Strategi Keunggulan Bersaing Industri Retail Komponen Otomotif dalam Upaya Meningkatkan Kinerja di PT. Astra Otoparts Tbk
DOI:
https://doi.org/10.32493/jitmi.v2i1.y2019.p18-26Keywords:
Diferensiasi, Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, Kinerja Perusahaan.Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk merancang ulang strategi keunggulan bersaing di PT.AstraOtoparts Tbk DivisiRetailShop& Drive. Populasi yang dipilih dalampenelitianiniadalah pelanggan yang melakukan transaksi di Shop & Drive area Jakarta. Sampelyangdiambilpada penelitian ini adalah 100 responden. Data kuesioner dikumpulkan dengan menggunakan skala likert 1 (tidaksetuju)sampai dengan 5 (sangat setuju). Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Jalur (Path Analysis) untuk mengetahui hubungan antar variabel. Untuk membuat strategi digunakan Analisa SWOT. Model dapat diterima dengan goodness of fit, yaitu Chi-Square=0.00, df=0, P-value=1.0000, RMSEA=0.000. Analisis kausal menunjukan bahwa diferensiasi, inovasi danorientasikewirausahaanberpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Sedangkan orientasi pasar tidak berhubungan dengan keunggulan bersaing perusahaan. Hubungan kausalitas ditunjukan variabel keunggulanbersaingdengankinerjaperusahaan. Strategi yang bisa diterapkan adalah pengembangan layanan, varian produk baru, garansi produk, dan perluasan jaringan.
Penelitian ini dilakukan untuk merancang ulang strategi keunggulan bersaing di PT.0Astra0Otoparts Tbk Divisi0Retail0Shop0& Drive. Populasi yang dipilih dalam0penelitian0ini0adalah pelanggan yang melakukan transaksi di Shop & Drive area Jakarta. Sampel0yang0diambil0pada penelitian ini adalah 100 responden. Data kuesioner dikumpulkan dengan menggunakan skala likert 1 (tidak0setuju)0sampai dengan 5 (sangat setuju). Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Jalur (Path Analysis) untuk mengetahui hubungan antar variabel. Untuk membuat strategi digunakan Analisa SWOT. Model dapat diterima dengan goodness of fit, yaitu Chi-Square=0.00, df=0, P-value=1.0000, RMSEA=0.000. Analisis kausal menunjukan bahwa diferensiasi, inovasi dan0orientasi0kewirausahaan0berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Sedangkan orientasi pasar tidak berhubungan dengan keunggulan bersaing perusahaan. Hubungan kausalitas ditunjukan variabel keunggulan0bersaing0dengan0kinerja0perusahaan. Strategi yang bisa diterapkan adalah pengembangan layanan, varian produk baru, garansi produk, dan perluasan jaringan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JITMI : Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, JITMI : Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.