Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Kelas Pendampingan Literasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 SD Negeri 1 Sobo

Authors

  • Ayunda Permatasari University of Muhammadiyah Semarang
  • Novi Yuliyanti University of Muhadi Setiabudi
  • Zulfa Nur Isnaini Islamic University of Sultan Agung Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JLS.v4i1.p15-26

Keywords:

Pendampingan Literasi, membaca

Abstract

Kegiatan Kelas Pendampingan Literasi ini terbentuk setelah Tim Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 melakukan observasi dan analisis situasi atas persetujuan guru SD Negeri 1 Sobo. Tim Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 mengadakan Kelas Pendampingan Literasi, program ini menyasar kepada mahasiswa yang mengalami kesulitan belajar khususnya di bidang literasi. Siswa dikelompokkan kedalam beberapa kategori berdasarkan kemampuan membaca siswa yang dilihat saat pretest membaca. Program ini dilaksanakan selama 4 bulan sejak September 2021 lalu. Metode pelaksanaan kegiatan ini berupa kegiatan pendampingan siswa. Pelaksanaan pendampingan dilakukan selama 30 menit kegiatan pelatihan membaca, pembiasaan membaca, dan pembahasan isi cerita sebelum kegiatan pembelajaran di kelas dimulai. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan membaca siswa SD Negeri 1 Sobo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok Beginner mengalami penurunan jumlah siswa, dari 11 siswa menjadi 6 siswa. Pada kelompok Intermediete terjadi peningkatan jumlah siswa dari 11 siswa menjadi 16 siswa. Sedangkan kelompok Advance juga mengalami peningkatan dari 19 siswa menjadi 25 siswa.
Kata-kata kunci: Kelass Pendampingan Literasi; Kampus Mengajar Angkatan; SD Negeri 1 Sobo; Literasi; Kemampuan Membaca

Author Biography

Ayunda Permatasari, University of Muhammadiyah Semarang

English Literature

References

A National Investment in Literacy. Retrieved January 29, 2022, from https://www.edc.org/national-investment-literacy

BPS-RI, Susenas 2003-2017 Kenaikan Angka Buta Huruf. Retrieved January 30, 2022, from https://www.bps.go.id/indicator/20/102/1/persentase-penduduk-buta-huruf.html

CIA. (2021). Field Listing-Literacy. Retrieved January 30, 2022, from https://www.cia.gov/the-world-factbook/field/literacy/

Mirna. (2019). Anak Terlambat Membaca Bantu Dia dengan Cara Ini. Retrieved January 29, 2022, from

https://www.appletreebsd.com/anak-terlambat-membaca-bantu-dia-dengan-cara-ini/

Setyawan, Ibnu Aji. (2018). Kupas Tuntas Jenis dan Pengertian Literasi. Online: gurudigital.id

UNESCO (2021). Literacy. Retrieved January 29, 2022, from

https://en.unesco.org/themes/literacy-all

Downloads

Published

2022-05-23

How to Cite

Permatasari, A., Yuliyanti, N., & Isnaini, Z. N. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Kelas Pendampingan Literasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 SD Negeri 1 Sobo. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 4(1), 15–26. https://doi.org/10.32493/JLS.v4i1.p15-26