Analisis Pengambilan Keputusan Pemasaran Produk Ayam Rempah dengan Metode Analisis Competitive Profile Matriks di Kawasan Kuliner Tmp Kalibata

Authors

  • Agus Nurrokhman Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jitmi.v1i2.y2018.p171-179

Keywords:

Pemasaran, IFE, EFE, IE, CPM, dan SWOT

Abstract

Penelitian ini merupakan kegiatan untuk menganalisis pengambilan keputusan pemasaran produk Ayam Rempah di kawasan kuliner TPM Kalibata. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan matrik IFE, matrik EFE, matrik IE, matrik CPM, dan matrik SWOT. Matrik IFE, EFE, dan IE digunakan untuk mengetahui kondisi perusahaan pada saat ini. Matrik CPM digunakan untuk membandingkan kondisi perusahaan dengan pesaing. Sedangkan matrik SWOT digunakan untuk mencari solusi yang tepat untuk memasarkan produk Ayam Rempah tersebut. Dari analisis matik IFE, EFE, dan IE dapat0diketahui bahwa posisi perusahaan0berada pada koordinat (290,317) yang berarti bahwa kondisi perusahaan saat ini sedang dalam kondisi  Tumbuh dan Membangun dengan nilai IFE= 2,90 dan EFE = 3,17. Dari analisis matrik CPM dapat diketahui bahwa Ayam Rempah memperoleh posisi tertinggi dari pesaingnya yaitu Ayam Arbaya dan Ayam Kremes dengan skor nilai 3,25. Sedangkan dari analisis matrik SWOT dapat diperoleh keputusan terbaik dengan melakukan strategi yaitu dengan Pelatihan karyawan, Menjalin kemitraan, Penambahan karyawan, Perluasan pasar, Memaksimalkan media promosi, Pinjam bank, Menjaga kualitas rasa, Meningkatkan pelayanan.

 

Downloads

Published

2019-08-30

Issue

Section

Articles