Analisis Kelayakan Usaha Busana Muslim Melalui Aspek Teknis, Pemasaran dan Finansial di Umkm Moma Libas Taqwa
DOI:
https://doi.org/10.32493/jitmi.v3i1.y2020.p24-32Keywords:
Aspek Finansial, Aspek Pemasaran, Aspek Teknis, Aspek kelayakan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha Moma libas taqwa dari aspek non-finansial dan aspek finansial. Adapun analisis kelayakan non finansial dengan menganalisis aspek teknis dan pemasaran. Sedangkan analisis finansial dianalisis menggunakan Payback period (PP), Net Present Value (NPV), Break Even Point (BEP), dan Benefit Cost Ratio (BCR) dengan tingkat disconto factor 6%. Kelayakan usaha dari aspek teknis menunjukkan layak namun perlu menambah jumlah sumberdaya manusianya. Untuk aspek pemasaran Moma Libas Taqwa telah melakukan segmentasi, menentukan sasaran pasar, dan menempatkan usahanya dengan baik di pasar yaitu menargetkan kalangan wanita yang beragama Islam baik anak-anak, remaja, dan dewasa yang berdomisili di Kecamatan Taktakan, Kota Serang. Hasil analisa kelayakan dari aspek finansial menunjukkan usaha layak dijalankan dengan kriteria kelayakan yang menghasilkan Payback period (PP) selama 56 bulan, nilai Net Present Value (NPV) sebesar Rp 18.511.049, nilai Benefit Cost Ratio (BCR) 1,07 > 0, dan telah melampaui Break Even Point sebesar 515 pcs/tahun.
References
Aaker, D. A. (2013). Manajemen pemasaran strategis. Edisi kedelapan. Salemba Empat. Jakarta.
Abduh, Thamrin, 2017, Strategi Internasionalisasi UMKM, CV SAH MEDIA, Makasar.
Fathurohman, R., Bakar, A., & Fitria, L. (2014). Analisis Kelayakan Usaha Peternakan Burung Puyuh Di Daerah Pasir Kawung Cileunyi Kabupaten Bandung. Reka Integra, 2(3).
https://kemenperin.go.id/. 2016. Kemenperin Pacu Penumbuhan IKM Fesyen Muslim. Siaran Pers. https://kemenperin.go.id/artikel/15553/Kemenperin-Pacu-Penumbuhan-IKM-Fesyen-Muslim. Diakses 10 Oktober 2019.
Jakfar, Kasmir, 2016, Studi Kelayakan Bisnis, PT Kharisma Putra Utama, Jakarta
Kanaidi, 2015, Koperasi dan UMKM (tantangan dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan), Divisi Buku Manajemen Bisnis & pemasaran Politeknik Pos Bandung, Bandung.
Kembuan, P. C., Mananeke, L., & Soegoto, A. S. (2014). Analisis Segmentasi, Targeting Dan Positioning Pembiayaan Mobil Pada PT. Adira Dinamika Multifinance Tbk Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).
Pitoko, Ridwan Aji. 2018. Ekspor Produk Busana Muslim Ditarget Naik 10 Persen Tahun Ini. https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/23/053000626/ekspor-produk-busana-muslim-ditarget-naik-10-persen-tahun-ini. Diakses 10 Oktober 2019.
Siregar, G. 2015. Analisis kelayakan dan strategi pengembangan usaha ternak sapi potong. AGRIUM: Jurnal Ilmu Pertanian, 17(3).
Tjiptono, Fandy. 2019. Strategi Pemasaran. Penerbit : Andi Yogyakarta.
Wibowo, D. H., & Arifin, Z. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59-66.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JITMI : Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, JITMI : Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.