Upaya Optimalisasi Praktik Digital Marketing Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Budidaya Ikan Lele Pada UMKM Griya Cendekia Desa Curug Gunung Sindur Bogor

Authors

  • Rahayu Kharismawaty Program Studi Manajemen Pasca Sarjana Universitas Pamulang
  • Devi Pratiwi Program Studi Manajemen Pasca Sarjana Universitas Pamulang
  • Imam Sofyan Lubis Program Studi Manajemen Pasca Sarjana Universitas Pamulang
  • Syukur Jaya Laowo Program Studi Manajemen Pasca Sarjana Universitas Pamulang
  • Wuri Handayani Program Studi Manajemen Pasca Sarjana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jmab.v2i1.18696

Abstract

Pengabdian ini berjudul upaya optimalisasi praktik digital marketing untuk meningkatkan hasil penjualan produk budidaya Ikan Lele pada UMKM Griya Cendekia, Desa Curug, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Tujuan utama dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis dalam ilmu manajemen dalam pengembangan pemasaran penjualan produk budi daya Ikan Lele yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Metode yang digunakan adalah penyuluhan berupa penyampaian materi secara langsung diskusi dan wawancara mengenai manajemen, pengelolaan keuangan, pemasaran produk dan penerapan MSDM dalam pengembangan UMKM, khususnya kepada pelaku UMKM pengembangan budi daya Ikan Lele pada UMKM Griya Cendekia, Desa Curug, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah bahwa akan dilakukan pendampingan dalam manajemen  dalam pengembangan optimalisasi praktik digital marketing untuk meningkatkan hasil penjualan  produk budidaya Ikan Lele dalam upaya mewujudkan kesejahteraan UMKM Griya Cendekia, Desa Curug, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

 

Kata Kunci: Manajemen; Ikan Lele; Digital Marketing; UMKM

References

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital Marketing terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. 10(1), 9–14.

Hayu, R. S. (2019). Smart Digital Content Marketing, Strategi Membidik Konsumen Millennial Indonesia. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 4(1), 61. https://doi.org/10.32503/jmk.v4i1.362

Holliman, Geraint and Jennifer Rowley (2014) "Business to Business Digital Content Marketing: Marketers' Perceptions of Best Practice, Journal of Research in Interactive Marketing, 8, 4, 269-93

Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2021

Jatnika, D., Sumantadinata, K., & Pandjaitan, N. H. (2014). Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Lele (Clarias sp.) di Lahan Kering di Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 9(1), 96–105. https://doi.org/10.29244/mikm.9.1.96-105

Melati, I. S., Margunani, M., Mudrikah, S., & Pitaloka, L. K. (2020). Upaya Optimalisasi Praktik Digital Marketing Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 155. https://doi.org/10.20956/pa.v4i2.7685

Pursetyo, K. T., Tjahjaningsih, W., & Pramono, H. (2015). Perbandingan Morfologi Kerang Darah di Perairan Kenjeran dan Perairan Sedati. Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan, 7(1), 31–33.

Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Tambunan, 2011.Teori Ekonomi Makro,Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta

Warseno, Yus (2018). Budidaya Lele Super Intensif di Lahan Sempit – Jurnal Riset Dareah Vol. XVII, No 2 Agustus 2018

Downloads

Published

2022-04-29

How to Cite

Kharismawaty, R., Pratiwi, D., Lubis, I. S., Laowo, S. J., & Handayani, W. (2022). Upaya Optimalisasi Praktik Digital Marketing Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Budidaya Ikan Lele Pada UMKM Griya Cendekia Desa Curug Gunung Sindur Bogor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi, 2(1), 40–46. https://doi.org/10.32493/jmab.v2i1.18696

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.