Analisis Pengukuran Kinerja Menggunakan Balance Scorecard untuk Menentukan Key Performance Indicator Di PT Mulia Artha Anugerah

Authors

  • Wakhit Ahmad Fahrudin Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jitmi.v3i1.y2020.p15-23

Keywords:

Kinerja, Balance Scorecard, Key Performance Indicator

Abstract

Seiring dengan berjalanya beberapa tahun terakhir PT Mulia Artha Anugerah yang berdiri pada tahun 2017 telah mengalami peningkatan baik dari produksi maupun kinerja karyawanya. Untuk itu perusahaan yang bergerak dibidang minyak dan gas ini membutuhkan pengukuran kinerja dengan menggunakan metode balance scorecard (BSC) untuk mengetahui persentase key performance indicator (KPI) yang sebelumnya hanya menggunakan analisis laporan keuangan tiap tahunya. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk menentukan persentase kinerja kayawan dengan menggunakan balance scorecard sebagai alat ukur yang berbasis strategis dan bekesinambungan antara perusahaan dengan karyawan. Dalam penelitian ini menggunakan variabel diantaranya adalah prespektif keuangan, prespektif kepuasan pelanggan, prespektif bisnis internal serta perspektif pertumbuhan dan perkembangan. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner seluruh karyawan PT Mulia Artha Anugerah dari top manajemen sampai karyawan paling bawah. Hasil dari pengolahan data dengan beberapa indikator prespektif keuangan mempunyai rata-rata nilai sebesar 4,33 untuk prespektif  kepuasan pelangaan didapatkan nilai 4,33 prespektif bisnis internal mempunyai nilai 3,58 dan dilihat dari prespektif pertumbuhan dan perkembangan mempunyai nilai 3,82. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kinerja karyawan PT Mulia Artha Anugerah dilihat dari keempat prespektif diatas nilai rata-rata adalah 3,83 yang berarti cukup baik.

References

Ali, Mutasofiwin. (2002) Balanced Scorecard Tolak Ukur penilaian Pada Badan Usaha.†Jurnal Universitas Paramadina. Jakarta. Vol. 1 no 3.

Ancella, Hermawan. (1996). Balanced Scorecard sebagai Sarana Akuntansi

Abdullah, Ongki. (2009). Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Tolak Ukur Kinerja Pada RSUD Massenremlu. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNHAS Makasar.

Bastuti, S., Zulziar, M., & Suaedih, E. (2020). Analisis Postur Kerja dengan Metode OWAS (Ovako Working Posture Analysis System) dan QEC (Quick Exposure Checklist) untuk Mengurangi Terjadinya Kelelahan Musculoskeletal Disorders di PT. Truva Pasifik. JITMI Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri, 2(2), 116-125.

Hidayat, M. (2018). Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard Pada Pt. Bosowa Propertindo. 2(1), 92–112. https://doi.org/10.31219/osf.io/gdvq4

Imelda, (2014). Implementasi Balace Scorecard pada organisasi public. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol. 6. November 2004, pp.106-122

Kaplan, R. S., & David P. Norton. (1996). The Balanced Scorecard Translating Strategy into Action by Robert S. Kaplan, David P. Norton (z-lib.org).pdf.

Kasmir. (2010). Analisis laporan keuangan. Jakarta: Rajawali Pers

Mahsun, Mohamas. (2009). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE

Rangkuti Freddy, (2013). SWOT Balance Scorecard Teknik Menyusun Strategi Korporat yang Efektif plus Cara Mengelola Kinerja dan Rasiko, Jakarta, Gramedia.

Sugiyono. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Pustaka Baru

Widodo, I. (2011). Analisis Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard ( Studi Kasus Pada Perusahaan Mebel PT . Jansen Indonesia ).

Downloads

Published

2020-03-31

Issue

Section

Articles