Pemanfaatan Chat GPT sebagai Media Promosi UMKM Canting Buana Kreatif di Padang panjang Barat, Sumatera Barat
DOI:
https://doi.org/10.32493/jmab.v4i1.39678Abstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini ialah untuk memberikan pengetahuan, dan pemahaman tentang Pemanfaatan Chat GPT sebagai media promosi. Metode pengabdian kepada masyarakat ini ialah seminar, dan diskusi. Peserta dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada Masyarakat UMKM Canting Buana Kreatif di Padang panjang Barat. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini ialah seluruh peserta memahami, dan menerapkan seluruh materi dan diskusi yang terjadi pada saat acara berlangsung sehingga tujuan bisnisnya tercapai yakni memaksimalkan keuntungan. Target luaran yang akan dicapai adalah peserta dapat Memanfaatkan Chat GPT sebagai media promosi, media promosi bisnis, memberikan kesempatan bagi usaha memasuki jaringan yang lebih luas, informasi bisnis untuk pelanggan dan masyarakat, memberikan pelayanan kepada pelanggan secara lebih baik dengan adanya berbagai fasilitas yang menarik dan interaktif, meningkatkan minat masyarakat terhadap hasil batik UMKN canting Buana. kreatif, produk yang dijual atau tempat transaksi, memasuki pasar global, dapat dijadikan saran media informasi, publikasi perusahaan dan promosi.
References
DAFTAR PUSTAKA
Ardianto, Elvinaro, and Lukiati Komala, Siti Karlinah. Komunikasi Massa (Suatu Pengantar) Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2010.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Statistik: APJII. www.apjii.or.id (accessed May 21, 2019).
Asri Nuryah, dkk. Pelatihan pemanfaatan media sosial untuk promosi pariwisata dan potensi kearifan lokal di pantai sayang heualang kab. Garut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Unpad, Vol 2, No 12 (2018).
Bayu Dewa, dkk. Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Pariwisata Dan Budaya, Volume 12 Nomor 1, Maret 2021, ISSN : 2087-0086 (print), 2655-5433 (online)
Blanchard, O. Social Media ROI Mengelola dan Mengukur Penggunaan Media Sosial pada Organisasi Anda. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2015.
Botler, Jay David and Grusin, Richard. Remediation dalam Eric P.Bucy (Eds). Living in The Information Age: A New Media Reader. London: Wadsworth and Thomson Learning. Second Edition, 2005.
Chreswell, John W. “Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed”.Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Edisi ketiga, 2013
Handaruwati, Indah.2017. "Pengaruh Media Sosial Terhadap Penjualan Produk Camilan Lokal Secara Online." Buletin Bisnis dan Manajemen.03, No.01 (2017): 41-52.
Hermawan, A. Komunikasi Pemasaran. JakartaTimur: PT. Penerbit Erlangga, 2013.
Indrajit, Ricardus. 2001. E-Commerce Kiat dan Strategi di Dunia Maya. Jakarta: PT Elex Media Komputerindo
Iyas, Implementasi Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce Pada Usaha Rumah Griya Unik Wanita, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011.
Kavoura, A., & Stavrianea, A. (2014). Economic and Social Aspects from Social Media’s Implementation as a Strategic Innovative Marketing Tool in the Tourism Industry. Procedia Economics and Finance, 14(14), 303–312. http://doi.org/10.1016/S2212- 5671 (14)00717-5
Kim, S., Lee, S., & Jung, J. (2020). Mental health chatbot for university students: design and development using GPT-2. Journal of Medical Systems, 44(10), 173
Lee, Y. J., & Lee, J. (2021). A study on the effects of English conversation learning through Chatbotusing GPT-3. Journal of Digital Convergence, 19(4), 145-153.
Yuhefizar. 2008. “10 jam Mengenal Internet Teknologi dan Aplikasinya”. Penerbit PT Elex Media Komputindo : Jakarta
Zhang, X., & Wang, Y. (2021). The application of chatbot based on GPT in adaptive learning.Journal of Physics: Conference Series, 1918(1), 012065
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.