Pelatihan Vokasional (Packaging, Labeling Dan Marketing) Sebagai Upaya Peningkatan Produktifitas Bagi Pelaku UMKM

Authors

  • Wiwik Damayanti Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung
  • Nur Alfi Khotamin
  • Ajib Ajib

DOI:

https://doi.org/10.32493/JLS.v5i2.p1-10

Abstract

Menurunnya produktifitas UMKM di Lampung  Timur pasca pandemi covid-19 mengakibatkan banyak UMKM yang menginginkan perubahan guna mengembalikan dan bahkan meningkatkan produktifitas pelaku UMKM, Tujuan dari pengabdian yang sedang dilakukan ini adalah memberikan dampingan  bagi pelaku UMKM agar dapat meningkatkan produktifitasnya melalui vokasi dalam hal Packaging, Labeling Dan Marketing. Pengabdi menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development), pengabdi menilai pelaku UMKM mempunyai potensi untuk dapat meningkatkan produktifitasnya melalui metode Packaging, Labeling Dan Marketing yang lebih baik. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa pelaku UMKM telah dapat memahami dan dapat mempraktikkan metode-metode Packaging, Labeling Dan Marketing. Komunitas UMKM ini masih perlu adanya monitor dari stakeholder agar peningkatan produktifitasnya terus naik. Sehingga pihak-pihak terkait seperti pemerintah daerah, lembaga keuanga, DPRD juga pihak-swasta yang konsen dalam pemberdayaan UMKM untuk terus menijau keberlangsungannya.

 

Kata Kunci: Vokasional (Packaging, Labeling Dan Marketing), Produktifitas UMKM

References

Daftar Pustaka

Chirstopher Dureau, “Pembaru Dan Kekuatan Lokal Untuk Pembangunan,†Community Development and Civil Society Strengthening Scheme (ACCESS), Agustus 2013, 96–97.

Fachriyan, H. A., Jamhari, J., Irham, I., & Waluyati, L. R. (2021). Perubahan Traditional Marketing Mix (4P) di dalam E-Marketplace dan Dampaknya pada Keunggulan Posisional Bersaing UMKM Pangan. AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 16(2).

Fitriani, Y., Suroso, B. U., & Puspawati, A. A. (2020). Analisis Implementasi Pilar Penumbuhkembangan Usaha Produktif Di Desa Migran Produktif (Desmigratif) Jepara Kabupaten Lampung Timur. In Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) Tahun 2020 (pp. 490-498).

https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/2939/dukungan-pemerintah-bagi-umkm-agar-pulih-di-masa-pandemi, di akses tanggal 25 Agustus 2021

https://www.kupastuntas.co/2021/04/19/selama-pandemi-covid-19-omset-pelaku-umkm-di-lampung-timur-turun-50-persen

Leovita, A., & Fauzi, D. (2021). Penyuluhan Peningkatan Kualitas Packaging Produk Pada Umkm Serambi Milk Padang Panjang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dewantara, 4(1).

Lusianingrum, F. P. W., Purbohastuti, A. W., & Hidayah, A. A. (2021). Pelatihan labeling kemasan produk UMKM mitra binaan Posyantek Al-Ikhlas. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 624-632.

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Damayanti, W., Khotamin, N. A., & Ajib, A. (2023). Pelatihan Vokasional (Packaging, Labeling Dan Marketing) Sebagai Upaya Peningkatan Produktifitas Bagi Pelaku UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.32493/JLS.v5i2.p1-10