Manajemen Pembelajaran Daring/Online Dengan Menggunakan Google Classroom Di SDIT Fajar, Depok
DOI:
https://doi.org/10.32493/jmab.v1i1.10373Abstract
Google classroom merupakan salah satu media dalam pembelajaran daring yang dilakukan selama pandemic covid 19. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dalam mengelola kelas dengan memanfaatkan google classroom sebagai media pembelajaran, Membantu mitra dalam proses belajar mengajar secara daring. Metode pelaksanaan program ini terdiri dari kegiatan ceramah, praktek, diskusi dan evaluasi program melalui observasi dan kuesioner. Pelatihan ini diikuti oleh 17 peserta yang terdiri dari guru-guru SDIT Fajar Depok. Setelah dilakukan pelatihan selama lebih dari 90 menit, para guru-guru dapat mengelola kelas di google classroom seperti membuat kelas online, memberikan materi, membuat absensi, memberikan tugas dan memberikan penilaian hasil belajar siswa. Dari hasil kuesioner yang diperoleh bahwa ada 64% guru menggunakan aplikasi whatsapp sebagai media pembelajaran daring dan 27% guru yang menggunakan aplikasi zoom meeting, dan 9% guru menggunakan aplikasi google classroom. Dan hasil pelatihan pengelolaan kelas yang dilakukan diperoleh hasil 15 % mengatakan mudah, 62% sedang dan 23% sulit.
Kata Kunci: Google Classroom; Pengelolaan Kelas; Media Pengajaran
References
Ellis, Ryann K. (2009). Field Guide To Learning Management System. American Society For Training & Development (ASTD)
Hermawanto. (2013). Pengaruh Blended Learning Terhadap Penguasaan Konsep Dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9, 67-76.
Husamah. (2013). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Hasil Pustaka.
Iftakhar, Shampa. (2016). Google Classroom: What Works And How?. Journal Of Education And Social Sciences, 3 (Feb), 12-18.
Pappas, Christopher (2015). "Google Classroom Review: Pros And Cons Of Using Google Classroom In Elearning". Diakses 1 Mei 2017 Dari Https://Elearningindustry.Com/Google-Classroom-Review-Pros-And-Cons-Of-Using- Google-Classroom-In-Elearning.
Mengenal Apa Itu Google Classroom : Fitur, Fungsi, Dan Keunggulannya | Idcloudhost
Awaludin Fitra, Martua Sitorus, Dedi Candro Parulian Sinaga, Endra A.P. Marpaung (2020). Pemanfaatan Dan Pengelolaan Google Classroom Se-bagai Media Pembelajaran Dan Pengajaran Daring Bagi Guru-Guru SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan. Jurnal Pengabdi - ISSN: 2620-4665 (P) / ISSN: 2620-4673 (E) OKTOBER 2020, Volume 3 Nomor 2 Website: Http://Jurnal.Untan.Ac.Id/Index.Php/JPLP2KM
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat “Peluang Dan Tantangan Pengabdian Kepada Masyarakat Yang Inovatif Di Era Kebiasaan Baru†ISBN: 978-623-7496-57-1
Https://Ojs.Unm.Ac.Id/Semnaslpm/Article/View/19118/10113
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.