Penyuluhan Gizi Seimbang di POSYANDU Sakura di Desa Gunung Sulah Kota Bandar Lampung

Authors

  • Christine Angelina
  • Ida Maya Meika
  • Indah Islaila
  • Kurnia Rama
  • Novita Sari
  • Trisia Dira

DOI:

https://doi.org/10.32493/JLS.v4i2.p%25p

Abstract

Pengetahuan tentang gizi sangat erat kaitannya dalam menentukan derajat kesehatan masyarakat. Untuk meningkatkan pengetahuan diperlukan penyuluhan secara langsung kepada ibu-ibu posyandu di desa Gunung Sulah Kota Bandar Lampung. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini untuk memberikan penyuluhan terkait gizi seimbang kepada ibu-ibu posyandu. Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu penyuluhan dengan metode ceramah. Dengan rincian Balita yang hadir dalam kegiatan penyuluhan yaitu dengan rentang usia 1-59 bulan dan 1-5 tahun dengan rincian sebanyak 4 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Dari hasil penyuluhan yang telah kami laksanakan terdapat peningkatan pengetahuan setelah dilakukannya kegiatan tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat di Posyandu Sakura Gunung Sulah, Bandar Lampung dengan metode ceramah cukup efektif untuk dilakukan, peserta yang hadir cukup antusias dalam mendengarkan penyuluhan yang diberikan, serta terlibat aktif dalam melakukan diskusi dan tanya jawab seputar gizi seimbang. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat yang telah kami laksanakan adalah kedelapan responden telah memahami konsep dari gizi seimbang. Saran untuk semua responden kami berharap responden dapat memberikan asupan gizi yang baik untuk keluarganya terkhususnya untuk Balita.

References

SumberBPOM RI. 2013. “Pedoman Pangan Jajanan Anak Sekolah Untuk Pencapaian Gizi Seimbang.†Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia 1–23.

Pratami, Tessanika Juniar, Laksmi Widajanti, and Ronny Aruben. 2016. “Hubungan Penerapan Prinsip Pedoman Gizi Seimbang Dengan Status Gizi Mahasiswa S1 Departemen Ilmu Gizi.†Jurnal Kesehatan Masyarakat 4(4):561–70.

Kemenkes RI. 2018. “Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018.†Kementrian Kesehatan RI 53(9):1689–99.

Downloads

Published

2022-10-25

How to Cite

Angelina, C., Meika, I. M., Islaila, I., Rama, K., Sari, N., & Dira, T. (2022). Penyuluhan Gizi Seimbang di POSYANDU Sakura di Desa Gunung Sulah Kota Bandar Lampung. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 4(2), 54–59. https://doi.org/10.32493/JLS.v4i2.p%p