Nilai-Nilai Karakter Dan Implementasi Melalui Pendidikan Kepramukaan Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Karakter

Authors

  • Ruli Hardi Universitas Pamulang
  • Alinurdin Alinurdin Universitas Pamulang
  • Mas Fierna Janvierna Lusie Putri Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JLS.v5i2.p35-44

Abstract

Di era globalisasi saat ini kemajuan teknologi dan digital yang sangat pesat, tentunya memberikan dampak positif dan negatif. Tentunya dampak ini perlu disekapi dengan serius dan focus, terutama dampak negatif yang akan berakibat tidak baim terhadap peserta didik. Untuk itu diperlukannya pendidikan yang lebih memfokuskan kepada karakter peserta didik. Pendidikan kepramukaan salah satu yang bias menjadi salah satu pendidikan di sekolah yang dapat membentuk karakter peserta didik. Untuk itu kami sebagai dosen melaksankan p[engabdian selain sebagai tri darma perguruan tinggi, pengabdian ini dilaksanakan di SMAN 1 Kota Tangerang selatan dengan tujuan ining mengimplementasikan inilai-nilai karakter melalui pendidikan kepramukaan sebagai upaya penguatan karakter peserta didik, dimana metode pengabdian ini dengan memebrikan penyuluhan dan kegiatan kepramukaan di sekolah SMAN 1 Kota Tangerang selatan. Hasil dari pengabdian ini diharapkan peserta didik memilik karakter yang baik yang tentunya diharapakan dalam pergaulan peserta didik memiliki karakter yang kuat di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat serta mengimplemntasinya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pendidikankepramukaan di sekolah tentunya diharpakan pserta didik memiliki karakter  dan dapat mengimplemtasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Kepada pihak sekolah, guru dan orangtua tentunya terus mendukung, memotivasi anakanya dalam kegiatan positif baik disekolah mauapun di luar sekolah.

 

Kata-kata kunci: NIlai-nilai karakter 1; Imlementasi 2; Kepramukaan 3

References

Asmani, J. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Bass, H dan Hodgson, B. R. (2003). A Message of Congratulation On Behalf of The International Commission on Mathematical Instruction. Journal of The Korea Society of Mathematical Education Series D. 7 (2): 69-72.

DR. Jusdin Pulhulawa, M.Si dkk, Penanaman Karakter Peserta Didik Di SMA negeri I Dulupi, Kabupaten Boalemo: 2019 (1-22)

Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books

Edi Rohendi, Pendidikan Karakter di Sekolah, Jurnal Eduhumaniora, Jurnal Pendidikan dasar Universitas Pendidkan Indonesia, Bandung, Vol 15, No 1 Januari 2011

http://pramuka.ukm.um.ac.id/tujuan-kepramukaan/

https://almasoem.sch.id/pengertian-tujuan-dan-fungsi-gerakan-pramuka-sebagai-ekstrakulikuler-pendidikan-karakter-siswa/

https://fpscs.uii.ac.id/wp-content/uploads/2017/12/Pramuka-Indonesia.pdf

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Hardi, R., Alinurdin, A., & Lusie Putri, M. F. J. (2023). Nilai-Nilai Karakter Dan Implementasi Melalui Pendidikan Kepramukaan Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 5(2), 35–44. https://doi.org/10.32493/JLS.v5i2.p35-44