Metode Pengajaran Komunikatif Sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Bagi Siswa Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.32493/JLS.v2i1.p1-14Keywords:
Metode komunikatif, pembelajaran bahasa, pengajaran bahasa anak usia diniAbstract
Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan materi dasar bahasa Indonesia dan Arab bagi siswa usia dini di TPQ Al-Hidayah. Pembelajaran materi bahasa Indonesia dan Arab ini berkaitan dengan salah satu program yang ingin dirintis oleh TPQ ini, yaitu pengajaran bahasa Indonesia dan Arab bagi para siswa. Pengajaran bidang kebahasaan ini berangkat dari adanya kesadaran para tenaga pengajar akan potensi kebahasaan anak yang dapat dikembangkan. Potensi kebahasaan ini adalah bahasa Arab. Hal ini dikarenakan para siswa sebelumnya sudah bersentuhan dengan bahasa Arab dalam rutinitas kesehariannya, yaitu melalui kegiatan membaca Iqra ataupun Alquran. Namun, di sisi lain, TPQ ini mengalami kendala, yaitu tidak adanya sumber daya manusia yang mumpuni untuk merealisasikan program pengajaran bahasa tersebut, serta bagaimana metode pengajaran bahasa yang tepat untuk diterapkan kepada anak usia dini. Maka dari itu, tim Abdimas mencoba memberikan solusi atas kegelisahan para tenaga pengajar dengan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mengusung tema “Pelatihan materi dasar bahasa Indonesia dan Arab di TPQ Al-Hidayahâ€. Proses pengajaran dilakukan dengan metode yang telah disesuaikan dengan tahap perkembangan kognitif anak usia dini, yaitu metode pengajaran komunikatif melalui kegiatan bernyanyi. Hal ini akan mempermudah anak untuk memproses materi bahasa yang sedang disampaikan.
References
Abbas. (2016). Peningkatan Keterampilan Bercakap Bahasa Inggris Tk/TPA di Kabupaten Takalar. 1(1), 40–46.
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.68
Chaer, A. (2015). Psikolinguistik: Kajian Teoretik (L. Agustina, ed.). PT Rineka Cipta.
Deiniatur, M. (2017). Pembelajaran Bahasa Pada Anak Usia Dini Melalui Cerita Bergambar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 190. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.882
Fitri, A. (2018). Strategi belajar bahasa anak. Ilmiah Pendidikan Dan Sastra Indoesia, 4(1), 22–32.
Hasan. (2016). Media musik (lagu) dalam pembelajaran bahasa Arab tingkat MI. Jurnal Ilmiah Al-Kalam, 9(17), 55–74.
Kementrian Agama Republik Indonesia. (2012). Analisis dan Interpretasi Data pada Pondok Pesantren , Madrasah Diniyah ( Madin ), Taman Pendidikan Qur ’ an ( TPQ ) Tahun Pelajaran 2011-2012. 68–106.
Khairani, A. I. (2016). Pendidikan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Digilib.Unimed.Ac.Id. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/448
Lust, B. (2006). Child Language: Acquisition and Growth (New York). Cambridge University Press.
Malik, H. A. (2013). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran (Tpq) Alhusna Pasadena Semarang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 13(2), 387–404. https://doi.org/10.21580/DMS.2013.132.60
Purwanto, N. J. (2018). Lagu Sebagai Media Pembelajaran Tata Bahasa Arab (Nahwu). Maharat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.18196/mht.111
Rabawati, K., Sutama, M., & Gosong, M. (2013). Penerapan Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesiasiswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Denpasar. 2, 11.
Roshonah, H. dan A. F. (2017). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ujaran Anak Usia 4- 5 Tahun Melalui Metode Qiraati ( Di RA Raudhatul Muthmainnah , Cikarang Barat , Bekasi ). Yaa Bunayya Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 47–52.
Taufiqurrochman, H. . (2007). Belajar bahasa arab melalui lagu.
Widyahening, E. tri, & Ma’fiah, I. (2019). Penggunaan Media Word Webs Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris di SDN 01 Suruh Tasikmadu Karanganyar. Adiwidya, 3(2), 50–59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.