Peran Pemuda Kreatif Dalam Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Peningkatan Perekonomian Di Era Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i2.10658Abstract
Kewirausahaan adalah sebuah proses dalam menciptakan sesuatu yang baru, dimana proses dalam pengerjaannya dilakukan dengan kreatif dan penuh dengan inovasi. Dengan adanya kewirausahaan di masa pandemi covid 19 dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain, menciptakan jaringan bisnis yang baru yang bisa menyerap banyak tenaga kerja di daerah asal, meningkatkan kesejahteraan kehidupan diri sendiri serta masyarakat sekitar dari usaha yang dijalankannya, serta kewirausahaan dapat menularkan dan mengembangkan semangat berwirausaha pada orang lain. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada pemuda Karang Taruna Dharma Temaja Sumurugul, Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta Jawa Barat pentingnya kreatifitas dalam memanfaatkan media sosial sehingga dapat menumbuhkan jiwa kerwirausahaan di masa pandemi covid 19 guna meningkatkan perekonomian. Adapun metode pelaksanaan kegiatan ini adalah melalui video conference via google meet dengan memberikan materi serta diskusi pentingnya peran pemuda yang kreatif di era pandemi. Hasil dari kegiatan ini para peserta menjadi lebih mengerti dan memahami bagaimana menjadi pemuda yang kreatif dalam memanfaatkan sosial media sebagai salah sarana untuk meningkatkan perekonomian di era pandemi sehingga kedepannya diharapkan Pemuda Karang Taruna Dharma Temaja Sumurugul dapat memanfaatkan media sosial dengan maksimal dan memunculkan ide serta kreatifitas guna mendorong perekonomian daerah sekitar.
Kata Kunci : Kewirausahaan, Media Sosial, Pandemi Covid 19
Entrepreneurship is a process in creating something new, where the process is done creatively and full of innovation. With entrepreneurship during the covid 19 pandemic new jobs can be opened for other people, create new business networks that can absorb a lot of workforce in the area of origin, improve the welfare of themselves and the surrounding community from the business they run, and entrepreneurship can transmit and develop entrepreneurial spirit in others. The purpose of this Student Community Service is to provide knowledge to youth of Karang Taruna Dharma Temaja Sumurugul, Wanayasa Subdistrict, Purwakarta Regency, West Java, the importance of creativity in utilizing social media so that it can foster an entrepreneurial spirit during the Covid-19 pandemic to improve the economy. The method of implementing this activity is through a video conference via Google meet by providing material and discussion of the importance of the role of creative youth in the pandemic era. The results of this activity the participants became more aware and understood how to become creative youths in utilizing social media as a means to improve the economy in the pandemic era so that in the future it is hoped that the Youth of Karang Taruna Dharma Temaja Sumurugul can make maximum use of social media and come up with ideas and creativity to use it. encourage the economy of the surrounding area.
Keywords: Entrepreneurship, Social Media, Covid 19 PandemicReferences
Ajimat, A., Sunarsi, D., & Sidiq, F. (2020). Berwirausaha Memanfaatkan Media Sosial Pada Daerah Sepatan. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 69-76.
Erlangga, H. (2020). The Challenges of Organizational Communication in the Digital Era. Solid State Technology, 63(4), 1240-1246.
Kaplan, Andreas M.; Michael Haenlein (2010) "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media". Business Horizons 53(1): 59–68.
Gamble, Teri and Michael. Communication works. Seventh edition.
Nimda (2012-02-29). "Apa itu Sosial Media". Universitas Pasundan Bandung. Diakses tanggal 2020-11-11.
Kompas (16 April 2021). Sources URL https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/11/102500165/pandemi-covid-19-apa-saja-dampak-pada-sektor-ketenagakerjaan-indonesia-?page=all.
Sunarsi, D. (2020). The Influence of Supply Chain Strategy on Employee Performance on Small and Medium Business in Beringharjo Market, Yogyakarta- Indonesia. International Journal of Supply Chain Management. Vol. 9, No. 5
Tekno Kompas (16 April 2021). Sources URL https://www.tekno.kompas.com/read/2021/02/24/08050027/riset-ungkap-lebih-dari-separuh-penduduk-indonesia-melek-media-sosial.
"5 Alasan Memilih Promosi Melalui Sosial Media". IDCloudHost. 2019-02-27. Diakses tanggal 2020-06-16.
"Memaksimalkan Media Sosial untuk Bisnis Online". Niagahoster Blog (dalam bahasa Inggris). 2018-04-11. Diakses tanggal 2019-12-13.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).