Pelatihan Dasar Public Speaking Untuk Mengembangkan Keterampilan Penyampaian Informasi dan Kepercayaan Diri Bagi Siswa Tunarungu

Authors

  • Bunga Asriandhini Universitas Amikom Purwokerto
  • Merliana Nur Khasidah Universitas Amikom Purwokerto
  • Pramudita Nugraha Adi Kristika Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.32493/JLS.v2i2.p71-84

Keywords:

Public Speaking, Pelatihan, Tunarungu

Abstract

Public Speaking adalah bagian dari soft skill yang mengajarkan mengenai keterampilan berbicara di depan umum.  Bagi siswa tunarungu yang memiliki cara khas dalam berkomunikasi, yaitu menggunakan bahasa isyarat, public speaking juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuannya menyampaikan pesan/informasi kepada orang lain baik di lingkungan komunitasnya maupun di lingkungan sosial terbuka ketika mereka terjun ke masyarakat bahkan dalam dunia kerja. Berbasis pada kebutuhan keterampilan penyampaian informasi siswa tunarungu yang disampaikan pihak SLB B Yakut Purwokerto, dosen dan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Purwokerto menyelanggarakan pelatihan dasar public speaking untuk siswa tunarungu.  Hasil evaluasi yang didapatkan, melalui pelatihan public speaking dengan metode story telling, siswa mengalami peningkatan dalam cara penyampaian informasi terlebih di depan audiens serta peningkatan rasa percaya diri. Siswa tunarungu perlu sering berlatih public speaking secara berkesinambungan agar keterampilan menyampaikan pesan meningkat juga terbiasa berkomunikasi di depan umum, sehingga pada muaranya akan membentuk konsep diri positif dan mendorong eksistensinya dalam masyarakat.

References

Hojanto, O. (2016). Public Speaking Mastery. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mulyana, D. (2019). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Noer, M. (2017). Mengasah Kemampuan Public Speaking. Diambil dari presentasi Net Website https://www.presentasi.net/author/noerpressadm/

Rakhmat, J. (2019). Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sirait, C. B., Sirait, B. (2016). The Power Of Public Speaking. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Tubbs, S. L., Moss, S. (2012). Human Communication Prinsip-Prinsip Dasar (Edisi Bahasa Indonesia). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Turistiati, A. T., & Ramadhan, H. F. A. (2019). Pelatihan Soft Skills Dan Pendampingan Siswa-Siswi SMK Di Kota Bogor Untuk Persiapan Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 1-8.

Undang-undang No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

Undang-undang Disabilitas No.8 Tahun 2016.

Wakhyudi, Y. (2019). Kiat Praktis Kuasai Public Speaking, Tips dan Trik Berbicara di Depan Umum dengan Asyik dan Memukau. Yogyakarta: Checklist.

Helen Keller Biography. Retrieved From https://www.afb.org/about-afb/history/helen-keller/biography-and-chronology/biography

Downloads

Published

2020-12-26

How to Cite

Asriandhini, B., Khasidah, M. N., & Adi Kristika, P. N. (2020). Pelatihan Dasar Public Speaking Untuk Mengembangkan Keterampilan Penyampaian Informasi dan Kepercayaan Diri Bagi Siswa Tunarungu. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(2), 71–84. https://doi.org/10.32493/JLS.v2i2.p71-84