Penyuluhan Motivasi Minat Siswa Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi - SMK FAJAR Ciseeng Bogor

Authors

  • Edi Mulyanto Universitas Pamulang
  • Jumino Jumino

DOI:

https://doi.org/10.32493/JLS.v3i2.p62-76

Abstract

Dari hasil investigasi lapangan di SMK FAJAR – Ciseeng Bogor, diketahui sebagian besar siswa yang berada di SMK Kelas 12 (yang akan lulus di tahun 2021),  mereka belum memiliki wacana atau alternatif untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Hal ini terdapat beberapa faktor,   : kondisi ekonomi orang tua dan  lingkungan. Faktor lingkungan dan pergaulan teman sebaya merupakan faktor yang dominan, karena setelah lulus SLTA langsung bekerjagai Supermarket,  Pertokoan dan Restauran  yang tersebar di wilayah Bogor  dan sekitarnya,  jika fenomena ini  dibiarkan  akan menjadi  tradisi  yang turun temurun.  PKM ( Pengabdian Kepada Masyarakat )  ini bertujuan untuk merubah paradigma  pada siswa  dengan  memberikan motivasi  dan dobrakan perubahan, diharapkan   dimasa yang akan datang  khususnya di wilayah Ciseeng – Bogor tidak  hanya lulus SLTA namun dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi, dengan  metode yang digunakan  yaitu penyuluhan  dan   berdiskusi  dengan para peserta. Kegiatan berjalan  dengan lancar dan mendapat tanggapan  positif dari Pimpinan SMK FAJAR dan terlihat bahwa siswa-siswi mengikuti dengan baik dan mereka nampak begitu antausias. Kegiatan ini dapat menjadi informasi berharga bagi siswa-siswi yang ternyata selama ini belum mereka dapatkan. Diharapkan kegiatan ini akan dapat merangsang mereka setelah lulus, untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi

References

Ahmadi, Abu. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amrizal, Ahmad (2013), Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional : http/slideshare .net/ahmadrizal/01 UU-no-20 tahu 2003 tentang-sistem-pendidikan nasional ( 12 Januari 2016 ).

Effendi Mujiono dan Mursillah. (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan kemandirian belajar dengan prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Multi Sciences 17-23

Goleman, Daniel. (2017). Emotional Intelligence. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kharisma, Nabila. (2015). Pengaruh Motivasi , Prestasi Belajar, Satatus Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap minat melanjutkan Pendidikan Ke Jenjang Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri Se Kota Semarang tahun ajaran 2014/2015. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Khodijah, Nyanyu. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi . Jakarta :

Rineka Cipta.

Sudirman .(2011). Interaksi dan Motivasi belajar mengajar. Jakarta Rajawali Pers.

Uno Hamzah, (2011). Teori Motivasi dan pengukuranya. Jakarta : Bumi Aksara.Sudirman .(2011). Interaksi dan Motivasi belajar mengajar. Jakarta Rajawali Pers

Downloads

Published

2021-10-15

How to Cite

Mulyanto, E., & Jumino, J. (2021). Penyuluhan Motivasi Minat Siswa Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi - SMK FAJAR Ciseeng Bogor. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 3(2), 62–76. https://doi.org/10.32493/JLS.v3i2.p62-76