persaingan usaha sejenis, maka perlu dilakukan perbaikan cara pengemasan sebagai salah satu bentuk untuk membangung branding produk UMKM.

References

Andayani, I., Roesminingsih, M. V., & Yulianingsih, W. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(1), 12–20.

Astutik, E. D., Silalahi, C. F., Azizah, A. I., Anjani, E. N., Gista, S. Al, & Alfarizi, R. (2021). Strategi Bisnis “Cejedw Frozen Food†Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1), 14–29.

Auliya, A. N., & Arif, L. (2021). Peran Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian Dan Perdagangan Dalam Penanganan Dampak Pandemi Covid-19 Pada Usaha Mikro Di Kabupaten Gresik. Jurnal Reformasi Administrasi : Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani, 8(1), 22–31.

BPS. (2021). Analisis Hasil Survey Dampak Covid-19 terhadap Pelaku Usaha #2. Jakarta.

BPS. (2022). Hasil Survey Perilaku Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19. Jakarta.

Darung, F., & Kristinae, V. (2020). Arsitektur Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Kesejahteraan UKM Makanan Kecil Pada Masa Covid-19 Di Kalimantan Tengah. Jurnal Media Bina Ilmiah, 15(1), 3815–3822.

Diskoperindag. (2020). Rencana Strategis Diskoperindag Kab. Gresik 2016 - 2021. Retrieved July 22, 2022, from Diskoperindag website: https://diskoperindag.gresikkab.go.id/renstra

Dwiastanti, A., & Mustapa, G. (2020). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Lingkungan Eksternal dan Strategi Bertahan Umkm dalam Menjaga Keberlangsungan Usaha di Musim Pandemi Covid 19. Business and Accounting Education Journal, 1(3), 228–240.

Fahriyah, A., & Yoseph, R. (2020). Keunggulan Kompetitif Spesial sebagai Strategi Keberlanjutan UKM di Era New Normal. Prosiding Seminar Stiami, 104–110. Jakarta.

Fatimah, F., & Tyas, W. M. (2020). Strategi Bersaing Umkm Rumah Makan Di Saat Pandemi Covid 19. IPTEKS, 5(2), 245–253.

Imanuel, I. A. (2021). Strategi Pemasaran Pada UD Jehova Nissi. AGORA, 9(1), 1–12.

Ma, C., & Cheok, M. Y. (2022). The impact of financing role and organizational culture in small and medium enterprises: Developing business strategies for economic recovery. Economic Analysis and Policy, 75, 26–38. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.eap.2022.04.009

Namugenyi, C., Nimmagadda, S. L., & Reiners, T. (2019). Design of a SWOT analysis model and its evaluation in diverse digital business ecosystem contexts. Procedia Computer Science, 159, 1145–1154. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.283

Narto. (2021). Strategi Pemasaran untuk Penguatan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Sambel Instan Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Kasus CV Progressive Gresik). Jurnal Rekayasa Sistem Dan Industri, 8(01), 49–54.

Sahani, N. (2021). Application of hybrid SWOT-AHP-FuzzyAHP model for formulation and prioritization of ecotourism strategies in Western Himalaya, India. International Journal of Geoheritage and Parks, 9(3), 349–362. https://doi.org/10.1016/j.ijgeop.2021.08.001

Siagian, A. O. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Urnal Teknologi Dan Informasi Bisnis, 3(1), 206–217.

Sulistiyani, & Pratama, A. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 31–39.

Yanto, A., & Sukanta, T. (2020). Analisis Strategi Bersaing dan Strategi Bertahan pada Industri Mikro dan Kecil Panganan Keripik Kemasan di Kecamatan Coblong Kota Bandung Jawa Barat Tahun 2020 Ditengah Situasi Sulit Penyebaran Pandemi COVID-19. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 12(1), 37–53. https://doi.org/10.37151/jsma.v12i1.48

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles