Penyuluhan Motivasi Minat Siswa Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi - SMK FAJAR Ciseeng Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/JLS.v3i2.p62-76Abstract
Dari hasil investigasi lapangan di SMK FAJAR – Ciseeng Bogor, diketahui sebagian besar siswa yang berada di SMK Kelas 12 (yang akan lulus di tahun 2021), mereka belum memiliki wacana atau alternatif untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Hal ini terdapat beberapa faktor, : kondisi ekonomi orang tua dan lingkungan. Faktor lingkungan dan pergaulan teman sebaya merupakan faktor yang dominan, karena setelah lulus SLTA langsung bekerjagai Supermarket, Pertokoan dan Restauran yang tersebar di wilayah Bogor dan sekitarnya, jika fenomena ini dibiarkan akan menjadi tradisi yang turun temurun. PKM ( Pengabdian Kepada Masyarakat ) ini bertujuan untuk merubah paradigma pada siswa dengan memberikan motivasi dan dobrakan perubahan, diharapkan dimasa yang akan datang khususnya di wilayah Ciseeng – Bogor tidak hanya lulus SLTA namun dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi, dengan metode yang digunakan yaitu penyuluhan dan berdiskusi dengan para peserta. Kegiatan berjalan dengan lancar dan mendapat tanggapan positif dari Pimpinan SMK FAJAR dan terlihat bahwa siswa-siswi mengikuti dengan baik dan mereka nampak begitu antausias. Kegiatan ini dapat menjadi informasi berharga bagi siswa-siswi yang ternyata selama ini belum mereka dapatkan. Diharapkan kegiatan ini akan dapat merangsang mereka setelah lulus, untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggiReferences
Ahmadi, Abu. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Amrizal, Ahmad (2013), Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional : http/slideshare .net/ahmadrizal/01 UU-no-20 tahu 2003 tentang-sistem-pendidikan nasional ( 12 Januari 2016 ).
Effendi Mujiono dan Mursillah. (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan kemandirian belajar dengan prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Multi Sciences 17-23
Goleman, Daniel. (2017). Emotional Intelligence. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kharisma, Nabila. (2015). Pengaruh Motivasi , Prestasi Belajar, Satatus Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap minat melanjutkan Pendidikan Ke Jenjang Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri Se Kota Semarang tahun ajaran 2014/2015. Skripsi Universitas Negeri Semarang.
Khodijah, Nyanyu. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi . Jakarta :
Rineka Cipta.
Sudirman .(2011). Interaksi dan Motivasi belajar mengajar. Jakarta Rajawali Pers.
Uno Hamzah, (2011). Teori Motivasi dan pengukuranya. Jakarta : Bumi Aksara.Sudirman .(2011). Interaksi dan Motivasi belajar mengajar. Jakarta Rajawali Pers
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.