Pemanfaatan Media E-Commerce dalam Memasarkan Produk UMKM Budidaya Lidah Buaya Di Griya Cendekia Desa Curug
DOI:
https://doi.org/10.32493/jmab.v2i1.18663Abstract
Pengabdian ini berjudul Pemanfaatan Media e-commerce dalam Memasarkan Produk UMKM Budidaya Lidah Buaya di Griya Cendekia Desa Curug Kecamatan Gunung Sindur Kab. Bogor, bertujuan memberikan penyuluhan dan memberikan pemahaman serta mengimplementasikan manajemen pemasaran yang efektif dan efisien bagi pelaku UMKM, utamanya bagaimana mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian secara e-commerce guna meningkatkan pemasaran dan menentukan kebijakan secara tepat guna mencapai pemasaran e-commerce yang maksimal. Metode yang digunakan berupa penyampaian materi secara langsung diskusi dan wawancara mengenai manajemen, pengelolaan keuangan, pemasaran produk dan penerapan MSDM dalam pengembangan UMKM.
Kata Kunci: UMKM Griya Cendekia; Manajemen; Pemasaran; Keuangan; e-commerce
References
Siaran Pers Kemenko Perekonomian HM.4.6/300/SET.M.EKON.3/09/2021 tanggal 26 September 2021 “Pemerintah Dukung Permodalan bagi UMKM sebagai Strategi Penopang Perekonomian Nasionalâ€. https://ekon.go.id/publikasi/ detail/ 3331/pemerintah-dukung-per-modalan-bagi-umkm-sebagai-strategi-penopang-perekonomian-nasional
Perkembangan Data UMKM dan Usaha Besar Tahun 2018-2019 https://www. kemenkopukm.go.id/data-umkm
Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital Marketing terhadap Peningkatan Pen-jualan Hasil Home Industri. 10(1), 9–14.
Dr. H. Masram, SE., MM., M.Pd. dan Dr. Hj. Mu'ah, SE., MM. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Profesional, Zifatama Publisher, Sidoarjo.
Dr. Lilis Sulastri, MM. 2016. Manajemen Usaha Kecil Menengah, La Good Publishing, Bandung.
Sri Mulyono dkk. 2021. Pengantar Manajemen, CV. Media Sains Indonesia, Bandung.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuan-titatif, Kualitatif dan R&D, PT. Alfabet, Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.