Pemanfaatan Sampah Menjadi Barang Bernilai Jual Tinggi Dan Pembukuan Sederhana Di TPS 3R Rumah Kompos

Authors

  • Arief Cahyadi Universitas Pamulang
  • Tyas Wibowo Universitas Pamulang
  • Lisnawaty Simanjuntak Universitas Pamulang
  • Serly Kharlina Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i3.11421

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk mengadakan pelatihan untuk memberikan saran terhadap TPS 3R Rumah Kompos di Tangerang sebagai upaya meningkatkan daya saing untuk bisa memanfaatkan sampah menjadi barang yang bernilai tinggi serta pembukuan yang baik untuk di dalam mengelola pemasukannya.. Metode yang digunakan dalam pelatihan menggunakan metode pedampingan, diskusi, workshop dan bimbingan teknis (bimtek) pembuatan laporan keuangan sederhana. Hasil yang diperoleh selama pelatihan, secara keseluruhan kegiatan pelatihan meliputi: materi, fasilitator, tempat pelatihan, dan konsumsi mendapat respon sangat baik dari seluruh peserta dan sangat membantu dan bermanfaat bagi peserta pelatihan dalam menyusun manajemen keuangan yang baik serta dapat membantu meningkatkan pendapatan karyawan dari mengelola sampah dan memilah sampah menjadi barang yang masih bisa di jual.

Kata Kunci: Pelatihan, Pengabdian, TPS 3R


Community service activities aim to provide advice to Compost Houses in Tangerang as an effort to increase competitiveness to utilize waste into high-value goods and good report to manage their income. The method used in the training uses mentoring methods, discussions, workshops and technical guidance (Bimtek) making simple financial reports. The results obtained during the training, overall training activities include: material, facilitator, place, and consumption received a very good response from all participants and were very helpful and useful for training participants in preparing good management and can help increase employee income from managing waste and waste. sorting waste into items that can still be sold.

Keywords: Training, Service, TPS 3R

References

Afrida, Nova. (2012). Perilaku Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sampah Rumah

Alex S. Sukses Mengolah Sampah Organik Menjadi Pupuk Organik, hlm., 41-46

Anomin, (2008), Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang : Pengelolaan Sampah, Jakarta.

http://www.pu.go.id/balitbang/sni/buat%20web/RSNI%20CD/ABSTRAK

Kuncoro Sejati. (2009). Pengolahan Sampah Terpadu. Yogyakarta: Kanisius.

Paeno, P., Kasmad, K., Sunarsi, D., Maddinsyah, A., & Supiyan, D. (2020). Pemanfaatan Sampah Plastik Untuk Kerajinan Rumah Tangga Taman Belajar Kreatif Mekar Sari. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 57-61.

Purnama, A. R., Ciptomulyono, U. (2011). Model Optimasi Alokasi Pengelolaan Sampah dengan Pendekatan Inexact Fuzzy Linear Programming (Studi Kasus: Pengelolaan Sampah Di Kota Malang). Surabaya.

S/Cipta%20Karya/PERSAMPAHAN/SPESIFIKASI/SNI%2019-7030- 2004.pdf.

SNI. (2004). Standar Kualitas Kompos.

Sudrajat, (2006), Mengelola Sampah Kota,Jakarta: Penabar Suwadaya

Sulistyorini, L. (2005). Pengelolaan Sampah Dengan Cara Menjadikannya Kompos. Jurnal Kesehatan Lingkungan. Vol. II, NO. 1.

Downloads

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles