Analisis SWOT Produk Teh Wangi pada PT. NSP

Authors

  • Nova Wisnianingsih Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jitmi.v1i2.y2018.p117-121

Keywords:

Teh Wangi, Metode SWOT.

Abstract

PT. NSP mampu memproduksi ratusan ton teh dalam 1 bulan. Produk teh yang berkualitas dan mampu memproduksi skala besar, perusahaan  masih membutuhkan pasar untuk memasarkan produk teh yang dihasilkan. Dari tabel IFAS, bobot tertinggi yaitu teh wangi digemari masyarakat dan keunggulan teh wangi yang khas, disini dapat diketahui bahwa penikmat teh wangi semakin meningkat. Berbagai varian rasa dan aroma digemari masyarakat baik dalam kemasan teh celup, tubruk dan kemasan siap minum. Berdasarkan tabel EFAS, peluang yang mungkin  juga bervariasi, dengan meningkatkan kebutuhan masyarakat terhadap teh wangi, meningkatnya pasar global dan bertambahnya penduduk hingga peminat teh wangi juga semakin meningkat. Ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan agar pemasaran teh wangi lebih baik lagi. Dengan kualitas produk yang baik akan mampu bersaing dipasaran. Serta dari diagram SWOT, peluang dan kekuatan berada pada posisi kuadran 1 (2.55; 2.68), dimana posisi ini menandakan sebuah organisasi yang kuat dan berpeluang. Rekomendasi strategi yang diberikan adalah prospektif, artinya produk dalam kondisi prima dan mantap memiliki prospek  baik sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan inovasi, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal. Strategi yang baik untuk dilakukan saat ini adalah dengan melakukan pengembangan pasar, meningkatkan promosi dan saluran distribusi pemasaran produk teh wangi.

Downloads

Published

2019-08-30

Issue

Section

Articles