Pelatihan Penggunaan Website Wordwall Sebagai Sarana Assessment Bagi Guru di SMP Negeri 26 Palembang

Authors

  • Imanda Restaviana Restaviana Universitas Sriwijaya
  • Alfiandra Alfiandra
  • Cindy Aisyah Pragista
  • Jumiati Sari
  • Fathur Al-Athur
  • Hartoni Hartoni

DOI:

https://doi.org/10.32493/JLS.v5i2.p78-95

Keywords:

Pelatihan, Wordwall, Assessment

Abstract

Proses penilaian yang dilakukan guru masih menjadi hal yang menakutkan bagi peserta didik, menangani kasus tersebut, peneliti memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi guru dengan melaksanakan pelatihan media penilaian wordwall.Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan yang dimiliki guru dalam memberikan penilaian kepada peserta didik dengan cara yang kreatif dan inovatif. Adapun tiga siklus yang dilakukan pada pelatihan yaitu; 1) Siklus pelatihan; 2) Siklus Pembimbingan; dan 3) Siklus Penerapan. Pada siklus pelatihan terdapat 20 guru yang mengikuti kegiatan, lalu 5 guru menjadi sampel untuk siklus penerapan. Metode yang digunakan yaitu metode observasi dan dokumentasi. Adapun hasil dari pelatihan ini yakni berdasarkan tabel indikator penilaian yang dibuat observer untuk mengukur ketercapaian tujuan dari pelatihan ini yaitu 3,6 dari 4 nilai total keseluruhan. Dengan nilai yang diperoleh dari hasil observasi maka ini termasuk dalam kategori sangat baik. Maka kesimpulan dari terlaksananya kegiatan pelatihan asesmen wordwall yaitu guru dapat merancang, membuat, dan menerapkan wordwall dalam pembelajaran serta peserta didik ikut serta berkonstribusi dalam proses penerapan wordwall .

 

Kata-kata kunci: Pelatihan; dinding kata; Penilaian 

Author Biography

Imanda Restaviana Restaviana, Universitas Sriwijaya

Mahasiswa

References

Daftar Pustaka

A. Muri Yusuf. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Prendamedia Group.

Aidah, N., & Nurafni, N. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Di Sdn Ciracas 05 Pagi. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2), 161–174. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14133

Fakhruddin, A., No, U., Nasional, S. P., Sisdiknas, U. U., Yang, T., & Esa, M. (2014). Urgensi pendidikan nilai untuk memecahkan problematika nilai dalam konteks pendidikan persekolahan. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim Vol. 12 No. 1 - 2014, 12(1), 79–96.

Hidayaty, A., Qurbaniah, M., & Setiadi, A. E. (2022). Pengaruh Media Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar The Influence of Wordwall on Students Interests and Learning Outcomes. 15(x), 1–10.

Iskandar, D. (2022). Integration of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Learning Methods in The Learning Management System as An Effort to Improve Educator Competence. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(3), 389–399. https://doi.org/10.21009/jtp.v24i3.31773

Janawi. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68–79.

Maghfiroh, K., Roudlotul, M. I., & Semarang, H. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jpk, 4(1), 64–70. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Rohmatunnisa, A. (2022). PENGARUH APLIKASI WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MENYIMAK TEKS BIOGRAFI DI SMAS TRIGUNA UTAMA TAHUN PELAJARAN 2021/2022.

Rusnawati, R. (2015). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memotivasi Minat Belajar Siswa Pada SMAN 1 Leupung. Intelektualita, 3(20), 40.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Restaviana, I. R., Alfiandra, A., Pragista, C. A., Sari, J., Al-Athur, F., & Hartoni, H. (2023). Pelatihan Penggunaan Website Wordwall Sebagai Sarana Assessment Bagi Guru di SMP Negeri 26 Palembang. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 5(2), 78–95. https://doi.org/10.32493/JLS.v5i2.p78-95