Tax Planning (Insentif Pajak) Sebagai Strategi UMKM Binaan KADIN Jawa Barat Dalam Menghadapi Dampak Covid-19

Authors

  • Neneng Susanti Universitas Widyatama
  • Ivan Gumilar Sambas Putra Universitas Widyatama
  • Muhammad Bayu Aji Sumantri Universitas Widyatama
  • Nugi Muhammad Nugraha Universitas Widyatama
  • Supardi Supardi Universitas Widyatama
  • Tanti Irawati Mukhlis Universitas Widyatama
  • Vincentia Wahju Widajatun Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i2.10643

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat diselenggaran dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kebijakan pemerintah dalam pemberian insentif pajak; pemahaman atas masa pembayaran, penyetoran dan pelaporan pajak; dan perhitungan atas pph (pajak penghasilan).

Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan metode ceramah, tutorial, dan diskusi. Materi kegiatan mengenai Tax Planning (insentif pajak) sebagai strategi UMKM dalam menghadapi dampak COVID-19 dengan harapan  memberikan pemahaman bagi UMKM yang nantinya dapat diterapkan dan ditularkan ke masyarakat luas. Target materi pada kegiatan penyuluhan PKM tercapai dengan cukup baik, dapat dilihat dari hasil pemahaman dari materi kegiatan. Untuk menerapkan hasil dari kegiatan masih diperlukan UMKM binaan KADIN di sektor kuliner dan fashion dapat melaksanakan pengadministrasian keuangan yang baik, merencanakan strategi keuangan yang baik dan perencanaan perpajakan tepat guna dan tertib administrasi.

Kata Kunci : Tax planning, insentif pajak, Covid 19,  UMKM

 

Community service activities are held with the aim of providing an understanding of government policies in providing tax incentives; understanding of the payment period, deposit and tax reporting; and calculation of pph (income tax). The implementation of community service activities is carried out by means of lectures, tutorials, and discussions. Activity material regarding Tax Planning (tax incentives) as a strategy for MSMEs in dealing with the impact of COVID-19 with the hope of providing understanding for MSMEs which can later be applied and transmitted to the wider community. The target material in PKM extension activities was achieved quite well, it can be seen from the results of the understanding of the activity material. To implement the results of these activities, KADIN-assisted MSMEs in the culinary and fashion sectors are still required to carry out good financial administration, plan a good financial strategy and plan taxation in an efficient and orderly manner.

Keywords: Tax planning, tax incentives, Covid 19, UMKM

References

Azizah, Fadilah Nur. (2020). Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian selama Pandemi Covid-19 pada saat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics, Vol. 5, (No. 1), Hlm. 46-62.

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/ jae.v10i1.1934

Effendy, A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 702-714. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss3.pp702-714

Taufik dan Eka Avianti Ayuningtyas. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis dan Eksistensi Platform Online. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta p-ISSN 1411-710X e-ISSN 2620-388X

Haque, MG., Munawaroh, Sunarsi, D., (2020). Analysis of SMEs Culinary Marketing Strategy During Covid 19 Pancemic: A Study at “Sate Bebek Cilegon†Resto in Cilegon, Banten. International Journal of Education, Information Technology, and Others. Vol.3. Issue 2

http://www.depkop.go.id/data-umkm, diakses 6 Maret 2021

https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/62, diakses 6 Maret 2021

Downloads

Published

2021-05-19

Issue

Section

Articles