Sosialisasi Tentang Bidang-Bidang Akuntansi dan Profesi Akuntan pada Siswa-Siswi Jurusan Akuntansi di PGRI 5 Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jmab.v4i2.41444Abstract
Untuk maju secara pribadi dan profesional, penting untuk memahami bagaimana industri keuangan bekerja dan berkembang. Memahami konsep dan manajemen risiko di bidang keuangan, serta peran yang ada di bidang perbankan, investasi, dan teknologi keuangan, membantu siswa membuat keputusan keuangan yang lebih baik. Hasil post-test menunjukkan bahwa 80% siswa memperoleh pengetahuan tambahan dari materi yang diberikan narasumber. Selain itu, para pendidik menyadari fakta bahwa jenis kegiatan pelatihan dan penyuluhan ini meningkatkan soft skill siswa, yang akan membantu mereka memasuki dunia kerja dan wiraswasta muda. Siswa dapat membuat pilihan keuangan yang lebih cerdas dengan memahami bagaimana industri jasa keuangan diatur, beroperasi, dan berkembang. Sangat penting bagi siswa untuk mempelajari tentang profesi di bidang jasa keuangan karena ini dapat membantu mereka berkembang secara pribadi dan mempersiapkan mereka untuk bekerja di dunia kerja. Dengan mempelajari profesi ini, siswa memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang konsep dasar tentang keuangan, investasi, dan manajemen risiko, dan mereka dapat membuat rencana karir yang lebih baik. Saran yang diberikan berdasarkan temuan menunjukkan bahwa langkah pertama yang harus dilakukan oleh kepala sekolah SMK PGRI 5 adalah mendorong guru dan staf untuk mengikuti program literasi keuangan tambahan. Setelah pelatihan, mereka akan dapat berbicara tentang industri keuangan dengan cara yang menarik dan relevan. Kedua, program kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) harus dilakukan secara berkelanjutan agar ada kesinambungan antara program. Akibatnya, diharapkan program ini akan menguntungkan semua orang, terutama mereka yang melakukan PKM.
References
Satria, M. R. (2019). Pemilihan Jalur Karir bagi Mahasiswa Akuntansi di Politeknik Pos Indonesia. Ekono Insentif, 13(02), 125-133.
Farida, M. W. (2017). Memahami Kesadaran Peran Akuntan Pendidik Dalam Pembelajaran Akuntansi. Malang: Tesis Program Magister Sains Akuntansi Sekolah Pasca Sarjana Universitas Brawijaya.
Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan. (2021). Norma & Standar Kompetensi Keahlian Akuntansi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Purnamasari, M. I., Ardhyantama, V., & Erviana, L. (2022). Menumbuhkan Minat Belajar Siswa melalui Pengenalan Profesi. Journal of Social Empowerment, 7(1), 66-70.
Zunaidi, A., Natalina, S. A., & Laksana, M. A. (2021). Mengenalkan Jenis Profesi dan Jasa Akuntan pada Mahasiswa Baru dalam Upaya Meneguhkan Minat Studi Akuntansi Syariah dan Menyongsong Era Society 5.0. Komatika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 29-3
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.