PENERAPAN METODE MOVING AVERAGES, WEIGHTED MOVING AVERAGES DAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA TINGKAT PENJUALAN UMPAN PELET CAP WAYANG DI TOKO PANCING DOLFHIN
DOI:
https://doi.org/10.32493/jitmi.v3i1.y2020.p76-82Keywords:
WMA. MA, Eksponensial Smooting, pemasaranAbstract
Demi menjaga kepuasan pelanggan terhadap barang dagangannya, toko pancing dolphin selalu memberikan barang dagang yang terbaik dan stock yang selalu ada, tetapi kenyataan dilapangan menunjukan bahwa ada beberapa kali toko mengalami kekosongan stock dan beberapa kali mengalami penumpukan barang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model pemulusan eksponensial untuk satu tahun kedepan adalah 2311 bungkus dan mengunakan metode EOQ untuk mengetahui pemesanan optimum nya adalah 55 bungkus, dan kapan toko harus memesan ulang adalah ketika stock tersisa 46 bungkus. Kemudian meneliti analisa pasar untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap toko pancing dolphin menggunakan metode SWOT dimana strategi pemasaran berada pada kuadran 1. Diharapkan toko dapat menerapkan usulan dari peneliti dan mempertahankan strategi pasarReferences
Ardiansyah E, Firman (2013). Penjadwalan Produksi Menggunakan Pendekatan Theory Of Constraint Di Line Perakitan Sepeda Motor. Fakultas Teknik Universitas Stikubank Semarang.
Heizer, Jay, dan Barry Render. 2014. Manajemen Operasi. Edisi Kesebelas. Terjemahan oleh Kurnia Hirson, dkk. 2015. Jakarta: Salemba Empat.
Kurnia, D., Bastuti, S., & Istiqomah, B. N. (2018). Analisis Pengendalian Bahan Baku Pada Produk Tas Dengan Menggunakan Metode Material Requirements Planning (Mrp) Untuk Meminimalkan Biaya Penyimpanan Di Home Industry Amel Collection. Jitmi (Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri), 1(1), 22-28.
Gaspersz , Vincent. 2009. Production Planning and Inventori Control. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Erlangga, Jakarta
Makridakis,Wheelwright,Mcgee. 1999. Metode dan Aplikasi Peramalan. Binarupa Aksara,
Niko Wahyudi Saputra. 2014. Tugas Akhir Analisis Kepuasan Pelanggan. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.
Rangkuti Freddy. 2011. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.
Rangkuti Freddy. 2014. Analisa SWOT Teknik Pembedahan Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JITMI : Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, JITMI : Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.