Penerapan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Tingkat Partisipasi Calon Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Nurul Amal Islamic Boarding School Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Yayan Sudaryana Universitas Pamulang
  • Juhaeri Juhaeri Universitas Pamulang
  • Anteng Gustiana Dewi Universitas Pamulang
  • Maretno Sibarani Universitas Pamulang
  • Muhammad Mudzakir Universitas Pamulang
  • Fauzan Rahman Ismail Universitas Pamulang
  • Deni Romasturia Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i2.10647

Abstract

Pengabdian ini berjudul Penerapan Strategi Digital Marketing untuk meningkatkan Tingkat Partisipasi Calon Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Nurul Amal Islamic Boarding School Kota Tangerang Selatan. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis ilmu manajemen dalam penerapan strategi digital marketing dalam rangka meningkatkan jumlah partisipan calon peserta didik baru setiap tahunnya.  Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung dan diskusi mengenai manajemen pemasaran, peraturan-peraturan yang menyangkut penggunaan media sosial seperti UU ITE, UU perlindungan konsumen, UU perdagangan dan strategi digital marketing untuk meningkatkan tingkat partisipasi calon peserta didik baru. Kesimpulan dari pengabdian  kepada masyakat ini adalah bahwa pelatihan penerapan strategi digital marketing yang mencakup pengertian, macam, manfaat dan kekurangan digital marketing, aturan undang-undang yang berkaitan dengan aktifitas tersebut, serta materi tentang mengidentifikasi sasaran konsumen/pasar, mampu memaksimalkan aktifitas pemasaran dengan strategi digital marketing sehingga meningkatkan jumlah partisipan calon peserta didik baru di SMPIT Nurul Amal Islamic Boarding School Kelurahan Pondok cabe Ilir, Kecamatan pamulang, Kota Tangerang selatan.

Kata Kunci: Penerapan, Digital Marketing, Guru Nurul Amal Islamic Boarding School.

 

This devotion is titled Implementation of Digital Marketing Strategy to Increase the Participation Rate of Prospective Students in Integrated Islamic Junior High School Nurul Amal Islamic Boarding School, South Tangerang City. The General purpose of this community. The general purpose of this community service activity is to provide training and knowledge in practical management science in the application of digital marketing strategies in order to increase the number of participants of prospective new students every year. The methods used are ddirect survey and material delivery methods and discussions on marketing management, regulation related to the use of social media such as the UU ITE, consumer protection laws, trade laws, and digital marketing strategies to increase the participantion rate of prospective new learners. The conclusion of this community service is that training on the implementation of digital marketing strategies that include understanding, sorts, benefits and disadvantages of digital marketing, the rule of law related to these activities, as well as material about identifying the target consumer/market, able to maximize marketing activities with digital marketing strategies so as to increase the number of participants of prospective new students in SMPIT Nurul Amal Islamic Boarding School at Pondok Cabe Ilir Village, Pamulang District, South Tangerang City.

Keywords: Application, Digital Marketing, Teacher at Nurul Amal Islamic Boarding School.

References

Evans, Dave and jake Mckee. (2010). Sosial Media Marketing, Indianapolis. Wiley Publising, Inc.

Bruner, Gordon. (2009). Marketing scales handbook. Carbondale: USA.

Erlangga, H. (2020). The Challenges of Organizational Communication in the Digital Era. Solid State Technology, 63(4), 1240-1246.

Hidayah, Nurul (2018). Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Membantu Penjualan Living Space Dan Efo Store. Skripsi; Universitas Islam Indonesia.

Hidayah, NI (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Usaha CV. Ratatia Indonesia Rumbai Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Kelly, et all (2010). Avoidance of advertising in social networking sites: The teenage perspective. Journal of Interactive Advertising, 10(2), 16–27.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Mangold, W. G., & Faulds, D. J. (2009). Social media: The new hybrid element of the promotion mix. Business Horizons, 52, 357–365.

Sanjaya, Ridwan dan Josua Tarigan. (2009). Creative Digital Marketing.PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Santoto. (2017). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi dan Bisnis Vol 11, No. 1, 2017.

Jumlah Data Satuan Pendidikan (Sekolah) Per Kabupaten/Kota : Kota Tangerang Selatan. (18 November 2020). Diakses melalui https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index.

Pelayananpublik.id (2019, 05 Agustus) Pengertian Yayasan, Tujuan, Syarat, dan Cara Mendirikannya. (16 November 2020). Diakses melalui https://pelayananpublik.id/2019/08/05/pengertian-yayasan-tujuan-syarat-dan-cara-mendirikannya/.

Pengertian, Kelebihan, jenis, dan Strategi Digital Marketing. (07 Januari 2021) Diakses melalui .https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/.

Pengertian Digital Marketing. (07 Januari 2021). Diakses melalui https://www.dosenpendidikan.co.id/digital-marketing-adalah/.

Wartakota.tribunnews.com (2020, 25 Juni) Jumlah SMP Negeri Kota Tangsel Tak Mencukupi, Disdikbud Kota Tangsel Enggan Bangun Sekolah Baru. (16 November 2021) Diakses melalui https://wartakota.tribunnews.com/2020/06/25/jumlah-smp-negeri-kota-tangsel-tak-mencukupi-disdikbud-kota-tangsel-enggan-bangun-sekolah-baru.

Dua Puluh Tiga Ribu Lulusan SD Tangsel Berebut 7.000 Kursi SMP Negeri. (18 November 2020). Diakses melalui https://nusantara.medcom.id/jawa-barat/peristiwa-jabar/eN4RvE3k-23-ribu-lulusan-sd-tangsel-berebut-7-000-kursi-smp-negeri.

UU no. 7 tahun 2014 tentang Perdagangan.

UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

UU No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)sebagaimana telah diubah oleh UU No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atasUU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Downloads

Published

2021-05-19

Issue

Section

Articles