Upaya Optimalisasi Praktik Digital Marketing Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Budidaya Ikan Lele Pada UMKM Griya Cendekia Desa Curug Gunung Sindur Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/jmab.v2i1.18696Abstract
Pengabdian ini berjudul upaya optimalisasi praktik digital marketing untuk meningkatkan hasil penjualan produk budidaya Ikan Lele pada UMKM Griya Cendekia, Desa Curug, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Tujuan utama dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis dalam ilmu manajemen dalam pengembangan pemasaran penjualan produk budi daya Ikan Lele yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Metode yang digunakan adalah penyuluhan berupa penyampaian materi secara langsung diskusi dan wawancara mengenai manajemen, pengelolaan keuangan, pemasaran produk dan penerapan MSDM dalam pengembangan UMKM, khususnya kepada pelaku UMKM pengembangan budi daya Ikan Lele pada UMKM Griya Cendekia, Desa Curug, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah bahwa akan dilakukan pendampingan dalam manajemen dalam pengembangan optimalisasi praktik digital marketing untuk meningkatkan hasil penjualan produk budidaya Ikan Lele dalam upaya mewujudkan kesejahteraan UMKM Griya Cendekia, Desa Curug, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.
Kata Kunci: Manajemen; Ikan Lele; Digital Marketing; UMKM
References
Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital Marketing terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. 10(1), 9–14.
Hayu, R. S. (2019). Smart Digital Content Marketing, Strategi Membidik Konsumen Millennial Indonesia. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 4(1), 61. https://doi.org/10.32503/jmk.v4i1.362
Holliman, Geraint and Jennifer Rowley (2014) "Business to Business Digital Content Marketing: Marketers' Perceptions of Best Practice, Journal of Research in Interactive Marketing, 8, 4, 269-93
Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2021
Jatnika, D., Sumantadinata, K., & Pandjaitan, N. H. (2014). Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Lele (Clarias sp.) di Lahan Kering di Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 9(1), 96–105. https://doi.org/10.29244/mikm.9.1.96-105
Melati, I. S., Margunani, M., Mudrikah, S., & Pitaloka, L. K. (2020). Upaya Optimalisasi Praktik Digital Marketing Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 155. https://doi.org/10.20956/pa.v4i2.7685
Pursetyo, K. T., Tjahjaningsih, W., & Pramono, H. (2015). Perbandingan Morfologi Kerang Darah di Perairan Kenjeran dan Perairan Sedati. Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan, 7(1), 31–33.
Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah
Tambunan, 2011.Teori Ekonomi Makro,Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta
Warseno, Yus (2018). Budidaya Lele Super Intensif di Lahan Sempit – Jurnal Riset Dareah Vol. XVII, No 2 Agustus 2018
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.