Penyuluhan Manajemen Waktu Melatih Kedisiplinan Anak-Anak Didik Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Tangerang Selatan

Authors

  • jumino jumino Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JLS.v2i1.p37-46

Keywords:

Manajemen Waktu, Perubahan, Kedisiplinan

Abstract

Kedisiplinan merupakan sikap yang penting untuk dibiasakan sejak  dini. Namun permasalahannya ketika anak-anak menginjak masa remaja kedisiplinan diri sudah mulai berkurang, padahal kediplinan bagian dari penanaman nilai-nilai karakter sehingga anak dapat mengatur dirinya sendiri. Oleh karena itu diperlukan  perubahan paradigma anak-anak untuk mau bergerak dan mempunyai niat  melakukan perubahan diri kearah yang lebih baik, maka dari itu diperlukan penyuluhan tentang manajemen waktu. Tujuan pengabdian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada siswa agar dapat menumbuhkan sikap disiplin yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Metode pengabdian ini berupaya penyuluhan kepada anak-anak di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah berjumlah 50 peserta.  Hasil pengabdian kepada masyarakat ini adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap kedisiplinan diri, hal itu dapat dibuktikan dengan adanya perubahan dalam keseharian siswa setelah adanya kegiatan ini. Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini, hal ini dapat dilihat dari implementasi pengabdian masyarakat ini siswa dapat membuat jadwal untuk membiasakan disiplin, dan dengan kediplinan siswa termotivasi untuk dapat meraih kesuksesan dimasa depan.  

References

Abdurahman, A. (2018). Budaya Disiplin dan Ta’zir Santri di Pondok Pesantren. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 10(1), 29-57.

Afiati, N. S. (2018). Kualitas Kehidupan Sekolah dan Disiplin pada Santri Pondok Pesantren. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(1), 15-28.

Silmi, I. (2018). Pembentukan Karakter Mandiri dan Disiplin pada Santri Asrama Peguruan Islam Pondok Pesantren Salaf Al-Anwar Bogangin Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas. (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Tho’iin, R. (2019). Upaya penegakan disiplin santri pondok pesantren Assalam Bangilan Tuban (perspektif bimbingan konseling islam) (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Downloads

Published

2020-08-06

How to Cite

jumino, jumino. (2020). Penyuluhan Manajemen Waktu Melatih Kedisiplinan Anak-Anak Didik Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Tangerang Selatan. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(1), 37–46. https://doi.org/10.32493/JLS.v2i1.p37-46