Analisis Kelayakan Usaha Busana Muslim Melalui Aspek Teknis, Pemasaran dan Finansial di Umkm Moma Libas Taqwa

Authors

  • Masnunah Masnunah Universitas Pamulang
  • Dyah Puspitasari Sunaryo Putri Universitas Pamulang
  • Ade Irawan Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jitmi.v3i1.y2020.p24-32

Keywords:

Aspek Finansial, Aspek Pemasaran, Aspek Teknis, Aspek kelayakan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha Moma libas taqwa dari aspek non-finansial dan aspek finansial. Adapun analisis kelayakan non finansial dengan menganalisis aspek teknis dan pemasaran. Sedangkan analisis finansial dianalisis menggunakan Payback period (PP), Net Present Value (NPV), Break Even Point (BEP), dan Benefit Cost Ratio (BCR) dengan tingkat disconto factor 6%. Kelayakan usaha dari aspek teknis menunjukkan layak namun perlu menambah jumlah sumberdaya manusianya. Untuk aspek pemasaran Moma Libas Taqwa telah melakukan segmentasi, menentukan sasaran pasar, dan menempatkan usahanya dengan baik di pasar yaitu menargetkan kalangan wanita yang beragama Islam baik anak-anak, remaja, dan dewasa yang berdomisili di Kecamatan Taktakan, Kota Serang. Hasil analisa kelayakan dari aspek finansial menunjukkan usaha layak dijalankan dengan kriteria kelayakan yang menghasilkan Payback period (PP) selama 56 bulan, nilai Net Present Value (NPV) sebesar Rp 18.511.049, nilai Benefit Cost Ratio (BCR) 1,07 > 0, dan  telah melampaui Break Even Point sebesar 515 pcs/tahun.

Author Biography

Masnunah Masnunah, Universitas Pamulang

Prodi Teknik Industri Universitas Pamulang

References

Aaker, D. A. (2013). Manajemen pemasaran strategis. Edisi kedelapan. Salemba Empat. Jakarta.

Abduh, Thamrin, 2017, Strategi Internasionalisasi UMKM, CV SAH MEDIA, Makasar.

Fathurohman, R., Bakar, A., & Fitria, L. (2014). Analisis Kelayakan Usaha Peternakan Burung Puyuh Di Daerah Pasir Kawung Cileunyi Kabupaten Bandung. Reka Integra, 2(3).

https://kemenperin.go.id/. 2016. Kemenperin Pacu Penumbuhan IKM Fesyen Muslim. Siaran Pers. https://kemenperin.go.id/artikel/15553/Kemenperin-Pacu-Penumbuhan-IKM-Fesyen-Muslim. Diakses 10 Oktober 2019.

Jakfar, Kasmir, 2016, Studi Kelayakan Bisnis, PT Kharisma Putra Utama, Jakarta

Kanaidi, 2015, Koperasi dan UMKM (tantangan dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan), Divisi Buku Manajemen Bisnis & pemasaran Politeknik Pos Bandung, Bandung.

Kembuan, P. C., Mananeke, L., & Soegoto, A. S. (2014). Analisis Segmentasi, Targeting Dan Positioning Pembiayaan Mobil Pada PT. Adira Dinamika Multifinance Tbk Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).

Pitoko, Ridwan Aji. 2018. Ekspor Produk Busana Muslim Ditarget Naik 10 Persen Tahun Ini. https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/23/053000626/ekspor-produk-busana-muslim-ditarget-naik-10-persen-tahun-ini. Diakses 10 Oktober 2019.

Siregar, G. 2015. Analisis kelayakan dan strategi pengembangan usaha ternak sapi potong. AGRIUM: Jurnal Ilmu Pertanian, 17(3).

Tjiptono, Fandy. 2019. Strategi Pemasaran. Penerbit : Andi Yogyakarta.

Wibowo, D. H., & Arifin, Z. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59-66.

Downloads

Published

2020-03-31

Issue

Section

Articles