Sosialisasi Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2022 Mengenai Kurikulum Merdeka Bermuatan Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Sri Utami Ningsih Universitas Pamulang
  • Akhirudin Akhirudin
  • Hendri Hendri
  • Shella Rachmawaty

DOI:

https://doi.org/10.32493/JLS.v5i2.p19-26

Abstract

Merdeka belajar merupakan kurikulum yang dikembangkan oleh Kemendikbud yang pada dasarnya kurikulum ini diberlakukan dengan untuk memberikan kebebasan kepasa peserta didik dalam menentukan minat dan kemampuan yang dimilikinya. Pendidikan yang sejatinya merupakan proses belajar dalam dunia pendidikan tentunya perubahan kurikulum merupakan hal yang perlu dilakuakan, terlebih kurikulum sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari kegiatan pengabdian kali ini yakni untuk memberikan edukasi serta pemahaman baik kepeda guru dan peserta didik terkait dengan kurikulum merdeka bermuatan prodil pelajar Pancasila. Metode kegiatan yang dilakukan yakni menggunakan metode direct intructin kemudian diskusi tanya jawab. Sedangkan metode  dalam jurnal kali ini menggunakan metode  studi literatur dan observasi. Hasil yang didapatkan yakni bahwa kebijakan terkait kurikum merdeka bermuatan profil pelajar Pancasila harus segera di sosialisasikan kepada seuruh intansi pendidikan baik jenjang pendidikan dasar, menengah dan tinggi, kemudian pemerintah juga harus lebih fokus untuk mensosialisasikan terkait dengan kurikulum merdeka ini tidak hanya di sekolah perkotaan saja namun sekolah dipedesaan harus diperhatikan lebih. Dengan di terapkannya kurikulum merdeka bermuatan profil pelajar Pancasila tujuan pendidikan secara nasila dapat tercapai dan berjalan sebagaimana mestinya

References

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.

Faiz, A., & Purwati, P. (2021). Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan General Education. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 649-655.

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 236-243.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis kurikulum merdeka dalam mengatasi learning loss di masa pandemi Covid-19 (analisis studi kasus kebijakan pendidikan). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150-5161.

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021, May). Pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan Pelajar Pancasila. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Mariati, M. (2021, August). Tantangan pengembangan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka di perguruan tinggi. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 749-761).

Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar†di era society 5.0. Santhet:(Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora), 5(1), 66-78.

Muslim, A. (2022). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40.

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639-3648.

Pratikno, Y., Hermawan, E., & Arifin, A. L. (2022). Human Resource ‘Kurikulum Merdeka’from Design to Implementation in the School: What Worked and What not in Indonesian Education. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 7(1), 326-343.

Rahardja, U., Dewi, E. R., Supriati, R., Santoso, N. P. L., & Khoirunisa, A. (2022). Pengabdian Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Studi Teknik Informatika S1 Universitas Raharja. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 16-24.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613-3625.

Sari, Z. A. A., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Nasihin, N., & Hasanudin, H. (2022). Wayang Sukuraga: Media Pengembangan Karakter Menuju Profil Pelajar Pancasila. Jurnal basicedu, 6(3), 3526-3535.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258.

Suryaman, M. (2020, October). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (Vol. 1, No. 1, pp. 13-28).

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 155-167.

Zuriah, N., & Sunaryo, H. (2022). Konstruksi Profil Pelajar Pancasila dalam Buku Panduan Guru PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Civic Hukum, 7(1).

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Ningsih, S. U., Akhirudin, A., Hendri, H., & Rachmawaty, S. (2023). Sosialisasi Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2022 Mengenai Kurikulum Merdeka Bermuatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 5(2), 19–26. https://doi.org/10.32493/JLS.v5i2.p19-26