Pengaruh Promosi Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Macs Stationery

Authors

  • Ahmad Maulana Irfanudin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jmw.v2i2.22390

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan kesadaran merek terhadap Keputusan pembelian produk alat tulis macs studi kasus PT Pelinda Saranasukses. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dengan metode simple random sampling, dengan total responden sebanyak 100 orang. Metode analisis dalam pengelolaan data adalah dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitiaan menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara promosi dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian dengan nilai F-hitung > F-Table (21,355> 2,81 dengan konstribusi sebesar 29,4% serta diperkuat dengan persamaaan regresi berganda y=8,729+0,258X1+0,230X2.  Hasil uji t diperoleh  bahwa Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai  t-hitung > t-tabel (4.018>1,660) dan signifikansi 0,000 < 0,1. Juga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kesadaran merek terhadap keputusan pembeliannengan nilai thitung > ttabel (2.278>1,660) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,1.

 

Kata Kunci: Promosi; Merek; Keputusan Pembelian

References

Buchari Alma, (2007), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung

Fandy Tjiptono, (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta.:Andi.

Ghozali, Imam. (2005), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: BP Undip Semarang.

Irfanudin, Ahmad. (2020). Manajemen Pemasaran, Konsep dasar dan Strategi. CV. AA. RIZKY. Banten.

Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2015). Priciples of Marketing. 15e Global Edition. Pearson

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Lovelock and Wright. (2011). Principle of Service Marketing and Management. Prentice Hall Inc, Upper Saddle River, New Jersey. USA.

Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Salemba Empat, Jakarta.

Parasuraman, Valarie A. Zheitaml and Leonard L. Berry (1998). Reassesment of expectation as a comparison standard in measuring service quality: Implication for further research. Journal of Marketing. Chicago. Vol.58, No. 1

Rangkuti, Freddy. (2016). Riset Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rambat Lupiyoadi dan A. Hamdani, (2008), Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta

Riduwan, (2010), Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Alfabeta Bandung

Sugiono, (2003), Statistik Untuk Penelitian, Alfabet, Bandung

Sugiono, (2012), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Penerbit CV. Alfabeta.Bandung.

Tjiptono, Fandy, (2008), Bauran Pemasaran Jasa, bayu Media, Jawa Timur

Tjiptono, Fandy dan Gregorious Candra. (2005). Service, Quality, and Satisfaction. Andi Offset. Yogyakarta.

Vanessa, Gaffar. (2013). Customer Relationship Management and Marketing Public Relation. Alfabeta. Bandung

Downloads

Published

2022-07-30

How to Cite

Irfanudin, A. M. (2022). Pengaruh Promosi Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Macs Stationery. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA), 2(2), 70–77. https://doi.org/10.32493/jmw.v2i2.22390

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.