Sosialisasi Tentang Bidang-Bidang Akuntansi dan Profesi Akuntan pada Siswa-Siswi Jurusan Akuntansi di PGRI 5 Tangerang Selatan

Authors

  • Indawati Indawati Universitas Pamulang
  • Anggun Anggraini Universitas Pamulang
  • Endang Ruhiyat Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jmab.v4i2.41444

Abstract

Untuk maju secara pribadi dan profesional, penting untuk memahami bagaimana industri keuangan bekerja dan berkembang. Memahami konsep dan manajemen risiko di bidang keuangan, serta peran yang ada di bidang perbankan, investasi, dan teknologi keuangan, membantu siswa membuat keputusan keuangan yang lebih baik.  Hasil post-test menunjukkan bahwa 80% siswa memperoleh pengetahuan tambahan dari materi yang diberikan narasumber. Selain itu, para pendidik menyadari fakta bahwa jenis kegiatan pelatihan dan penyuluhan ini meningkatkan soft skill siswa, yang akan membantu mereka memasuki dunia kerja dan wiraswasta muda. Siswa dapat membuat pilihan keuangan yang lebih cerdas dengan memahami bagaimana industri jasa keuangan diatur, beroperasi, dan berkembang. Sangat penting bagi siswa untuk mempelajari tentang profesi di bidang jasa keuangan karena ini dapat membantu mereka berkembang secara pribadi dan mempersiapkan mereka untuk bekerja di dunia kerja. Dengan mempelajari profesi ini, siswa memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang konsep dasar tentang keuangan, investasi, dan manajemen risiko, dan mereka dapat membuat rencana karir yang lebih baik. Saran yang diberikan berdasarkan temuan menunjukkan bahwa langkah pertama yang harus dilakukan oleh kepala sekolah SMK PGRI 5 adalah mendorong guru dan staf untuk mengikuti program literasi keuangan tambahan. Setelah pelatihan, mereka akan dapat berbicara tentang industri keuangan dengan cara yang menarik dan relevan. Kedua, program kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) harus dilakukan secara berkelanjutan agar ada kesinambungan antara program. Akibatnya, diharapkan program ini akan menguntungkan semua orang, terutama mereka yang melakukan PKM.

References

Satria, M. R. (2019). Pemilihan Jalur Karir bagi Mahasiswa Akuntansi di Politeknik Pos Indonesia. Ekono Insentif, 13(02), 125-133.

Farida, M. W. (2017). Memahami Kesadaran Peran Akuntan Pendidik Dalam Pembelajaran Akuntansi. Malang: Tesis Program Magister Sains Akuntansi Sekolah Pasca Sarjana Universitas Brawijaya.

Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan. (2021). Norma & Standar Kompetensi Keahlian Akuntansi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Purnamasari, M. I., Ardhyantama, V., & Erviana, L. (2022). Menumbuhkan Minat Belajar Siswa melalui Pengenalan Profesi. Journal of Social Empowerment, 7(1), 66-70.

Zunaidi, A., Natalina, S. A., & Laksana, M. A. (2021). Mengenalkan Jenis Profesi dan Jasa Akuntan pada Mahasiswa Baru dalam Upaya Meneguhkan Minat Studi Akuntansi Syariah dan Menyongsong Era Society 5.0. Komatika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 29-3

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Indawati, I., Anggraini, A., & Ruhiyat, E. (2024). Sosialisasi Tentang Bidang-Bidang Akuntansi dan Profesi Akuntan pada Siswa-Siswi Jurusan Akuntansi di PGRI 5 Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi, 4(2), 32–35. https://doi.org/10.32493/jmab.v4i2.41444

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.