Pemanfaatan Media E-Commerce dalam Memasarkan Produk UMKM Budidaya Lidah Buaya Di Griya Cendekia Desa Curug

Authors

  • Reno Ardiansyah Program Studi Manajemen Pasca Sarjana Universitas Pamulang
  • Adi Prihanto Program Studi Manajemen Pasca Sarjana Universitas Pamulang
  • Anri Ani Program Studi Manajemen Pasca Sarjana Universitas Pamulang
  • Idvan Idvan Program Studi Manajemen Pasca Sarjana Universitas Pamulang
  • Ardian Nurrahman Program Studi Manajemen Pasca Sarjana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jmab.v2i1.18663

Abstract

Pengabdian ini berjudul Pemanfaatan Media e-commerce dalam Memasarkan Produk UMKM Budidaya Lidah Buaya di Griya Cendekia Desa Curug Kecamatan Gunung Sindur Kab. Bogor, bertujuan memberikan penyuluhan dan memberikan pemahaman serta mengimplementasikan manajemen pemasaran yang efektif dan efisien bagi pelaku UMKM, utamanya bagaimana mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian secara e-commerce guna meningkatkan pemasaran dan menentukan kebijakan secara tepat guna mencapai pemasaran e-commerce yang maksimal. Metode yang digunakan berupa penyampaian materi secara langsung diskusi dan wawancara mengenai manajemen, pengelolaan keuangan, pemasaran produk dan penerapan MSDM dalam pengembangan UMKM.

 

Kata Kunci: UMKM Griya Cendekia; Manajemen; Pemasaran; Keuangan; e-commerce

Author Biography

Reno Ardiansyah, Program Studi Manajemen Pasca Sarjana Universitas Pamulang

Reno Ardiansyah

Lahir di Jakarta 30 Okt 1974, dan tinggal di Depok.

Saat ini berstatus sebagai Mahasiswa Pasca Sarjana Universita Pamulang. Bekerja sebagai PNS di Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional RI yang tugas dan fungsinya adalah memberikan saran tindak berupa kebijakan strategis nasional dan Pembinaan Ketahanan Nasional kepada Presiden selaku Ketua Dewan. 

References

Siaran Pers Kemenko Perekonomian HM.4.6/300/SET.M.EKON.3/09/2021 tanggal 26 September 2021 “Pemerintah Dukung Permodalan bagi UMKM sebagai Strategi Penopang Perekonomian Nasionalâ€. https://ekon.go.id/publikasi/ detail/ 3331/pemerintah-dukung-per-modalan-bagi-umkm-sebagai-strategi-penopang-perekonomian-nasional

Perkembangan Data UMKM dan Usaha Besar Tahun 2018-2019 https://www. kemenkopukm.go.id/data-umkm

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital Marketing terhadap Peningkatan Pen-jualan Hasil Home Industri. 10(1), 9–14.

Dr. H. Masram, SE., MM., M.Pd. dan Dr. Hj. Mu'ah, SE., MM. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Profesional, Zifatama Publisher, Sidoarjo.

Dr. Lilis Sulastri, MM. 2016. Manajemen Usaha Kecil Menengah, La Good Publishing, Bandung.

Sri Mulyono dkk. 2021. Pengantar Manajemen, CV. Media Sains Indonesia, Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuan-titatif, Kualitatif dan R&D, PT. Alfabet, Bandung.

Downloads

Published

2022-04-29

How to Cite

Ardiansyah, R., Prihanto, A., Ani, A., Idvan, I., & Nurrahman, A. (2022). Pemanfaatan Media E-Commerce dalam Memasarkan Produk UMKM Budidaya Lidah Buaya Di Griya Cendekia Desa Curug. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi, 2(1), 33–39. https://doi.org/10.32493/jmab.v2i1.18663

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.