Membangun Generasi Milenial yang Cinta Tanah Air Melalui Potensi Profesi dan Wirausaha

Authors

  • Fika Rahmanita PAMULANG UNIVERSITY
  • Jeni Andriani Pamulang University
  • Cornelia Dumarya Manik Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JLS.v2i1.p25-36

Keywords:

cinta tanah air, profesi, kewirausahaan

Abstract

Pulau Untung Jawa menjadi destinasi wisata memberikan peluang berwirausaha bagi warga sekitar. Oleh karena itu sebaiknya dilakukan sosialisasi mengenai nilai-nilai kewirausahaan dan cinta tanah air pada masyarakat sekitar Pulau Untung Jawa. Pengabdian ini bertujuan untuk membangun generasi milenial yang cinta tanah air melalui potensi profesi dan kewirausahaan. Metode pengabdian masyarakat ini berupa penyuluhan kepada 50 remaja di Pulau Untung Jawa. Hasil pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman remaja tentang rasa cinta tanah air melalui potensi profesi dan wirausaha. Hal ini terlihat pada peningkatan hasil post-test yaitu 84,2 dibandingkan dari pre-test sebesar 74,6. Pengabdian masyarakat ini dilanjutkan dengan memberikan pelatihan pembuatan kerajinan tangan. Namun, dari 50 peserta kegiatan pelatihan, terdapat 47 peserta telah mengikuti pelatihan dengan baik. Sedangkan 3 peserta lainnya, masih belum menyelesaikan proses pembuatan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Saran dari kegiatan ini, pengabdian lanjutan dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan manajerial, marketing, dan pelaporan keuangan usaha yang dilakukan masyarakat.

References

Andrew J. DuBrin. 2008. Essentials of Management. South Western Educational Publishing

Kusnandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Megawati, E., & Megawanti, P. (2019). Edukasi Gerakan Sekolah dan Penanaman Cinta Tanah Air dalam Menghadapi Era Revolusi Disrupsi 4.0 Pada Anggota Yayasan Bina Utama Melati. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 25(1), 13-19.

Nursyifa, A. (2018). Kajian Cultural Lag dalam Kehidupan Masyarakat Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Pada Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 1-24.

Sunarso, et., al. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNY Press.

Zimmerer, Thomas W & Scarborough, Norman M.(2008). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil (Edisi 5). Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2020-08-06

How to Cite

Rahmanita, F., Andriani, J., & Manik, C. D. (2020). Membangun Generasi Milenial yang Cinta Tanah Air Melalui Potensi Profesi dan Wirausaha. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(1), 25–36. https://doi.org/10.32493/JLS.v2i1.p25-36