Manajemen Pembelajaran Daring/Online Dengan Menggunakan Google Classroom Di SDIT Fajar, Depok

Authors

  • Ratna Dewi Program Studi Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Pamulang
  • Yetti Mulyati Program Studi Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Pamulang
  • Jajang Rahmat Program Studi Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Pamulang
  • Eneng Nurlaela Sari Program Studi Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Pamulang
  • Puteri Dalima Program Studi Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jmab.v1i1.10373

Abstract

Google classroom merupakan salah satu media dalam pembelajaran daring yang dilakukan selama pandemic covid 19. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dalam mengelola kelas dengan memanfaatkan google classroom sebagai media pembelajaran, Membantu mitra dalam proses belajar mengajar secara daring. Metode pelaksanaan program ini terdiri dari kegiatan ceramah, praktek, diskusi dan evaluasi program melalui observasi dan kuesioner. Pelatihan ini diikuti oleh 17 peserta yang terdiri dari guru-guru SDIT Fajar Depok. Setelah dilakukan pelatihan selama lebih dari 90 menit, para guru-guru dapat mengelola kelas di google classroom seperti membuat kelas online, memberikan materi, membuat absensi, memberikan tugas dan memberikan penilaian hasil belajar siswa. Dari hasil kuesioner yang diperoleh bahwa ada 64% guru menggunakan aplikasi whatsapp sebagai media pembelajaran daring dan 27% guru yang menggunakan aplikasi zoom meeting, dan 9% guru menggunakan aplikasi google classroom. Dan hasil pelatihan pengelolaan kelas yang dilakukan diperoleh hasil 15 % mengatakan mudah, 62% sedang dan 23% sulit.

 

Kata Kunci: Google Classroom; Pengelolaan Kelas; Media Pengajaran

References

Ellis, Ryann K. (2009). Field Guide To Learning Management System. American Society For Training & Development (ASTD)

Hermawanto. (2013). Pengaruh Blended Learning Terhadap Penguasaan Konsep Dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9, 67-76.

Husamah. (2013). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Hasil Pustaka.

Iftakhar, Shampa. (2016). Google Classroom: What Works And How?. Journal Of Education And Social Sciences, 3 (Feb), 12-18.

Pappas, Christopher (2015). "Google Classroom Review: Pros And Cons Of Using Google Classroom In Elearning". Diakses 1 Mei 2017 Dari Https://Elearningindustry.Com/Google-Classroom-Review-Pros-And-Cons-Of-Using- Google-Classroom-In-Elearning.

Mengenal Apa Itu Google Classroom : Fitur, Fungsi, Dan Keunggulannya | Idcloudhost

Awaludin Fitra, Martua Sitorus, Dedi Candro Parulian Sinaga, Endra A.P. Marpaung (2020). Pemanfaatan Dan Pengelolaan Google Classroom Se-bagai Media Pembelajaran Dan Pengajaran Daring Bagi Guru-Guru SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan. Jurnal Pengabdi - ISSN: 2620-4665 (P) / ISSN: 2620-4673 (E) OKTOBER 2020, Volume 3 Nomor 2 Website: Http://Jurnal.Untan.Ac.Id/Index.Php/JPLP2KM

Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat “Peluang Dan Tantangan Pengabdian Kepada Masyarakat Yang Inovatif Di Era Kebiasaan Baru†ISBN: 978-623-7496-57-1

Https://Ojs.Unm.Ac.Id/Semnaslpm/Article/View/19118/10113

Downloads

Published

2021-04-27

How to Cite

Dewi, R., Mulyati, Y., Rahmat, J., Sari, E. N., & Dalima, P. (2021). Manajemen Pembelajaran Daring/Online Dengan Menggunakan Google Classroom Di SDIT Fajar, Depok. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi, 1(1), 47–52. https://doi.org/10.32493/jmab.v1i1.10373

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.