Peningkatan Minat Wirausaha Pada Siswa SMK Muhammadiyah Parung Kabupaten Bogor

Authors

  • Irfan Rizka Akbar Universitas Pamulang
  • Denok Sunarsi Universitas Pamulang
  • Muhamad Musyfiq Salami Universitas Pamulang
  • Sarwani Sarwani Universitas Pamulang
  • Mukhlis Catio Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i2.10661

Abstract

Penyuluhan wirausaha home industry untuk meningkatkan semangat wirausaha, hadir untuk memberikan pengetahuan, wawasan dan peluang yang sangat potensial dikembangkan, karena bahan bakunya murah dan mudah diperoleh. Tujuan dari penyuluhan wirausaha home industry untuk semangat wirausaha agar siswa siswi SMK Muhammadiyah Parung dapat meningkatkan berkreasi, berkarya dan berdaya juang untuk mengubah barang bekas yang tidak bernilai secara ekonomis menjadi barang yang bernilai guna serta bernilai ekonomi tinggi.

Kata Kunci : Wirausaha

 

Home industry entrepreneurship counseling to increase the entrepreneurial spirit is here to provide knowledge, insights and opportunities that have the potential to be developed, because the raw materials are cheap and easy to obtain. The aim of the home industry entrepreneurship counseling is for the spirit of entrepreneurship so that students of Muhammadiyah Parung Vocational School can increase their creativity, work and struggle to convert used goods that are not economically valuable into goods that are of useful and high economic value.

Keywords: Entrepreneur

References

Achmad, Nur dan Saputro, Edy Purwo. 2015. Isu Riset Kewirausahaan. Jakarta: Direktorat Penelitian Pengabdian Masyarakat Dirjen Dikti.

Achmad, Nur. 2015. Kewirausahaan: Suatu Alternatif Lain Menuju Kesuksesan. Surakarta: BPK FEB UMS.

Achmad, Nur., Saputro, Edy Purwo dan Handayani, Sih. 2016. Kewirausahaan di Era Digital. Jakarta: Direktorat Penelitian Pengabdian Masyarakat Dirjen Dikti.

Ajimat, A., Sunarsi, D., & Sidiq, F. (2020). Berwirausaha Memanfaatkan Media Sosial Pada Daerah Sepatan. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 69-76.

Akintoye, A. S dan MacLeod, M. J. 1996.Risk Analysis and Management in Contruction. International Journal of Project Management. Vol. 15, No. 1, pp. 31-38.

Drucker. Peter. F. 1993. Inovasi Dan Kewiraswastaan. Jakarta:

Effendy, A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 702-714. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss3.pp702-714

Erlangga. Effendy, Mochtar. 2010. Kewirausahaan (Entrepreneurship) Tuntunan Untuk Praktisi. Yayasan Penerbit Al-Mukhtar : Palembang.

Handoko T. Hani. 2003. ManajemenEdisi 2. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta

Haque, M. G., et al (2021). Competitive Advantage in Cost Leadership and Differentiation of SMEs “Bakoel Zee†Marketing Strategy in BSD. PINISI Discretion Review, 4(2), 277-284.

Sunarsi, D., Kustini, E., Lutfi, A. M., Fauzi, R. D., & Noryani, N. (2019). Penyuluhan Wirausaha Home Industry Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga Dengan Daur Ulang Barang Bekas. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(4), 188-193.

Downloads

Published

2021-05-19

Issue

Section

Articles