Pengaruh Desain Interior Perpustakaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kenyamanan Pengguna Perpustakaan Universitas Tridinanti

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32493/jitmi.v3i2.y2020.p97-104

Keywords:

Desain Interior, Kualitas Layanan, Kenyamanan Pengguna, Regresi Linier Berganda, SPSS

Abstract

Ruang perpustakaan akan memberikan kenyamanan bagi pembaca  apabila didesain dengan memperhatikan kegunaan, keindahan, dan keserasian  ruang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ‘desain interior perpustakaan’ dan ‘kualitas pelayanan’ perpustakaan terhadap ‘kenyamanan pengguna’ perpustakaan Universitas Tridinanti Palembang. Populasi yang digunakan adalah seluruh pengguna perpustakaan Universitas Tridinanti Palembang. Sampel responden yang ditetapkan sebanyak 98 orang, tetapi jumlah pengembalian kuesioner dari responden sebanyak 81 sampel yang diteliti. Variabel desain interior perpustakaan(X1) dan kualitas pelayanan (X2) ditetapkan sebagai variabel bebas, sedangkan ‘kenyamanan pengguna’ perpustakaan (Y) sebagai variabel terikat. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda melalui Software SPSS 24. Hasil dari penelitian diketahui bahwa nilai F hitung dari persamaan regresi linier sebesar 82,102 dengan nilai signifikansi 0,000. Setelah dibandingkan dengan F table =  3,32 maka diperoleh hasil bahwa nilai F hitung 82,102  >  dari F  tabel 3,32. Sehingga ‘desain interior perpustakaan’ dan ‘kualitas pelayanan’ perpustakaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap ‘kenyamanan pengguna’ perpustakaan Universitas Tridinanti Palembang. Data penelitian ini juga memberikan nilai koefisien diterminasi (R Square) sebesar 0,681 artinya bahwa variabel desain interior dan kualitas layanan memiliki pengaruh terhadap kenyamanan pengguna perpustakaan Universitas Tridinanti Palembang sebesar 68,1%  , sedangkan sisanya 31,9 % merupakan variabel lain yang tidak diteliti.

Author Biography

Selvia Aprilyanti, universitas tridinanti palembang

program studi teknik industri

References

Anindita, T., & dan Syaputra, A. A. (2017). Analisis Pengaruh Kurs USD, Harga Batubara Acuan dan Volume Produksi terhadap Volume Ekspor pada PT. Bukit Asam (Persero)Tbk. Jurnal Manajemen Industri dan Logistik Volume 1 No.2 , 31-41.

Ayu, A., Zelzi, C., & Sainttyauw, d. J. (2015). Pengaruh Desain Interior Perpustakaan terhadap Kenyamanan Pengguna di Perpustakaan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.Jurnal Universitas Airlangga : Surabaya.

Hanafi, A. S., Almy, C., & dan Siregar, M. T. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen Industri dan Logistik Volume 2 Nomor 1 , 47 -56.

Kugler, C. (2007). Interior Design Considerations and Developing The Brief.Principal. Sydney: CK Design International.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riyanto, S. (2017). Statistik dengan Program IBM SPSS 24.0: Statistik untuk Pemula dan Contoh Riset Penelitian. Yogyakarta: PT. Leutika Nouvalitera.

Sedarmayanti. (2000). Tata Kerja dan Produktivitas kerja (Suatu Tinjauan dari aspek ergonomi atau kaitan antara manusia dengan lingkungan kerja). Bandung: CV. Mandar Maju.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Umar, H. (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2020-10-21

Issue

Section

Articles