Pelatihan Kemampuan Komunikasi Bagi Pemuda Pada Karang Taruna Kelurahan Kedaung

Authors

  • Nurul Ilham Universitas Pamulang
  • Roni Fadli Universitas Pamulang
  • Anggada Bayu Seta Universitas Pamulang
  • Sri Mulyani Universitas Pamulang
  • Siti Nurcahayati Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i3.11414

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat diselenggaran dengan tujuan untuk memberikan pemahaman komunikasi yang baik sesuai dengan tujuan yang di harapkan hal ini dapat diketahui dari seringkali terjadi bias komunikasi yang tercipta diantara para anggota organisasi dalam menafsirkan pesan yang diterima dan dikirimkan oleh sesama anggota organisasi, selanjutnya yang juga patut mendapat perhatian terkait dengan komunikasi adalah bentuk penyampaian informasi yang kurang jelas dimana hal ini seringkali menciptakan multitafsir diantara para anggota organisasi karang taruna kelurahan kedaung dalam memfilter dan menafsirkan pesan yang diberikan kepada mereka. Hal lain yang juga menarik untuk mendapat perhatian terkait dengan komunikasi adalah terbatasnya akses dan media dalam memperlancar aliran komunikasi yang dapat di pergunakan oleh seluruh anggota organisasi karang taruna kelurahan kedaung dalam memperoleh dan mengirimkan pesan kepada anggota organisasi yang lain.

Kata Kunci: Pelatihan, Komunikasi, Karang Taruna

 

Community service activities are held with the aim of providing a good understanding of communication in accordance with the expected goals. This can be seen from the frequent occurrence of communication bias created among members of the organization in interpreting messages received and sent by fellow members of the organization. Getting attention related to communication is a form of conveying information that is not clear where this often creates multiple interpretations among members of the Kedaung Village Youth Organization in filtering and interpreting the messages given to them. Another thing that is also interesting to get attention related to communication is the limited access and media in facilitating the flow of communication that can be used by all members of the Kedaung village youth organization in obtaining and sending messages to other members of the organization.

Keywords: Training, Communication, Youth organization

References

Ulber, Silalahi. 2011. Asas Asas Manajemen. Bandung: Refika Aditama

Eko, Widodo Suparno. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fadli, R. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Tunas Perkasa Tekindo. Jurnal Semarak: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 2 (2), 85-100.

Fadli, R. (2020). Pelatihan Manajemen Waktu dalam Mewujudkan Produktivitas Kerja pada Tenaga Kesehatan RSU Bhakti Asih, Jurnal Baktimas, 2 (2), 100-103.

Haque, MG., Munawaroh, Sunarsi, D., (2020). Analysis of SMEs Culinary Marketing Strategy During Covid 19 Pancemic: A Study at “Sate Bebek Cilegon†Resto in Cilegon, Banten. International Journal of Education, Information Technology, and Others. Vol.3. Issue 2.

Mulyani, S. (2020). Mengelola Konflik Dalam Organisasi Untuk Menunjang Efektivitas Kerja Karyawan CV. Enigma, Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2 (2), 92-96.

Downloads

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles