Pengaruh Promosi Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Macs Stationery
DOI:
https://doi.org/10.32493/jmw.v2i2.22390Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan kesadaran merek terhadap Keputusan pembelian produk alat tulis macs studi kasus PT Pelinda Saranasukses. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dengan metode simple random sampling, dengan total responden sebanyak 100 orang. Metode analisis dalam pengelolaan data adalah dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitiaan menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara promosi dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian dengan nilai F-hitung > F-Table (21,355> 2,81 dengan konstribusi sebesar 29,4% serta diperkuat dengan persamaaan regresi berganda y=8,729+0,258X1+0,230X2. Hasil uji t diperoleh bahwa Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung > t-tabel (4.018>1,660) dan signifikansi 0,000 < 0,1. Juga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kesadaran merek terhadap keputusan pembeliannengan nilai thitung > ttabel (2.278>1,660) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,1.
Kata Kunci: Promosi; Merek; Keputusan Pembelian
References
Buchari Alma, (2007), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung
Fandy Tjiptono, (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta.:Andi.
Ghozali, Imam. (2005), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: BP Undip Semarang.
Irfanudin, Ahmad. (2020). Manajemen Pemasaran, Konsep dasar dan Strategi. CV. AA. RIZKY. Banten.
Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2015). Priciples of Marketing. 15e Global Edition. Pearson
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.
Lovelock and Wright. (2011). Principle of Service Marketing and Management. Prentice Hall Inc, Upper Saddle River, New Jersey. USA.
Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Salemba Empat, Jakarta.
Parasuraman, Valarie A. Zheitaml and Leonard L. Berry (1998). Reassesment of expectation as a comparison standard in measuring service quality: Implication for further research. Journal of Marketing. Chicago. Vol.58, No. 1
Rangkuti, Freddy. (2016). Riset Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Rambat Lupiyoadi dan A. Hamdani, (2008), Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta
Riduwan, (2010), Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Alfabeta Bandung
Sugiono, (2003), Statistik Untuk Penelitian, Alfabet, Bandung
Sugiono, (2012), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Penerbit CV. Alfabeta.Bandung.
Tjiptono, Fandy, (2008), Bauran Pemasaran Jasa, bayu Media, Jawa Timur
Tjiptono, Fandy dan Gregorious Candra. (2005). Service, Quality, and Satisfaction. Andi Offset. Yogyakarta.
Vanessa, Gaffar. (2013). Customer Relationship Management and Marketing Public Relation. Alfabeta. Bandung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.