Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Syaeful Bakhri IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Vuvut Futiah IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32493/JLS.v2i2.p59-70

Keywords:

Limbah Ban, UMKM, Teknologi Digital, Covid-19

Abstract

Tujuan kegiatan pendampingan ini adalah sebagai respon atas temuan kebiasaan baru pelaku UMKM di era digital sekaligus di era pandemi Covid-19 yang berdampak pada diberlakukannya peraturan pembatasan sosial, sehingga perlu diupayakan penciptaan kebiasaan bisnis baru yang unggul dan kompetitif salah satunya adalah terkait manajemen pemasaran produk yang dilakukan melalui teknologi digital. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah menggunakan metode Participation Action Research (PAR) yang mana dalam pelaksanaanya dilakukan melalui metode pendekatan secara partisipasif, kemudian diimplementasikan ke dalam sebuah aksi. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan cara pendampingan produksi limbah ban karet pada kelompok pengrajin UMKM serta pembuatan sarana marketing melalui digital marketing berbasis sosial media. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini, kelompok UMKM memiliki label produk dan sekaligus memiliki sarana marketing yang bervariasi berbasis media sosial seperti Instagram, Youtube, dan Facebook yang dilakukan melalui teknologi digital. Strategi ini secara langsung mampu meningkatkan dan mengembangkan nilai jual pengrajin UMKM limbah ban bekas, sehingga distribusi produk dalam pasar domestik dapat terselamatkan di masa pandemi Covid-19.

References

Amelia, M. N., Prasetyo, Y. E., & Maharani, I. (2017). E-UMKM: Aplikasi Pemasaran Produk UMKM Berbasis Android Sebagai Strategi Meningkatkan Perekonomian Indonesia. Jurnal Prosiding Snatif, 11–16. Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/SNA/article/view/1238

Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 147–153. Retrieved from https://www.academia.edu/42672824/Dampak_Covid-19_Terhadap_UMKM_di_Indonesia

Anugrah, R. J. (2020). Efektifitas Penerapan Strategi Online Marketing Oleh UMKM Dalam Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Corona Viruses Disease 2019 (Covid-19). Jurnal MANOVA, 2(2), 55–65.

Bakhri, S. (2020). Membangun Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan IKM (Industri Kecil dan Menengah). Yogyakarta: K-Media.

Chumairo, & Utami, W. S. (2019). Kajian Eksistensi Industri Kecil Meja dan Kursi Karet Terhadap Kondisi Sosial EKonomi Pengrajin Di Desa Kedungbondo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Swara Bhumi, 1(3). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/swara-bhumi/article/view/30234/

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Hendrawan, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 2019. Retrieved from http://jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/view/189

Mahmudah, N., Chasanatin, H., Alkautsar, M. S., & Paripurna, M. W. (2020). Pengolahan Durian dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Tanjung Agung Pesawaran. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 76–91.

Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm. Jurnal Imajinasi, IX(2), 127–136. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi/article/view/8846

Setiawati, I. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM. Strategi Komunikasi Pemasaran, 1(1), 343–347. Retrieved from file:///C:/Users/BAYU/Downloads/Documents/263-760-1-PB.pdf

Soedarwo, V. S. D., Zuriah, N., Yuliati, R., & Suwignyo. (2017). Pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan nonformal berbasis potensi lokal dalam membangun desa wisata adat. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 2(2), 96–102.

Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 76–86. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v19i1.575

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Bakhri, S., & Futiah, V. (2020). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(2), 59–70. https://doi.org/10.32493/JLS.v2i2.p59-70